Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, March 3, 2017

Pendidikan dan Perubahan Sosial


Perubahan sosial sebagaimana tampak kecenderungannya dari masa ke masa dapat terjadi seperti gejala liar fenomena alam lainnya, dimana manusia sebagai makhluk alamiah dihadapkan pada berbagai tuntutan hidup seiring perubahan alam, dan sejarah sosialnya. Fakta berlangsungnya eksploitasi manusia oleh manusia, hingga bangsa atas bangsa lain dan kecenderungan umum manusia memanfaatkan sumber daya alam secara semena-mena, adalah sejarah nyata yang tak dapat dibantah dan karenanya terus berlangsung entah sampai kapan.
 Perubahan sosial yang terjadi didorong kemajuan kecerdasan dalam menemukan IPTEK telah mengantarkan perubahan spektakuler dalam cara hidup. Terjadinya perubahan tersebut yang berlangsung kemudian secara massal dapat diterima sebagai bagian dari kemajuan pendidikan. Pendidikan adalah investasi untuk menggapai kemenangan masa depan. Mengabaikan pendidikan, sama artinya dengan membiarkan diri bangsa ini tidak tahu bagaimana menghadapi hari depannya, dan itu adalah sebesar-besarnya kejahatan terhadap kemanusiaan dan anak bangsanya sendiri.


 
Dengan demikian, pendidikan dan perubahan sosial merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Dimana pendidikan selalu ada dalam masyarakat pada tingkat sederhana sekalipun. Dimana ada dua orang individu atau lebih secara kontinyu membuat saling interaksi yang menetap sebagai sebuah community, pendidikan terlahir dengan sendirinya, pertama tentu saja sebagai bagian dari naluri, namun selanjutnya sebagai tantangan hidup manusia yang terus berkembang telah memberikan pengalaman pembelajaran mulai dari penemuan empirik hingga hasil kemampuan refleksi kekuatan akal dan pikirannya. 

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts