RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ………………………..
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / 1
Pelajaran : 1. Good morning. How are you
?
Pertemuan ke : 1-6
Alokasi waktu : 12 JP
A. MATERI POKOK
• Menyapa,
berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu mengomunikasikan
ungkapan :
• to greet
• to take leave
• to say thank
you
• to say sorry
C. KOMPETENSI INTI
3.
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
D. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.1
|
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan
menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta
menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
4.1
|
Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih,
dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
|
|
•
Berkomunikasi dengan
tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan
menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
• Bermain peran dalam tindakan menyapa, berpamitan,
berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya
•
Menyalin
pesan terkait tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan tanggapannya secara bermakna, dalam format yang sesuai, dengan ejaan,
penggunaan huruf besar, dan tanda baca yang benar dengan tulisan tangan yang
jelas dan rapi.
•
Melakukan drill tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan
menanggapinya.
•
Mengisi kalimat rumpang terkait tindakan
menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan tanggapannya.
•
Menyusun teks
ungkapan terkait tindakan
menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan tanggapannya.
|
E. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran meliputi Sikap,
Pengetahuan dan Keterampilan
dengan perincian sebagai berikut :
Sikap:
•
Jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri
Pengetahuan:
Melakukan
komunikasi lisan dan tulis dengan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) berterima
kasih, dan (d) meminta maaf, serta menanggapinya, sangat pendek dan sederhana.
•
Fungsi sosial
Menyapa, berpamitan, berterimakasih,
meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan
guru dan teman.
•
Struktur teks
Memulai, Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
•
Unsur kebahasaan
Ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan, Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
•
Topik
Interaksi antara siswa di dalam di luar
kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta
maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat
di KI
Keterampilan:
•
Komunikasi lisan dan tulisan terkait tindakan menyapa, berpamitan,
berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode
|
Check
|
Metode
|
Check
|
Simulasi
|
V
|
Pemberian tugas
|
V
|
Sosiodrama
|
|
Tanya jawab
|
V
|
Demontrasi
|
V
|
Diskusi
|
V
|
Latihan (drill)
|
V
|
Ceramah
|
V
|
Karyawisata
|
|
Cerita
|
V
|
G. MEDIA PEMBELAJARAN
•
Media Audio Visual,
White Board, Boardmarker, PPT Powerpoint by:Mr.A, pemutar suara, video.
H. SUMBER BELAJAR
•
Buku Siswa.
•
Buku Guru
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
•
Guru datang tepat waktu
•
Mengucapkan salam dengan ramah dalam Bahasa
Inggris kepada siswa
ketika memasuki ruang kelas
•
Berdoa sebelum membuka pelajaran
•
Guru memperkenalkan diri kepada
siswa.
•
Memeriksa kebersihan kelas kerapihan berpakaian, posisi, dan
tempat duduk siswa disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
•
Memeriksa kehadiran siswa
•
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
•
Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
•
Menegur siswa yang datang terlambat dengan sopan
•
Menyiapkan materi ajar, media/alat peraga/alat bantu.
•
Menyiapkan fisik dan psikis siswa mengikuti
pelajaran/ mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
•
Melaksanakan Apersepsi (Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari)
•
Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan
dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan.
•
Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar
•
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
•
Memotivasi siswa dengan memberi penjelasan tentang
pentingnya mempelajari materi ini
•
Guru memulai dengan mengajak siswa memaknai gambar terkait topik menyapa, berpamitan,
berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya dengan menggunakan pertanyaan atau instruksi yang sesuai.
•
Guru mengajukan pertanyaan dan pernyataan untuk
menghubungkan atau mengantarkan pada tujuan pembelajaran, yakni tentang menyapa, berpamitan,
berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya yang akan dipelajari pada bab 1 ini
•
Guru terlebih dahulu memulai membaca ungkapan terkait tindakan menyapa, berpamitan,
berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya yang tertera di buku siswa dan siswa menirukan.
•
Guru memastikan setiap siswa mengucapkan setiap teks terkait tindakan menyapa, berpamitan,
berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya dengan tegas dan lantang.
•
Guru mengajak
siswa memperhatikan isi halaman tersebut, dengan menanyakan beberapa pertanyaan
pengarah, yang diperlukan agar siswa berpartisipasi aktif untuk memahami
gambar.
ü The title of this chaper is ... (tunggu
sampai siswa menyebutkan) ...
‘Good morning. How
are you? Good morning is ... what is good morning?
Good morning is ...
I often say Good morning to you. What is good morning?
Good morning itu
apa? ... Right, selamat pagi.
ü Then, “How are you?” I often ask you ... How are
you?. What do you say to answer me? ... How are you, everybody? ... How are
you, Ihsan? ... Fine. Good. Fine. What is How are you? In bahasa
Indonesia? ... Right, Bagaimana kabarmu? ... Jawabnya, ... Baik.
In English? Fine. That’s when we meet in the morning.
ü When we leave one another in the afternoon after
school, what should you say? What should you say when you leave one another,
when you ... berpisah with
your friends, what should you do? Right ... berpamitan.
You should say goodbye.
ü What should you say to somebody who helps you? ...
Who does something good to you? ... What should you say to your friend
who lends you his or her pen? ... Right. We should ... berterima
kasih. We should say “thank you”. We should thank him or
her.
ü Finally, what should you say after you make a
mistake? After you hurt someone’s feeling. ... What should you say to your
teacher when you are late? ... when you have not done your homework? ...
When you ... membuat kesalahan,
what should you say? ... Right. You should say sorry.
•
Guru menyebutkan
setiap kalimat secara jelas, tidak
terlalu cepat, dan berulang-ulang, terutama ketika mengucapkan
kata-kata penting yang terkait. Seperti contoh di atas, guru memberikan jeda untuk memberi
kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi.
•
Setelah
itu guru langsung menyebutkan tujuan pembelajaran dalam bab ini. Misalnya,
ü Look, everybody. It is written here that we are going
to learn to ... (siswa diminta untuk membaca
bersama guru tujuan yang tertera di halaman tersebut) ...to
greet, menyapa, to take leave ... berpamitan,
to say thank you,
berterima kasih,
and ... to say sorry, ... minta
maaf.
ü Why do we need to do them?
ü Why do we need to ... greet? To ... (siswa
diminta untuk membaca bersama
guru tujuan yang tertera di halaman tersebut) ...
in order to to keep good
personal relationships.
•
Guru mengulang-ulang kegiatan sampai guru yakin siswa telah
benar-benar menyadari bahwa kegiatan apapun yang akan siswa lakukan nanti bertujuan untuk mencapai fungsi sosial (mampu menyapa, berpamitan,
berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya).
•
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan
hal-hal yang belum dipahami.
Kegiatan Inti
Mengamati
dan Menanya
•
Guru membimbing siswa bermain peran,
saling menyapa ketika bertemu dan menanggapinya
•
Guru membimbing siswa melakukan Drill menyapa dan menanggapinya
•
Terlebih
dahulu siswa mengerjakan tugas :
Soal dan Kunci Jawaban
Melaksanakan
drill untuk menyapa ketika bertemu di pagi hari, siang hari, sore hari, dan
malam hari.
Untuk
melaksanakan kegiatan ini, gunakan teknik ‘memandu melaksanakan drill. Kegiatan
drill terdiri dari tiga fase, yaitu (1) stimulus, (2) respons, dan (3) reinforcement.
Stimulus
Untuk
memberikan stimulus, dapat digunakan beberapa tanda, antara lain adalah sebagai
berikut.
1. Serangkaian
gambar atau angka yang menunjukkan waktu yang terdapat di papan tulis. Guru
hanya menunjuk dengan menggunakan tangan atau alat penunjuk khusus.
2. Dapat
juga digunakan alat modern seperti LCD, yang dapat dengan mudah diganti-ganti
slide-nya, yang masing-masing menunjukkan gambar atau angka yang menunjukkan
waktu atau jam.
3. Alat
yang sangat sederhana, seperti bendera kertas, lingkaran kertas, dan
sebagainya.
Respons
Respons yang
diperlukan adalah suatu interaksi sebagai berikut.
Versi 1
|
Versi 2
|
Versi 3
|
Pihak 1:
Good morning/afternoon/ evening. How are you?
Pihak 2 (singular):
I’m fine, thank you.
|
Pihak 1:
Good morning/afternoon/
evening.
Pihak 2 (singular):
Good morning/afternoon/
evening. How are you?
Pihak 1:
I’m fine, thanks.
|
Pihak 1:
Good morning/afternoon/ evening.
Pihak 2:
Good morning/afternoon/
evening. How are you?
Pihak 1:
We are fine, thank you
(thanks).
|
Reinforcement
Untuk kegiatan
ini digunakan penguataan dalam bentuk pujian untuk jawaban benar, seperti good,
excellent, right. Untuk respons yang salah dapat digunakan tanda menyalahkan
dengan cara yang halus dan tidak menyakitkan, seperti no, pengulangan response
salah dengan nada bertanya, atau tanda fisik, seperti tanda (-), (x), dan
sebagainya.
•
Guru memberikan contoh memeragakan secara lisan teks terkait menyapa ketika
bertemu di pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari secara lancar dengan intonasi yang benar, penempatan jeda
yang tepat, dan dengan ucapan yang jelas, tepat, dan dengan tekanan kata yang
benar.
•
Siswa menirukan guru secara klasikal dan bergantian secara kelompok
dan individu, secara
bergantian dan berulang,
sampai siswa dapat memainkan peran secara bermakna, bukan dengan membaca.
•
Siswa berlatih memainkan peran secara kolaboratif dalam
kerja kelompok masing-masing atas teks terkait menyapa ketika bertemu di pagi hari, siang
hari, sore hari, dan malam hari
agar siswa dapat saling membantu dan saling memberikan balikan atau koreksi. Guru
memastikan siswa tidak membaca.
•
Guru memastikan bahwa semua siswa tidak membaca dan juga
memahami dengan baik isi pesannya, setidaknya dari intonasi dan bahasa tubuh
yang digunakan ketika
Mengumpulkan
informasi/Mencoba
•
Siswa
melakukan refleksi
apakah atau seberapa sering sudah menyapa orang lain dalam bahasa Inggris
•
Guru
membimbing siswa bermain peran, saling berpamitan ketika berpisah
dan menanggapinya
Menalar/Mengasosiasi
•
Guru
membimbing siswa melakukan Drill berpamitan
dan menanggapinya
Soal
dan Kunci Jawaban
Melaksanakan drill untuk berpamitan
ketika berpisah.
Untuk melaksanakan
kegiatan ini, gunakan teknik ‘memandu melaksanakan drill. Kegiatan drill
terdiri dari tiga fase, yaitu (1) stimulus, (2) respons, dan (3) reinforcement.
Stimulus
Tanda yang dapat digunakan:
a.
Gambar-gambar yang ada di buku siswa yang
telah dihilangkan pernyataannya
b.
Pernyataan seperti:
Ø with mother before
leaving for school
Ø with friends after school
Ø with brother when going
to bed
Ø with dad before he leaves
for office
Ø dan sebagainya.
c.
Alat yang sangat sederhana, seperti bendera
kertas, lingkaran kertas, dan sebagainya.
Respons
Respons yang diperlukan adalah
suatu interaksi sebagai berikut.
Versi 1
|
Versi 2
|
Versi 3
|
Pihak 1:
Goodbye, (Mom, dan
sebagainya). See you later.
Pihak 2 (singular):
Goodbye. Take care.
|
Pihak 1:
See you later, (Mom, dan
sebagainya). Take care.
Pihak 2 (singular):
See you. Thanks.
|
Pihak 1:
Good night. Have a nice
dream.
Pihak 2:
Good night. Thanks.
|
Reinforcement
Untuk kegiatan
ini digunakan penguataan dalam bentuk pujian untuk jawaban benar, seperti good,
excellent, right. Untuk respons yang salah dapat digunakan tanda menyalahkan
dengan cara yang halus dan tidak menyakitkan, seperti no, pengulangan response
salah dengan nada bertanya, atau tanda fisik, seperti tanda (-), (x), dan
sebagainya.
•
Guru memberikan contoh memeragakan secara lisan teks terkait berpamitan ketika berpisah secara lancar dengan intonasi yang benar, penempatan jeda
yang tepat, dan dengan ucapan yang jelas, tepat, dan dengan tekanan kata yang
benar.
•
Siswa menirukan guru secara klasikal dan bergantian secara kelompok
dan individu, secara
bergantian dan berulang,
sampai siswa dapat memainkan peran secara bermakna, bukan dengan membaca.
•
Siswa berlatih memainkan peran secara kolaboratif dalam
kerja kelompok masing-masing atas teks terkait perbuatan berpamitan ketika berpisah
agar siswa dapat saling membantu dan saling memberikan balikan atau koreksi. Guru
memastikan siswa tidak membaca.
•
Guru memastikan bahwa semua siswa tidak membaca dan juga
memahami dengan baik isi pesannya, setidaknya dari intonasi dan bahasa tubuh
yang digunakan ketika
•
Sebelum
melakukan Drill terlebih dahulu siswa melakukan Refleksi apakah atau seberapa sering sudah berpamitan dalam bahasa
Inggris
Mengomunikasikan
•
Guru
membimbing siswa bermain peran, saling berterima kasih dan meminta maaf,
serta menanggapinya.
•
Guru
membimbing siswa melakukan Drill berterima kasih dan meminta maaf, dan
menanggapinya
•
Sebelum
melakukan Drill, terlebih dahulu siswa mengerjakan tugas :
Soal dan Kunci Jawaban
Melaksanakan drill untuk berterima
kasih dan meminta maaf, dan menanggapinya.
Untuk melaksanakan kegiatan ini,
gunakan teknik ‘memandu melaksanakan drill. Kegiatan drill terdiri dari tiga
fase, yaitu (1) stimulus, (2) respons, dan (3) reinforcement.
Stimulus
Tanda yang dapat digunakan:
1.
Pernyataan seperti:
Ø Your father says, “Good
luck with your test.”
Ø You forgot to say goodbye
to your Mom.
Ø You come late to your
English class.
Ø Your classmate says, “Go
home and have a rest.”
Ø dan sebagainya.
2.
Alat yang sangat sederhana, seperti bendera
kertas, lingkaran kertas, dan sebagainya.
Respons
Respons yang diperlukan adalah
sebuah jawaban sebagai berikut.
Ø Thank you (Mom, dan
sebagainya.)
Ø I’m sorry, atau Sorry +
janji yang sesuai.
Reinforcement
Untuk kegiatan
ini digunakan penguataan dalam bentuk pujian untuk jawaban benar, seperti good,
excellent, right. Untuk respons yang salah dapat digunakan tanda menyalahkan
dengan cara yang halus dan tidak menyakitkan, seperti no, pengulangan response
salah dengan nada bertanya, atau tanda fisik, seperti tanda (-), (x), dan
sebagainya.
•
Guru memberikan contoh memeragakan secara lisan teks terkait saling berterima
kasih dan meminta maaf, serta menanggapinya secara lancar dengan intonasi yang benar, penempatan jeda
yang tepat, dan dengan ucapan yang jelas, tepat, dan dengan tekanan kata yang
benar.
•
Siswa menirukan guru secara klasikal dan bergantian secara kelompok
dan individu, secara
bergantian dan berulang,
sampai siswa dapat memainkan peran secara bermakna, bukan dengan membaca.
•
Siswa berlatih memainkan peran secara kolaboratif dalam
kerja kelompok masing-masing atas teks terkait saling berterima kasih dan meminta maaf,
serta menanggapinya agar siswa
dapat saling membantu dan saling memberikan balikan atau koreksi. Guru memastikan
siswa tidak membaca.
•
Guru memastikan bahwa semua siswa tidak membaca dan juga
memahami dengan baik isi pesannya, setidaknya dari intonasi dan bahasa tubuh
yang digunakan ketika mengucapkan.
•
Siswa
membuat pernyataan
janji
Kegiatan Penutup
• Guru
bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
• Guru melakukan
penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram
• Guru
memberikan tugas untuk diselesaikan di rumah
• Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual
maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar siswa
• Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
• Guru
mengakhiri pelajaran dengan membaca doa
• Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.
J.
PENILAIAN, PEMBELAJARAN
REMEDIAL dan PENGAYAAN
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian aspek pengetahuan didasarkan pada rumusan KD
yang termasuk dalam KI-3, yang mencakup pengetahuan tentang (1) fungsi sosial
atau tujuan komunikatif, (2) keruntutan teks, dan (3) unsur kebahasaan.
