Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, July 15, 2020

MUTASI GEN

Definisi mutasi gen

Gen adalah bagian sel yang berada di dalam kromosom. Bagian ini bertugas untuk membawa informasi genetik yang tersimpan di dalam DNA, dari orangtua ke anak. Informasi genetik inilah yang membuat anak dan orangtua bisa punya kemiripan. Mulai dari kemiripan fisik seperti wajah dan rambut hingga penyakit yang diderita.
Pada orang yang mengalami mutasi gen, DNA di dalamnya lah yang mengalami perubahan. Mutasi bisa terjadi hanya pada DNA atau meluas hingga ke kromosom yang melibatkan beberapa jenis gen.
Berikut ini beberapa fakta mengenai mutasi gen yang bisa menggambarkan lebih jelas mekanisme kejadian ini.
  • Saat mutasi gen terjadi, sel yang menaungi gen serta DNA bisa mengalami kerusakan. Ketika kerusakan sel terjadi secara luas, maka berbagai fungsi tubuh akan terganggu, menyebabkan penderitanya terkena penyakit.
  • Mutasi gen bisa menurun dari salah satu atau kedua orangtua. Sebab, informasi genetik terdapat pada sperma maupun sel telur. Bagi sebagian orang, mutasi ini tidak menimbulkan masalah berarti. Namun bagi sebagian lagi, kondisi ini bisa membuat tubuh jadi lebih rentan terkena penyakit.
  • Mutasi gen juga tidak selalu terjadi karena faktor keturunan. Faktor eksternal seperti virus, radiasi, paparan sinar UV, dan kebiasaan merokok juga bisa menyebabkannya.
  • Pada banyak kasus mutasi gen, sel yang rusak sebenarnya bisa diatasi oleh sistem kekebalan tubuh. Sistem imun kita cukup canggih untuk bisa mendeteksi sel yang rusak atau mengalami mutasi dan kemudian akan memperbaiki atau menghancurkan sel tersebut.

Jenis-jenis mutasi gen

Gen di tubuh kita terdiri dari berbagai macam jenis. Jadi, mutasi bisa saja terjadi pada salah satu atau beberapa dari jenis tersebut. Namun secara umum, jenis mutasi gen bisa dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu:

1. Mutasi gen alami

Mutasi gen alami adalah mutasi yang diwariskan dari orangtua ke anak. Mutasi ini juga bisa disebut sebagai mutasi germline. Sebab, gen-gen ini terdapat pada sel sperma dan sel telur, yang juga bisa disebut sebagai sel germ.
Saat bersatu dengan sperma, maka sel telur yang telah dibuahi itu akan menerima DNA dari kedua orangtua. Jika DNA ini adalah DNA yang mengalami mutasi, maka bayi yang lahir dari sel telur ini akan mewariskan DNA mutasi itu di semua sel tubuhnya.

2. Mutasi gen buatan

Sementara itu, mutasi gen buatan sering juga disebut sebagai mutasi somatis. Mutasi ini tidak diturunkan dari orangtua dan tidak muncul di semua sel tubuh. Perubahan atau mutasi ini bisa terjadi karena berbagai hal, seperti faktor lingkungan atau kesalahan yang dibuat oleh DNA saat proses pembelahan sel.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts