Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, February 25, 2017

Pengertian Metode Eksperimen


            Metode eksperimen adalah pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan. Menurut Roestiyah (2011:132), metode eksperimen adalah suatu cara mengajar, dimana siswa melakukan suatu percobaan tentang sesuatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan ini disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru. 
            Prosedur eksperimen menurut Roestiyah (2011:133) adalah (a) perlu dijelaskan kepada siswa tentang tujuan eksperimen, (b) memberi penjelasan kepada siswa tentang alat-alat serta bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam eksperimen, (c) selama eksperimen berlangsung guru harus mengawasi pekerjaan siswa, (d) setelah eksperimen selesai harus mengumpulkan hasil penelitian siswa.
            Eksperimen atau percobaan adalah suatu kegiatan yang dilakukan percobaan dengan cara mengamati proses dan hasil dari percobaan tersebut. Menurut Supriyati (Gunarti, 2010:114), metode eksperimen adalah mengajar dan melakukan percobaan lalu mengamati proses dan hasil percobaan. Kegiatan ini cukup efektif karena dapat membantu anak mencari/menemukan jawaban. Dengan usaha ini berdasarkan fakta yang benar contohnya mencampur warna, menimbang berat badan, menanam biji-bijian.
            Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen adalah suatu cara pembelajaran dengan menempatkan anak sebagai subjek yang aktif untuk melakukan dan menemukan pengetahuan sendiri serta untuk mengetahui kebenaran akan sesuatu

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts