Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Thursday, February 23, 2017

Karakteristik Mesin Ergometer Rowing


Cabang olahraga dayung bukan merupakan cabang olahraga permainan atau bahkan olahraga yang cenderung memberikan gerak atau seni. Olahraga dayung merupakan gerakan olahraga yang melibatkan perpaduan gerak tubuh beserta alat yang di gunakan untuk mendayung. Mengenai hal ini  Stephen (1990: 1) yang dikutip Dede Rohmat (2001:1), menjelaskan tentang karakteristik mendayung yaitu : ‘Gerakan mendayung dilakukan secara berirama, terus menerus dan ada rasio yang baik antara fase kerja dan fase isrtirahat, . untuk mencapai gerakan yang ritmik dan harmonis tersebut tentunya perlu didukung  oleh kualitas biomotorik, biometrik, psikologis ,dan aspek pendukung lainnya’.
Dalam olahraga dayung nomor scull dan sweep rowing terdapat alat bantu berupa mesin  ergometer yang merupakan pengembangan dayung  jenis rowing, Mesin ergometer di desain untuk menyerupai perahu rowing yang memilki alat seperti tangkai pengayuh dan tempat duduk yang dapat bergerak kebelakang dan ke depan serta terdapat layar di depan, yang berfungsi untuk mengaetahui hasil latihan dari jarak dan waktu yang telah ditempuh. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari gambar 2.1

Berlatih  dayung  sculling dengan menggunakan alat bantu ergometer , teknik mendayungnya hampir sama dengan teknik mendayung jenis dayung  rowing sculling, hanya saja mendayung menggunakan alat bantu tersebut dilalukan didarat, hal ini dalam mengajarkan teknik mendayung sculling bertujuan untuk menyempurnakan  penampilan  atlet dalam mendayung melalui kombinasi kesadaran gerak, dan pemilihan keahlian dengan menggunakan perahu sesungguhnya.
Kemudian Rohmat (2002: 8), menjelaskan bahwa : “Karakteristik pendayung rowing adalah kemampuan aerobik dan anaerobik yang tinggi, koordinasi yang baik, konsentrasi yang lama, tinggi, besar, tungkai, lengan, dan badan yang panjang serta tahan terhadap kelelahan tdan stres”. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa untuk melakukan dayung pada nomor rowing dan mesin ergo rowing ini diperlukan beberapa karakter seperti halnya kemampuan kondisi fisiknya yang meliputi aerobik dan anaerobik yang tinggi, koordinasi yang baik, serta konsentrasi yang lama.

   Selain berdasarkan pada batasan tersebut d atas, yang menjadi karakteristik dayung  rowing adalah durasi waktu yang relatif lama dalam menempuh jarak 2000 meter, sehingga hal ini memerlukan tenaga yang kuat dan mampu bertahan lama.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts