Teknologi Informasi (TI) mencakup
pemrosesan, pendistribusian dan pengolahan data menjadi informasi dengan
menggunakan peralatan komunikasi dan komputer. Menurut Munir (2006), Teknologi
Informasi (TI) dalam konteks yang lebih luas, merangkumi semua aspek yang
berhubungan dengan komputer dan tehnik yang digunakan untuk menangkap
(mengumpul),menyimpan, memanipulasi, menghantar dan menampilkan suatu bentuk
informasi.
Komputer yang mengendalikan semua
bentuk ide dan informasi memainkan peranan yang penting dalam pengumpulan,
pemrosesan, penyimpanan, dan penyebaran informasi suara, gambar, teks dan angka
yang berasaskan mikroelektronik. Teknologi informasi bermakna menggabungkan
bidang teknologi seperti pengkomputeran, telekomunikasi, dan elektronik dan
bidang informasi seperti data, fakta dan proses (Munir, 2006).
Pemanfaatan
teknologi informasi di bidang pendidikan tleah lama dilakukan di Negara-negara
maju. Setiap siswa mempunyai kesempatan untuk mengakses bahan-bahan pelajaran
yang disajikan dalam bentuk interaktif melalui jaringan komputer. Pemanfaatan
teknologi informasi ini ternyata berhasil meningkatkan hasil ujian, penurunan
tingkat putus sekolah dan perunan tingkat ketidakhadiran di kelas.
Di Indonesia pemanfaatan internet
sebagai sarana pendidikan masih sangat minim. Untuk tingkat perguruan tinggi
saja, hanya beberapa perguruan tinggi yang memanfaatkan teknologi informasi,
dan itupun masih belum maksimal.Untuk pendidikan dasar dan menengah,
pemanfaatan teknologi informasi jauh lebih minim lagi. (Pandia, 2007).
a. Berbagi hasil
penelitian
Teknologi informasi khususnya
internet telah banyak digunakan sebagai sumber informasi untuk menunjang
pendidikan. Internet telah dimanfaatkan untuk berbagi hasil-hasil penelitian
yang dilakukan di belahan dunia berbeda. Hal ini menyebabkan hasil penelitian
yang dilakukan oleh seseorang dapat dimanfaatkan oleh orang lain. Saling
berbagi hasil penelitian juga mencegah terjadinya penelitian serupa yang
berulang.
b. Konsultasi
dengan pakar
Internet juga banyak dimanfaatkan
untuk berkonsultasi dengan pakar-pakar yang berada di tempat lain. Hal ini
menyebabkan ruang dan jarak bukan lagi menjadi masalah.
c. Perpustakaan
online
Perpustakaan online adalah
perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di Internet. Perpustakaan online
memungkinkan seorang pelajar atau mahasiswa dapat mengakses ke sumber-sumber
ilmu pengetahuan dengan cara mudah tanpa harus dibatasi dengan jarak dan waktu.
d. Diskusi
Online
Diskusi online adalah diskusi yang
dilakukan di Internet. Aplikasi diskusi online memungkinkan para siswa dapat
saling bertukar pikiran tanpa harus berkumpul di suatu tempat. Diskusi online
juga memungkinkan seorang pelajar dapat berdiskusi dengan seorang ahli.
e. Kelas Online
Aplikasi kelas online dapat
digunakan bagi lembaga-lembaga pendidikan jarak jauh, seperti Universitas Terbuka
dan sekolah-sekolah terbuka (SMP Terbuka). Materi-materi pelajaran dibuat
interaktif dan menarik sehingga kualitas belajar di kelas online tidak kalah
dengan kualitas belajar di kelas biasa.
Keuntungan yang diperoleh siswa dari
pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan antara lain :
1)
Dapat mengakses informasi-informasi hasil penelitian
orang lain.
2)
Akses ke sumber pengetahuan dapat dilakukan dengan
lebih mudah.
3)
Akses ke para ahli menjadi lebih mudah karena tidak
dibatasi oleh jarak dan waktu.
4)
Materi-materi pelajaran disampaikan interaktif dan
menarik.
Melalui belajar jarak jauh, kendala biaya dan waktu
yang mungkin tidak dapat dihindari dengan pendidikan biasa, dapat diatasi
dengan mengikuti kelas online
No comments:
Post a Comment