Belajar pada hakikatnya merupakan proses perubahan perilaku berkat adanya
interaksi dengan lingkungan. Perubahan-perubahan yang dipelajari biasanya
memberi hasil yang baik bilamana individu mempunyai motivasi untuk
melakukannya, dan latihan kadang-kadang menghasilkan perubahan-perubahan dalam
motivasi yang mengakibatkan perubahan dalam prestasi.
Dilihat dari timbulnya motivasi,
terdapat tiga kunci pokok yaitu : menggerakkan, mengarahkan dan menopang
tingkah laku manusia. (Purwanto, 1990 : 72)
a. Menggerakkan
Menggerakkan berarti menimbulkan
kekuatan pada individu. Bila seorang siswa belajar, diasumsikan bahwa di dalam
diri siswa ada dorongan untuk memulai dan mengatur aktivitasnya. Minat, sikap,
dan kehendak, kesemuanya itu tergantung pada individu.
b. Mengarahkan
Tingkah laku individu diarahkan
terhadap sesuatu atau berorientasi pada tujuan. Misalkan, respon siswa dalam
situasi belajar adalah selektif. Ini berarti bahwa siswa tertentu merespon
terhadap sesuatu hal, namun siswa yang lainnya tidak meresponnya.
c. Menjaga dan Menopang
Menjaga dan menopang tingkah
laku, lingkungan sekitar harus menguatkan intensitas dan arah dorongan-dorongan
dan kekuatan-kekuatan individu. Kunci ini mengacu kepada sesuatu kondisi yang
berada di luar diri siswa.
No comments:
Post a Comment