- Keaktifan
     peserta didik akan bertambah, lebih-lebih kalau peserta didik
     diikutsertakan.
 - Pengalaman
     peserta didik bertambah karena peserta didik turut membantu pelaksanaan
     suatu demonstrasi sehingga ia menerima pengalaman yang bisa mengembangkan
     kecakapannya.
 - Pelajaran
     yang diberikan lebih tahan lama. Dalam suatu demonstrasi, peserta didik
     bukan saja mendengar suatu uraian yang diberikan oleh guru tetapi juga
     memperhatikannya bahkan turut serta dalam pelaksanaan suatu demonstrasi .
 - Pengertian
     lebih cepat dicapai. Peserta didik dalam menanggapi suatu proses adalah
     dengan mempergunakan alat pendengar, penglihatan, dan bahkan dengan
     perbuatannya sehingga memudahkan pemahaman peserta didik dan menghilangkan
     sifat verbalisme dalam belajar.
 - Perhatian
     peserta didik dapat dipusatkan dan titik yang dianggap penting oleh guru
     dapat diamati oleh peserta didik seperlunya. Sewaktu demonstrasi perhatian
     peserta didik hanya tertuju kepada suatu yang didemonstrasikan sebab
     peserta didik lebih banyak diajak mengamati proses yang sedang berlangsung
     dari pada hanya semata-mata mendengar saja.
 - Mengurangi
     kesalahan-kesalahan. Penjelasan secara lisan banyak menimbulkan salah
     paham atau salah tafsir dari peserta didik apalagi kalau penjelasan
     tentang suatu proses. Tetapi dalam demonstrasi, di samping penjelasan
     lisan juga dapat memberikan gambaran konkrit.
 - Beberapa
     masalah yang menimbulkan pertanyaan atau masalah dalam diri peserta didik
     dapat terjawab pada waktu peserta didik mengamati proses demonstrasi.
 - Menghindari
     ”coba-coba dan gagal”  yang banyak memakan waktu belajar, di samping
     praktis dan fungsional. Khususnya bagi peserta didik yang ingin berusaha
     mengamati secara lengkap dan teliti atau jalannya sesuatu.
 - Metode
     ini membutuhkan kemampuan yang optimal dari pendidikan untuk itu perlu
     persiapan yang matang.
 - Sulit
     dilaksanakan kalau tidak ditunjang oleh tempat, waktu dan peralatan.
 
Friday, March 3, 2017
Kelebihan Metode Demonstrasi
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
About
Popular Posts
- 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMP Negeri 1 Campaka Mata Pelajaran ...
 - 
Lingkungan sebagai unsur yang menyediakan sejumlah rangsangan perlu mendapat perhatian dan perlu diciptakan sedemikian rupa, agar menyedi...
 - 
1. Kerajaan Pajajaran Kerajaan Pajajaran adalah nama lain dari Kerajaan Sunda saat kerajaan ini beribukota di kota Pajajaran atau Pakuan ...
 
No comments:
Post a Comment