Pengembangan nilai sebagai content based pendidikan merupakan
modulasi program yang terentang adanya dalam hakikat dan proses aktual
pendidikan; dan pembentukan ‘manusia seutuhnya’, menempati kedudukan sebagai
target standar sekaligus ideal tujuan pembangunan, baik nasional dalam konteks Indonesia,
bahkan dunia universal. Sebab Human
Developing, kecuali menjadi cita-cita dan perjuangan Negara-negara dunia
ketiga yang baru merdeka selepas kolonialisasi, juga menandai akal sehat dunia
yang disuarakan lembaga-lembaga internasional di bawah badan dunia (PBB).
Dalam konteks Indonesia, konsep
pembangunan nasional kita cukup commited
menjadikan apa yang menjadi pesan luhur dunia sebagai tujuan pembangunan
nasionalnya. Untuk mengurai makna konseptual dan aktualisasi sub tema
pembahasan ini, dapat digambarkan secara konseptual komponen seperti :
Pendidikan Nasional, Pengembangan Nilai dan Pembentukan Manusia Indonesia
seutuhnya sebagai Social Enginering Process
di dalam kerangka Pembangunan Nasional dan target standar ideal yang menjadi
muara keseluruhannya, yakni Manusia Indonesia yang sehat jasmani, rohani,
cerdas, terampil, bermoral (berbudi pekerti luhur), beriman, dan bertaqwa
terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
No comments:
Post a Comment