Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, March 3, 2017

Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus


Istilah yang digunakan untuk menyebutkan anak berkebutuhan khusus (ABK) mengalami perubahan beberapa kali sesuai dengan paradigma yang diyakini pada saat itu. Mulai dari istilah anak cacat, anak tuna, anak berkekurangan, anak luar biasa atau anak berkelainan sampai anak berkebutuhan khusus.
Di Indonesia istilah ini baru diundangkan secara khusus pada tahun 1950 melalui Undang-Undang Nomor 4, kemudian disusul dengan Undang-Undang Nomor 12 tahun 1954 dengan istilah anak cacat atau anak tuna, anak berkekurangan. Istilah tersebut hanya mencakup anak-anak yang mengalami ketunaan atau kecacatan seperti anak cacat tubuh, tunanetra, tunarungu, sebaliknya anak yang berbakat atau anak yang sangat cerdas tidak termasuk dalam istilah tersebut.
Istilah yang digunakan di Indonesia saat ini adalah anak berkebutuhan khusus sebagai terjemahan dari “Children with Special needs”. Istilah ini muncul sebagai akibat adanya perubahan cara pandang masyarakat terhadap anak luar biasa. Sistem pendidikan yang cocok bagi anak berkebutuhan khusus disebut pendidikan inklusif.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts