Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Sunday, April 5, 2020

Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini (AUD)



Setiap pakar atau ahli mempunyai kekayaan ilmu atau teori dan pengalaman pada bidangnya masing-masing. Perpaduan antara ilmu teori dengan pengalaman di lapangan merupakan fasilitas bagi pengembangan praktisi dan professional yang kompeten. Guru PAUD adalah profesi yang membutuhkan kompeten. Oleh karena itu, guru PAUD harus mempunyai kekayaan ilmu atau teori dan didukung oleh pengalaman lapangan. Untuk menjadi professional yang kompeten di bidang PAUD, harus dimulai dengan mempelajari tumbuh-kembang anak usia dini tersebut.
Dalam hal ini ada baiknya dipelajari beberapa pendapat dari beberapa ahli, dimana setiap ahli memberikan aksentuasi atau penekanan pada poin atau bidang yang berbeda. Berikut ini akan dikemukakan beberapa pendapat para ahli tentang aspek-aspek perkembangan pada anak usia dini.
Janet Black melihat bahwa tumbuh-kembang anak melakukan tahap-tahap sebagai berikut:
1.     Tahap infancy I (0-1 tahun). Aspek yang perlu mendapat perhatian pada perkembangan tahap ini adalah:
a)     Perkembangan fisik dan motorik,
b)     Perkembangan psiko-sosial,
c)     Perkembangan kognitif, dan
d)     Perkembangan bahasa.
2.     Tahap infancy II (1-3 tahun). Aspek perkembangan pada tahap ini sama dengan tahap infancy I, hanya saja kematangannya yang berbeda.
3.     Tahap anak umur 4-5 tahun. Aspek yang perlu dipelajari pada tahap perkembangan ini sama dengan masa infancy.
Walaupun Janet Black melihat aspek perkembangan yang sama pada tahap yang berbeda, tetapi materi perkembangan yang dipelajari pada setiap tahap berbeda satu dengan yang lain. Berbeda dengan Janet Black, Papalia dan Olds berpandangan perkembangan anak usia dini dapat dikategorikan menjadi dua kelompok.
(a)   Kategori perkembangan fisik dan intelektual.
a.      Perkembangan fisik melingkupi.
1)     Pertumbuhan dan perubahan fisik.
2)     Kesehatan dan masalah fisik.
3)     Keterampilan motorik.
4)     Pola tidur dan masalahnya.
b.     Perkembangan intelektual melingkupi: ingatan, kognitif, bahasa, dan perkembangan intelegensia.
(b)  Kategori perkembangan kepribadian dan sosial
Berbeda dengan Janet Black maupun Papalia dan Olds, Elizabeth B. Hurlock berpandangan bahwa perkembangan anak dapat ditinjau dari aspek masa-masa atau umur tertentu. Adapun aspek-aspek perkembangan tersebut adalah: perkembangan fisik-motorik, sosial-emosional, moral keagamaan, dan perkembangan kognitif.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts