Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, March 3, 2017

Pendidikan Sebagai Pelestarian Nilai



 
Pendidikan sebagai proses rekayasa sosial (Social Reengenering Process) sejatinya merupakan instrumentasi budaya dalam melanjut-kembangkan peradaban. Artinya, kecuali berperan besar dalam mendorong perkembangan kemajuan IPTEK adalah juga tetap pada fungsi dasarnya sebagai penjaga dan pelestari nilai tujuan hidup manusia, yakni sebagai insan yang bukan hanya harus cerdas mengatasi tuntutan dunia material bagi kebutuhan jasmaniah-ragawi, tetapi juga cemerlang dalam memahami, mendalami keluhuran makna hidup sebagai umat manusia secara spiritual.
Keberkaitan antara konsep nilai, moral termasuk norma dan pendidikan memetakan hubungan dan kedudukan yang tak terpisahkan, dimana konsep nilai menjadi kerangka dasar bagi kajian moral, atau moral menjadi substansi penting yang menempati posisi sentral di dalam kerangka nilai, dan norma sebagai kumpulan aturan yang keberadaannya menjadi petunjuk kemana sebuah pendidikan nilai atau moral akan ditujukan, sementara “moral bukanlah moral” atau tidaklah pernah ada; tanpa adanya pendidikan, sebab moral adalah produk dari sebuah proses panjang; langsung dan tak langsung ‘ segala daya upaya yang ada di dalam suatu komunitas budaya’, yakni pendidikan. 

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts