Bruner
menekankan bahwa proses belajar akan berjalan dengan baik jika guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menemukan suatu konsep, teori, aturan, atau
pemahaman melalui contoh-contoh yang ia jumpai dalam kehidupan. Bruner meyakini
bahwa pembelajaran tersebut bisa muncul dalam tiga cara atau bentuk, yaitu : enactive, iconic, dan symbolic.
Pengetahuan enaktif adalah mempelajari sesuatu dengan memanipulasi objek-
melakukan pengetahuan tersebut daripada hanya memahaminya.
Pembelajaran
ikonik merupakan pembelajaran yang melalui gambaran, dalam bentuk ini,
anak-anak mempresentasikan pengetahuan melalui sebuah gambar dalam benak
mereka.
Pembelajaran
simbolik ini merupakan pembelajaran yang dilakukan melalui representasi
pengalaman abstrak (seperti bahasa) yang sama sekali tidak memiliki kesamaan
fisik dengan pengalaman tersebut.
Menurut
teori kognitivisme yang diajukan oleh Bruner, proses belajar sebagai tiga
proses yang berlangsung secara serempak, yaitu :
1.
Proses perolehan informasi baru,
2.
Proses transformasi pengetahuan, dan
3.
Proses pengecekan ketepatan dan memadainya pengetahuan tersebut.
Informasi
baru dapat merupakan penyempurnaan pengetahuan terdahulu atau semacam kekuatan
yang berpengaruh kepada pengetahuan terdahulu seseorang. Misalnya seseorang
mempelajari sistem sirkulasi darah secarara rinci setelah kurang jelas
mempelajari tentang sirkulasi darah tersebut.
Aplikasi pembelajaran Discovery Learning Bruner dapat dikemukakan sebagai berikut :
1. Belajar
merupakan kecenderungan dalam diri manusia yaitu Self-curiousty (keingintahuan) untuk mengadakan petualangan pengalaman.
2. Belajar
penemuan terjadi karena sifat mental manusia mengubah struktur yang ada.
3. Kualitas
belajar penemuan diwarnai modus imperatif kesiapan dan kemampuan secara
enaktif, ekonik, dan simbolik.
4. Penerapan
belajar penemuan hanya merupakan garis besar tujuan instruksional sebagai arah
informatif.
5. Kreatifitas
metaforik dan creative conditioning
yang bebas dan bertanggung jawab memungkinkan kemajuan.
No comments:
Post a Comment