Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, March 3, 2017

Pemerolehan Pengetahuan dan Pembentukan Nilai



Pengetahuan dan nilai adalah dua konsep abstrak yang dapat dibangun dalam konstruk pemahaman. Perbedaannya, pengetahuan merupakan dunia objektif yang harus dicari dalam arti diselidiki hingga dipahami dan dalam tingkatnya yang tinggi dengan menggunakan metode keilmuan berkembang pengetahuan ilmiah (ilmu pengetahuan) sedangkan Nilai merupakan dunia subjektif, ia ada sebagai keputusan individu atas sikap yang harus dipilihnya. Bahwa setiap keputusan nilai yang bersifat subjektif tersebut tidak terlepas dengan adanya pengetahuan objektif yang mempengaruhi diri individu, terutama lingkungan kultur yang mengkondisinya. Karena itu Nilai dalam aktualisasi yang diekspresikan sebagai sebuah sikap, dapat terlepas sama sekali dengan aktualitas penalaran atau kesadaran pengetahuannya.
Dengan demikian pengetahuan terbentuk dimulai dengan perhatian sebagai fasilitas awal berupa kontak dasar, terjadinya kontak dasar akan menguat dan berlangsung lebih konstan jika ditunjang adanya minat atau ketertarikan (couriusity). Karena itu, terbentuknya minat yang kuat biasanya tumbuh dari adanya rasa heran/kepenasaran hingga mendorong rasa keingintahuan.

Nilai merupakan suatu konsep yang dipahami sebagai harga yang melekat atau merupakan ‘muatan’ dari sesuatu, baik secara objektif dan subjektif. Pandangan objektif, menyangkut ketepatan/kesesuaian dengan keadaan dan sifat sebagaimana apa adanya. Karena itu, secara objektif, bentuk dan sifat nilai dapat dipahami berdasar keadaan dan ujudnya; dari kongkrit hingga abstrak. Sedangkan pandangan subjektif dimungkinkan karena bergantung pada pengakuan/ persetujuan diri manusia secara personal maupun kolektif atas suatu benda atau tindakan di dalam pergaulan manusia.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts