Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, February 25, 2017

Manfaat dan Tujuan Metode Eksperimen


anak memiliki sifat ingin tahu yang sangat tinggi, sifat ingin tahu ini sesuai perkembangan intelektual anak pada masa usia dini ini sedang berkembang sangat cepat. Simpul-simpul syaraf diotaknya sibuk membangun konstruksi pengetahuan dengan cara mengasimilasi dan mengakomodasi rangsangan-rangsangan yang didapatnya melalui pengamatan dari lingkungan dan sekitarnya.

Tujuan penggunaan metode eksperimen bagi anak adalah sebagai berikut:
1)   Menjelaskan tentang proses terjadinya sesuatu
2)   Memberikan pengalaman kepada anak tentang proses terjadinya sesuatu
3)   Membuktikan tentang kebenaran sesuatu
Beberapa alasan pentingnya pembelajaran dengan metode eksperimen bagi anak-anak.
1)   kemampuan berkomunikasi anak belum sepenuhnya berkembang sebagian anak memiliki kemampuan berpikir yang sangat baik.
2)   Belajar melalui metode eksperimen didesain untuk membantu anak membangun keterampilannya dengan menggunakan panca inderanya.
3)   Karakteristik anak usia dini adalah kreatif oleh karena itu diberikan kesempatan untuk menunjukkan kreativitasnya.
Pembelajaran dengan metode eksperimen akan berdampak pada seluruh aspek-aspek perkembangan anak antara lain:
1)   Aspek intelektual
Kegiatan eksperimen dapat memuaskan rasa ingin tahu anak, membangun kemampuan berpikir logis, kritis, analisi dan sintesis
2)   Bahasa
Kegiatan eksperimen akan mendorong anak-anak untuk mengkomunikasikan ide dan pikirannya serta menguraikan hasil temuannya.
3)   Fisik Motorik
Kegiatan eksperimen motorik anak dapat dikembangkan terutama motorik halus, kegiatan ini akan terlibat dalam kegiatan menuang, memegang, mencampur, mengaduk. Selain itu melalui metode berkembang ke lima panca indera anak mengamati, membaui, mendengar, merasa dan mengecap.
4)   Seni
Kegiatan eksperimen khusus. Anak bereksperimen menghasilkan nada yang berbeda dengan berbagai macam benda, pencampuran warna dengan melukis, menari sesuai irama yang didengar.
5)      Sosial Emosi
Kegiatan eksperimen terdapat kerja sama antara individu untuk menghasilkan sesuatu.
6)      Moral Agama

Kegiatan eksperimen, terselip nilai-nilai religious berupa kebesaran ciptaan Tuhan.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts