Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, March 3, 2017

Pengertian Menulis


            Tarigan (2008:21) menyatakan bahwa :
            “Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang digunakan untuk berkomunikasi  secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain”.

Ketika menulis, penulis berkomunikasi dengan cara mengubah pesan menjadi lambang-lambang. Dalam kaitan ini Load (Tarigan, 2008:21) menyatakan:
“Menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Gambar atau lukisan mungkin dapat menyampaikan makna-makna, tetapi tidak menggambarkan kesatuan-kesatuan bahasa’.     

Yang dilukiskan dengan lambang-lambang grafik adalah pikiran penulis, karena menurut D’angelo dalam Tarigan (2008:21) :
“Menulis adalah suatu bentuk berpikir dan belajar menulis adalah belajar berpikir dengan cara tertentu”.

Widyamantaya (1991:9) berpendapat bahwa:
“Menulis merupakan kegiatan pikiran manusia yang hendak mengungkapkan kandungan jiwaya kepada orang lain atau kepada dirinya sendiri dalam bentuk tulisan”.

Definisi serupa dipaparkan oleh Sutari (1998:18)

“Menulis atau mengarang merupakan kemampuan mengekspresikan pikiran, gagasan, perasaan dan pengalaman secara sistematis dan logis sehingga tulisannya mudah dipahami pembacanya”.

S. Tanaka dalam Ahmadi memberi definisi
“Menulis adalah suatu proses penyusunan, mencatat, dan menghasilkan makna dalam tataran ganda bersifat interaktif dan diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang menggunakan suatu sistem tanda konvensional yang dapat dilihat dan dibaca”. (1989:2)

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan menulis adalah suatu proses dan aktivitas yang melahirkan pikiran, gagasan, dan perasaan kepada orang lain ataupun diri sendiri melalui media bahasa berupa tulisan.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts