Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Thursday, February 23, 2017

Latihan untuk Olahraga Dayung


Latihan yang baik untuk meningkatkan kapasitas daya tahan atlet mutlak harus mengikutsertakan  latihan yang bersifat ketahanan aerobic, karena metabolisme aerobic menyumbang sekitar 75 hingga 80% dari seluruh energi yang dipakai atlet pada saat perlombaan.7 Untuk mendapatkan hasil yang diinginkan metode latihan yang akan dilakukan fokus terhadap sistem-sistme utama dari metabolik aerobik. Sistem-sistem tersebut diwakili oleh jantung, otot, dan paru-paru.  
Jenis latihan yang paling efektif adalah yang dapat menyebabkan jantung untuk memperbesar dan memperkuat dirinya sendiri. Jenis latihan terbaik untuk itu adalah latihan interval (interval training). Latihan interval adalah prosedur sistematis dengan menggunakan beban berat pada jangka waktu yang pendek dan dilakukan bergantian dengan periode pemulihan (period of recovery). Latihan ini akan merangsang jantung untuk menghasilkan output yang lebih besar untuk tubuh dan selanjutnya kapasitas trasnportasi oksigen akan membesar.
Latihan jarak jauh (long distance training) merupakan jenis latihan yang terbaik untuk merangsang serat-serat otot untuk lebih mempergunakan oksigen. Latihan jarak jauh adalah prosedur latihan sistematis dengan beban menengah dalam waktu yang relatif panjang. Dapat diselingi dengan periode istirahat ataupun tidak. Latihan ini meningkatkan jumlah capillary fungsional disekitar serat-serat otot serta meningkatkan aktifitas dan mekanisme sel-sel otot untuk menggunakan oksigen.
Perbaikan pada sistem pernafasan tidak dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi sistem keseluruhan. Sekalipun paru-paru beradaptasi dengan beban pada saat benafas ketika latihan, sistem pernafasan tidak dianggap sebagai kendala dalam memperbaiki fisiologi atlet

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts