RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 1
Satuan
Pendidikan : SMAN
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/
Semester : XI/ Ganjil
Materi
pokok : Pembentukan Kelompok Sosial
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Kompetensi
1.1.
Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan
menghargai keberagaman agama dengan menjunjung tinggi keharmonisan.dalam
kehidupan
1.1.1.
Siswa mampu keberagaman
agama dalam kehidupan sosial budaya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.1.
Menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan
sosial
2.1.1. Siswa mampu menunjukkan perilaku kesadaran
untuk memiliki tanggung jawab public dalam ranah perbedaan social
2.2.Menunjukkan sikap
toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial
2.2.1. Siswa mampu menunjukkan
sikap toleransi dan empati social terhadap perbedaan social
3.1.
Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut
pandang dan pendekatan sosiologis
3.1.1.
Siswa mampu
mendeskripsikan pengertian Kelompok sosial
4.1.
Menalar
tentang terjadinya pengelompokan social di masyarakat dari sudut pandang dan
pendekatan sosiologis
C.
Tujuan
Pembelajaran
1. Mampu
mensyukuri keberagaman agama dalam kehidupan sosial budaya sebagai anugerah
Tuhan Yang Maha Kuasa
2. Mampu
menunjukkan perilaku kesadaran untuk memiliki tanggung jawab public dalam ranah
perbedaan social
3. Mampu
menunjukkan sikap toleransi dan empati social terhadap perbedaan social
4. Mampu
mendeskripsikan pengertian kelompok social
D.
Materi
Fakta:
1. Kelompok sosial yang ada
dalam masyarakat
2. Ciri-ciri kelompok
sosial
Konsep:
Kelompok
social adalah sekumpulan individu yang saling berinteraksi satu dengan yang
lain
E.
Kegiatan
Pembelajaran
- Kegiatan
Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru menanyakan kabar dan
memeriksa kehadiran siswa serta kesiapan ruang belajar
2.
Guru memberi motivasi kepada
siswa untuk kegiatan belajar mengajar melalui sebuah lagu supporter persibo
3.
Siswa bersama dengan guru
mengulas materi yang telah dipelajari pada kelas X
4.
Siswa memahami tujuan
pembelajaran melalui pemaparan guru
5.
Guru menyampaikan materi yang
akan dipelajari pada hari itu yaitu tentang pengertian kelompok social
- Kegiatan
Inti (100 menit)
Mengamati:
Siswa mengamati
gambar yang ditunjukkan oleh Guru tentang segerombolan anak punk dan Perawat yang sedang Demo
Menanya:
Siswa menanyakan tentang hal-hal
yang berkaitan dengan gambar
Mengeksplorasi:
Siswa
bersama dengan guru mengeksplorasi pengertian dan cirri-ciri kelompok sosial
Mengasosiasi:
Siswa diminta
untuk mencontohkan kelompok social yang ada di lingkungan sekitarnya dalam
aspek pendidikan, ekonomi, politik, Agama, kesehatan dan social budaya
Mengomunikasikan
Masing-masing
siswa mempresentasikan kelompok social yang ada di lingkungannya
- Kegiatan
Penutup (10 menit)
· Siswa
dibantu guru melakukan refleksi dengan mereview bagian yang perlu mendapat
penjelasan lebih lanjut.
·
Siswa mendapatkan umpan balik
dari Guru berupa penghargaan terhadap hasil kerja siswa
·
Siswa mendapat tugas untuk mempelajari
tentang kelompok social teratur dan kelompok social tidak teratur
· Guru
menginformasikan kepada siswa rencana materi pelajaran selanjutnya tentang
kelompok social tidak teratur
F.
Penilaian
Tehnik dan
Bentuk Instrumen
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Observasi
Tes Praktik
|
Lembar
pengamatan dan rubric
Menemukan 4
contoh kelompok social di lingkungan madrasah dan di lingkungan masyarakat
dalam bidang: agama, social budaya, politik
|
Penilaian Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Aktif
|
Pemahaman
|
Menemukan poin penting
|
Skor
|
Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Nilai:
4 : Baik sekali
3 : Baik
2 :Cukup
1 : Kurang
Nilai = ∑ skor perolehan
X 100
Skor maksimal
Rubrik Penilaian Sikap
a.
Lembar Pengamatan sikap
Nama :.................
Kelas :………….
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Ket
|
1
|
Menunjukkan
rasa syukur dalam rangka pemenuhan kebutuhan
|
|
|
|
|
2
|
Menunjukkan
kemampuan dan ketrampilan belajar dan melakukan proses belajar yang efektif
|
|
|
|
|
3
|
Menunjukkan
sikap ketekunan dalam melakukan pengamatan diskusi
|
|
|
|
|
4
|
Menunjukkan
ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar baik secara individu maupun
kelompok
|
|
|
|
|
b. Rubrik Penilaian Sikap
No
|
Aspek
yang dinilai
|
Rubrik
|
1
|
Menunjukkan
rasa syukur dalam rangka oemenuhan kebutuhan
|
3. Menunjukkan
rasa syukur dengan ekspresi setuju bekerja kerasdan bertanggung jawab dengan
sumber daya yang ada, mis: berhemat, rajin
2. Belum
secara eksplisit menunjukkan rasa syukur dengan ekspresi setuju bekerja
kerasdan bertanggung jawab dengan sumber daya yang ada, mis: berhemat, rajin
1. Tidak
menunjukkan rasa syukur dengan ekspresi setuju bekerja keras dan
bertanggung jawab dengan sumber daya yang ada, mis: berhemat, rajin
|
2
|
Menunjukkan
kemampuan dan ketrampilan belajar dan melakukan proses belajar yang efektif
|
3.
Menunjukkan kemapuan dan ketrampilan belajar yang besar, antusias, terlibat
aktif dan menunjukkan kreatifitas dalam kegiatan kelompok.
2.
Belum menunjukkan kemapuan dan ketrampilan belajar yang besar, antusias,
terlibat aktif dan menunjukkan kreatifitas dalam kegiatan kelompok
1.
Tidak menunjukkan kemapuan dan ketrampilan belajar yang besar, antusias,
terlibat aktif dan menunjukkan kreatifitas dalam kegiatan kelompok
|
3
|
Menunjukkan
sikap ketekunan dalam melakukan pengamatan diskusi
|
3.
Tekun dalam melakukan pengamatan dan diskusi
2. Kurang
tekun dalam melakukan pengamatan dan diskusi
1. Tidak
tekun/pasif dan harus diingatkan dalam melakukan pengamatan dan diskusi
|
4
|
Menunjukkan
ketekunan dan tanggung jawab dalam belajar baik secara individu maupun
kelompok
|
3.Tekun
dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya
tepat waktu
2.
Berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaik
1.Tidak
berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugasdan tugasnya tidak selesai.
|
Lembar
Penilaian Unjuk kerja
Menilai laporan di buku catatan
No
|
Nama siswa
|
Keberanian
|
Kelancaran
|
Ketepatan
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor
Masing-masing
kolom diisi dengan skor 0-100
Nilai = ∑ skor perolehan
3
KRITERIA NILAI:
A = 80 -100 : Baik sekali
B = 70 -79 : Baik
C = 60 -69 : Cukup
D = < 60 : Kurang
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
· Artikel
berbagai media massa
· Foto-foto
tentang kelompok sosial
· Buku
Sosiologi Esis Kelas XI SMA/MA Hal. 1 - 18
· Media
massa
· Masyarakat
sekitar
No comments:
Post a Comment