RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2
Satuan
Pendidikan :
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/
Semester : XI/ Ganjil
Materi
Pokok :
Pembentukan Kelompok Sosial
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Kompetensi
1.1.
Memperdalam
nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung
tinggi keharmonisan.dalam kehidupan
1.1.1.
Siswa mampu keberagaman
agama dalam kehidupan sosial budaya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.2.
Menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan
sosial
2.2.1. Siswa mampu menunjukkan perilaku kesadaran
untuk memiliki tanggung jawab public dalam ranah perbedaan social
2.3.Menunjukkan sikap
toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial
2.3.1. Siswa mampu menunjukkan
sikap toleransi dan empati social terhadap perbedaan social
3.1.
Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut
pandang dan pendekatan sosiologis
3.1.1.
Siswa mampu
menjelaskan berbagai bentuk kelompok social tidak teratur
4.1.
Menalar
tentang terjadinya pengelompokan social di masyarakat dari sudut pandang dan
pendekatan sosiologis
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Mampu mensyukuri keberagaman
agama dalam kehidupan sosial budaya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.
Mampu menunjukkan perilaku
kesadaran untuk memiliki tanggung jawab public dalam ranah perbedaan social
3.
Mampu menunjukkan sikap toleransi
dan empati social terhadap perbedaan social
4.
Mampu menjelaskan berbagai bentuk
kelompok social tidak teratur
D.
Materi
Fakta:
1.
Kelompok sosial tidak teratur yang ada dalam
masyarakat
2.
Ciri-ciri kelompok sosial
Konsep:
Kelompok social tidak
teratur adalah kelompok social yang
secara teknis tidak terorganisir
Prinsisp:
Kelompok social tidak
teratur diklasifikasikan kedalam 3 macam, yaitu:
Kerumunan
Kerumunan adalah
kelompok social tidak teratur yang disebabkan karena adanya kesamaan
kepentingan yang bersifat sementara
Publik
Publik adalah kelompok
social tidak teratur yang tidak berada pada tempat yang sama tetapi memiliki
minat yang sama
Massa
Massa adalah kelompok
social tidak teratur yang merupakan ciri dari masyarakat modern
E.
Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru menanyakan kabar dan
memeriksa kehadiran siswa serta kesiapan ruang belajar
2.
Guru memberi motivasi kepada
siswa untuk kegiatan belajar mengajar melalui sebuah lagu supporter persibo
3.
Siswa bersama dengan guru mengulas
materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
4.
Siswa memahami tujuan
pembelajaran melalui pemaparan guru
5.
Guru menyampaikan materi yang
akan dipelajari pada hari itu yaitu tentang kelompok social tidak teratur
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
Mengamati:
Siswa
mengamati gambar sekumpulan anak yang mengerumuni penjual pentol, kelompok
pencinta sepeda ontel dan keluarga
Menanya:
Perwakilan siswa membuat pertanyaan
yang berkaitan dengan gambar
Mengeksplorasi:
Siswa
bersama dengan Guru mempelajari tentang kelompok social tidak teratur
Mengasosiasi:
Siswa
diberi tugas untuk memberi tanda pada sejumlah contoh kelompok social dan
memberi tanda centang pada jenis kelompok social teratur dan kelompok social
tidak teratur dan memberi tanda silang pada jenis kelompok social teratur
Mengomunikasikan
Siswa diminta
untuk mempresentasikan di depan kelas terkait tugas yang diberikan
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Siswa dibantu guru melakukan
refleksi dengan mereview bagian yang perlu mendapat penjelasan lebih lanjut.
2.
Siswa mendapatkan umpan balik
dari Guru berupa penghargaan terhadap hasil kerja siswa
3.
Siswa mendapat tugas untuk
mempelajari tentang kelompok social tidak teratur kerumunan
4.
Guru menginformasikan kepada
siswa rencana materi pelajaran selanjutnya tentang kelompok social tidak
teratur Kerumunan
F.Penilaian
Tehnik dan
Bentuk Instrumen
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Observasi
Tes Tulis
|
Lembar
pengamatan dan rubric
Tes tulis
tentang kelompok social tidak teratur
|
Penilaian Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Aktif
|
Pemahaman
|
Menemukan poin penting
|
Skor
|
Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Nilai:
4 : Baik sekali
3 : Baik
2 :Cukup
1 : Kurang
Nilai =∑ skor perolehan
X 100
Skor maksimal
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Artikel berbagai
media massa
Foto-foto
tentang kelompok sosial
Buku Sosiologi
Esis Kelas XI SMA/MA Hal.
Media massa
Masyarakat
sekitar
No comments:
Post a Comment