Contoh Tabel Penilaian Aspek Pengetahuan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
||
1
|
Tujuan
Komunikatif
|
Sangat memahami
|
5
|
4
|
||
Memahami
|
4
|
3
|
||||
Cukup memahami
|
3
|
2
|
||||
Kurang memahami
|
Hampir tidak memahami
|
2
|
1
|
|||
Tidak memahami
|
1
|
|
||||
2
|
Keruntutan
Teks
|
Struktur teks yang digunakan
sangat runtut
|
5
|
4
|
||
Struktur teks yang digunakan
runtut
|
4
|
3
|
||||
Struktur teks yang digunakan
cukup runtut
|
3
|
2
|
||||
Struktur teks yang digunakan kurang runtut
|
Struktur teks yang digunakan hampir tidak runtut
|
2
|
1
|
|||
Struktur teks yang digunakan tidak runtut
|
1
|
|
||||
3
|
Pilihan
Kosakata
|
Sangat variatif dan tepat
|
5
|
1
|
||
Variatif dan tepat
|
4
|
3
|
||||
Cukup variatif dan tepat
|
3
|
2
|
||||
Kurang variatif dan tepat
|
Hampir tidak variatif dan tepat
|
2
|
1
|
|||
Tidak variatif dan tepat
|
1
|
|
||||
4
|
Pilihan Tata
Bahasa
|
Pilihan tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
|
||
Pilihan tata bahasa tepat
|
4
|
3
|
||||
Pilihan tata bahasa cukup
tepat
|
3
|
2
|
||||
Pilihan tata bahasa kurang tepat
|
Pilihan tata bahasa hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
|||
Pilihan tata bahasa tidak tepat
|
1
|
|
||||
Penilaian keterampilan
Contoh Rubrik untuk Penilaian Unjuk Kerja
No
|
Kriteria
|
Keterangan
|
|
1
|
Melakukan
Observasi
|
1
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
2
|
Beberapa kegiatan jelas dan terperinci
|
||
3
|
Semua kegiatan jelas dan terperinci
|
||
2
|
Role Play
|
1
|
Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
|
2
|
Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
||
3
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
||
3
|
Simulasi
|
1
|
Fungsi social kurang tercapai, ungkapan
dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
2
|
Fungsi social kurang tercapai, ungkapan
dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
||
3
|
Fungsi social tercapai, ungkapan dan
unsur kebahasaan tepat
|
||
4
|
Presentasi
|
1
|
Tidak lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide presentasi
|
2
|
Lancar, topik jelas, dan menggunakan slide
presentasi namun kurang menarik
|
||
3
|
Sangat lancar, topic jelas, menggunakan slide
presentasi yang menarik
|
||
5
|
Melakukan
Monolog
|
1
|
Membaca teks, fungsi social kurang
tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang
tepat, serta tidak lancar
|
2
|
Lancar, fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat dan kalimat berkembang,
serta ada transisi
|
||
3
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur
lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat berkembang,
serta ada transisi
|
Ket : 1 = Terbatas, 2 = Memuaskan, 3 = Mahir
Penilaian untuk Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
||
1
|
Pengucapan
(pronounciation)
|
Hampir sempurna
|
5
|
4
|
||
Ada beberapa kesalahan namun
tidak mengganggu
makna
|
4
|
3
|
||||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
2
|
||||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
|||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
1
|
|
||||
2
|
Intonasi
(intonation)
|
Hampir sempurna
|
5
|
4
|
||
Ada beberapa kesalahan namun
tidak mengganggu
makna
|
4
|
3
|
||||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
2
|
||||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
|||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
1
|
|
||||
3
|
Kelancaran
(fluency)
|
Sangat lancar
|
5
|
1
|
||
Lancar
|
4
|
3
|
||||
Cukup lancar
|
3
|
2
|
||||
Kurang lancar
|
Sangat tidak lancar
|
2
|
1
|
|||
Tidak lancar
|
1
|
|
||||
4
|
Ketepatan makna
(accuracy)
|
Sangat tepat
|
5
|
4
|
||
Lancar
|
4
|
3
|
||||
Cukup tepat
|
3
|
2
|
||||
Kurang tepat
|
Sangat tidak tepat
|
2
|
1
|
|||
Tidak tepat
|
1
|
|
||||
Skala Penilaian
Berikut ini adalah skala penilaian menurut Permendikbud
no. 23 tahun 2016 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rentang angka
|
Huruf
|
Sangat Baik (A)
|
86-100
|
Baik (B)
|
71-85
|
Cukup (C)
|
56-70
|
Kurang (D)
|
≤ 55
|
No comments:
Post a Comment