Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, February 28, 2017

Konservasi Flora di Indonesia


Indonesia memiliki 5 kebun raya (taman botani) yang berada dibawah pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta sebuah Kebun Raya yang masih
dalam tahap perencanaan. Kelima Kebun Raya tersebut antara lain:
1.       Kebun Raya Bogor (Botani), terletak di kota Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Kawasan konservasi tersebut menempati lahan seluas 80 hektar dan memiliki sedikitnya 15.000 koleksi jenis tumbuhan. Didirikan oleh Gubernur Jendral Van Der Capellen dengan nama s’Lands Plantentuinte Buitenzorg pada tanggal 18 Mei 1817. salah satu daya tarik utama Kebun Raya Bogor adalah Bunga Bangkai (Amorphopalus titanum). Bunga ini dapat mencapai 2m dan merupakan bunga majemuk terbesar di dunia tumbuhan.
2.       Kebun Raya Cibodas, terletak di Hutan Gunung Gede Pangrango, Desa Cimacan, Pacet, Jawa Barat. Lokasinya berdampingan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cipanas, Jawa Barat. Kawasan konservasi ini menempati lahan seluas 83 hektar. Kebun Raya Cibodas ini dibangun pada tahun 1862 oleh Johannes Elias Teysjmann sebagai cabang dari Kebun Raya Bogor.
3.       Kebun Raya Purwodadi, terletak di Jalan Raya antara Surabaya-Maalang tepatnya di Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kawasan konservasi ini menempati lahan seluas 85 hektar. Kebun Raya ini didirikan atas prakarsa Dr. L. G. M. Baas Becking pada 30 Januari 1941.
4. Kebun Raya Bali
Kebun Raya Bali atau Kebun Raya Eka Karya Bali terletak di kawasan Bedugul di Kabupaten Tabanan, Bali, Indonesia. Kebun Raya ini diresmikan pada 15 Juli 1959, dengan nama Kebun Raya “Eka Karya”. Semula diperuntukan bagi tumbuhan jenis Conifer namun kini telah dijadikan kawasan konservasi ex-situ bagi tumbuhan pegunungan tropika kawasan timur Indonesia.

5. Kebun Raya Batu Raden, terletak di Desa Kemutuk Lor, Kec. Baturaden, Kab. Banyumas. Kebun Raya Baturaden kaya akan berbagai potensi flora sebagaimana fungsi Kebun Raya sebagai konservasi berbagai spesies tumbuhan. Jenis-jenis flora yang berada dalam kawasan Kebun Raya Baturaden adalah damar, puspa, rasamala, mahoni, kaliandra, paku-pakuan, kantong semar, dan jenis-jenis anggrek.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts