Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, April 25, 2020

RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 SMS 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan :  ……………………….. 
Mata Pelajaran         :  Bahasa Inggris
Kelas / Semester      :  VII / 1
Pelajaran                   :  1. Good morning. How are you ?
Pertemuan ke           :  1-6
Alokasi waktu         :  12 JP

A.   MATERI POKOK
      Menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu mengomunikasikan ungkapan :
      to greet
      to take leave
      to say thank you
      to say sorry

C.    KOMPETENSI INTI
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

D.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.1
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, serta menanggapinya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.1
Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf, dan menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

      Berkomunikasi dengan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
      Bermain peran dalam tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya
      Menyalin pesan terkait tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan tanggapannya secara bermakna, dalam format yang sesuai, dengan ejaan, penggunaan huruf besar, dan tanda baca yang benar dengan tulisan tangan yang jelas dan rapi.
      Melakukan drill tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya.
      Mengisi kalimat rumpang terkait tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan tanggapannya.
      Menyusun teks ungkapan terkait tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan tanggapannya.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran meliputi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan dengan perincian sebagai berikut :

Sikap:
      Jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri

Pengetahuan:
Melakukan komunikasi lisan dan tulis dengan (a) menyapa, (b) berpamitan, (c) berterima kasih, dan (d) meminta maaf, serta menanggapinya, sangat pendek dan sederhana.

        Fungsi sosial
Menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya, untuk menjaga hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
        Struktur teks
Memulai, Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
        Unsur kebahasaan
Ungkapan-ungkapan yang lazim digunakan, Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan
        Topik
Interaksi antara siswa di dalam di luar kelas yang melibatkan tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI

Keterampilan:
        Komunikasi lisan dan tulisan terkait tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya

F.       PENDEKATAN & METODE
Pendekatan        : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                : Example Non Example





Metode
Check
Metode
Check
Simulasi
V
Pemberian tugas
V
Sosiodrama

Tanya jawab
V
Demontrasi
V
Diskusi
V
Latihan (drill)
V
Ceramah
V
Karyawisata

Cerita
V

G.   MEDIA PEMBELAJARAN
        Media Audio Visual,  White Board, Boardmarker, PPT Powerpoint by:Mr.A, pemutar suara, video.

H.   SUMBER BELAJAR
        Buku Siswa.
        Buku Guru

I.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
        Guru datang tepat waktu
        Mengucapkan salam dengan ramah  dalam Bahasa Inggris kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
        Berdoa sebelum membuka pelajaran
        Guru memperkenalkan diri kepada siswa.
        Memeriksa kebersihan kelas kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk siswa disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
        Memeriksa kehadiran siswa
        Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
        Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
        Menegur siswa yang datang terlambat dengan sopan
        Menyiapkan materi ajar, media/alat peraga/alat bantu.
        Menyiapkan fisik dan psikis siswa mengikuti pelajaran/ mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
        Melaksanakan Apersepsi (Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari)
        Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan.
        Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar
        Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
        Memotivasi siswa dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini
        Guru memulai dengan mengajak siswa memaknai gambar terkait topik menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya dengan menggunakan pertanyaan atau instruksi yang sesuai.
        Guru mengajukan pertanyaan dan pernyataan untuk menghubungkan atau mengantarkan pada tujuan pembelajaran, yakni tentang menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya yang akan dipelajari pada bab 1 ini
        Guru terlebih dahulu memulai membaca ungkapan terkait tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya yang tertera di buku siswa dan siswa menirukan.
        Guru memastikan setiap siswa mengucapkan setiap teks terkait  tindakan menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya dengan tegas dan lantang.
        Guru mengajak siswa memperhatikan isi halaman tersebut, dengan menanyakan beberapa pertanyaan pengarah, yang diperlukan agar siswa berpartisipasi aktif untuk memahami gambar.
ü  The title of this chaper is ... (tunggu sampai siswa menyebutkan) ...
‘Good morning. How are you? Good morning is ... what is good morning?
Good morning is ... I often say Good morning to you. What is good morning?
Good morning itu apa? ... Right, selamat pagi.
ü  Then, “How are you?” I often ask you ... How are you?. What do you say to answer me? ... How are you, everybody? ... How are you, Ihsan? ... Fine. Good. Fine. What is How are you? In bahasa Indonesia? ... Right, Bagaimana kabarmu? ... Jawabnya, ... Baik. In English? Fine. That’s when we meet in the morning.
ü  When we leave one another in the afternoon after school, what should you say? What should you say when you leave one another, when you ... berpisah with your friends, what should you do? Right ... berpamitan. You should say goodbye.
ü  What should you say to somebody who helps you? ... Who does something good to you? ... What should you say to your friend who lends you his or her pen? ... Right. We should ... berterima kasih. We should say “thank you”. We should thank him or her.
ü  Finally, what should you say after you make a mistake? After you hurt someone’s feeling. ... What should you say to your teacher when you are late? ... when you have not done your homework? ... When you ... membuat kesalahan, what should you say? ... Right. You should say sorry.
        Guru menyebutkan setiap kalimat secara jelas, tidak terlalu cepat, dan berulang-ulang, terutama ketika mengucapkan kata-kata penting yang terkait. Seperti contoh di atas, guru memberikan jeda untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi.
        Setelah itu guru langsung menyebutkan tujuan pembelajaran dalam bab ini. Misalnya,
ü  Look, everybody. It is written here that we are going to learn to ... (siswa diminta untuk membaca bersama guru tujuan yang tertera di halaman tersebut) ...to greet, menyapa, to take leave ... berpamitan, to say thank you, berterima kasih, and ... to say sorry, ... minta maaf.
ü  Why do we need to do them?
ü  Why do we need to ... greet? To ... (siswa diminta untuk membaca bersama guru tujuan yang tertera di halaman tersebut) ... in order to to keep good personal relationships.
        Guru mengulang-ulang kegiatan sampai guru yakin siswa telah benar-benar menyadari bahwa kegiatan apapun yang akan siswa lakukan nanti bertujuan untuk mencapai fungsi sosial (mampu menyapa, berpamitan, berterimakasih, meminta maaf, dan menanggapinya).
        Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.

Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya       
        Guru membimbing siswa bermain peran, saling menyapa ketika bertemu dan menanggapinya
        Guru membimbing siswa melakukan Drill menyapa dan menanggapinya
        Terlebih dahulu siswa mengerjakan tugas :
Soal dan Kunci Jawaban
Melaksanakan drill untuk menyapa ketika bertemu di pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari.
Untuk melaksanakan kegiatan ini, gunakan teknik ‘memandu melaksanakan drill. Kegiatan drill terdiri dari tiga fase, yaitu (1) stimulus, (2) respons, dan (3) reinforcement.
Stimulus
Untuk memberikan stimulus, dapat digunakan beberapa tanda, antara lain adalah sebagai berikut.
1.     Serangkaian gambar atau angka yang menunjukkan waktu yang terdapat di papan tulis. Guru hanya menunjuk dengan menggunakan tangan atau alat penunjuk khusus.
2.     Dapat juga digunakan alat modern seperti LCD, yang dapat dengan mudah diganti-ganti slide-nya, yang masing-masing menunjukkan gambar atau angka yang menunjukkan waktu atau jam.
3.     Alat yang sangat sederhana, seperti bendera kertas, lingkaran kertas, dan sebagainya.

Respons
Respons yang diperlukan adalah suatu interaksi sebagai berikut.
Versi 1
Versi 2
Versi 3
Pihak 1:
Good morning/afternoon/ evening. How are you?


Pihak 2 (singular):
I’m fine, thank you.

Pihak 1:
Good morning/afternoon/
evening.

Pihak 2 (singular):
Good morning/afternoon/
evening. How are you?

Pihak 1:
I’m fine, thanks.
Pihak 1:
Good morning/afternoon/ evening.

Pihak 2:
Good morning/afternoon/
evening. How are you?

Pihak 1:
We are fine, thank you
(thanks).

Reinforcement
Untuk kegiatan ini digunakan penguataan dalam bentuk pujian untuk jawaban benar, seperti good, excellent, right. Untuk respons yang salah dapat digunakan tanda menyalahkan dengan cara yang halus dan tidak menyakitkan, seperti no, pengulangan response salah dengan nada bertanya, atau tanda fisik, seperti tanda (-), (x), dan sebagainya.
        Guru memberikan contoh memeragakan secara lisan teks terkait menyapa ketika bertemu di pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari secara lancar dengan intonasi yang benar, penempatan jeda yang tepat, dan dengan ucapan yang jelas, tepat, dan dengan tekanan kata yang benar.
        Siswa menirukan guru secara klasikal dan bergantian secara kelompok dan individu, secara bergantian dan berulang, sampai siswa dapat memainkan peran secara bermakna, bukan dengan membaca.
        Siswa berlatih memainkan peran secara kolaboratif dalam kerja kelompok masing-masing atas teks terkait menyapa ketika bertemu di pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari agar siswa dapat saling membantu dan saling memberikan balikan atau koreksi. Guru memastikan siswa tidak membaca.
        Guru memastikan bahwa semua siswa tidak membaca dan juga memahami dengan baik isi pesannya, setidaknya dari intonasi dan bahasa tubuh yang digunakan ketika
Mengumpulkan informasi/Mencoba
        Siswa melakukan refleksi apakah atau seberapa sering sudah menyapa orang lain dalam bahasa Inggris
        Guru membimbing siswa bermain peran, saling berpamitan ketika berpisah dan menanggapinya
Menalar/Mengasosiasi
        Guru membimbing siswa melakukan Drill berpamitan dan menanggapinya
Soal dan Kunci Jawaban
Melaksanakan drill untuk berpamitan ketika berpisah.
Untuk melaksanakan kegiatan ini, gunakan teknik ‘memandu melaksanakan drill. Kegiatan drill terdiri dari tiga fase, yaitu (1) stimulus, (2) respons, dan (3) reinforcement.

Stimulus
Tanda yang dapat digunakan:
a.     Gambar-gambar yang ada di buku siswa yang telah dihilangkan pernyataannya
b.     Pernyataan seperti:
Ø  with mother before leaving for school
Ø  with friends after school
Ø  with brother when going to bed
Ø  with dad before he leaves for office
Ø  dan sebagainya.
c.      Alat yang sangat sederhana, seperti bendera kertas, lingkaran kertas, dan sebagainya.

Respons
Respons yang diperlukan adalah suatu interaksi sebagai berikut.
Versi 1
Versi 2
Versi 3
Pihak 1:
Goodbye, (Mom, dan sebagainya). See you later.

Pihak 2 (singular):
Goodbye. Take care.
Pihak 1:
See you later, (Mom, dan
sebagainya). Take care.

Pihak 2 (singular):
See you. Thanks.
Pihak 1:
Good night. Have a nice
dream.

Pihak 2:
Good night. Thanks.

Reinforcement
Untuk kegiatan ini digunakan penguataan dalam bentuk pujian untuk jawaban benar, seperti good, excellent, right. Untuk respons yang salah dapat digunakan tanda menyalahkan dengan cara yang halus dan tidak menyakitkan, seperti no, pengulangan response salah dengan nada bertanya, atau tanda fisik, seperti tanda (-), (x), dan sebagainya.
        Guru memberikan contoh memeragakan secara lisan teks terkait berpamitan ketika berpisah secara lancar dengan intonasi yang benar, penempatan jeda yang tepat, dan dengan ucapan yang jelas, tepat, dan dengan tekanan kata yang benar.
        Siswa menirukan guru secara klasikal dan bergantian secara kelompok dan individu, secara bergantian dan berulang, sampai siswa dapat memainkan peran secara bermakna, bukan dengan membaca.
        Siswa berlatih memainkan peran secara kolaboratif dalam kerja kelompok masing-masing atas teks terkait perbuatan berpamitan ketika berpisah agar siswa dapat saling membantu dan saling memberikan balikan atau koreksi. Guru memastikan siswa tidak membaca.
        Guru memastikan bahwa semua siswa tidak membaca dan juga memahami dengan baik isi pesannya, setidaknya dari intonasi dan bahasa tubuh yang digunakan ketika
        Sebelum melakukan Drill terlebih dahulu siswa melakukan Refleksi apakah atau seberapa sering sudah berpamitan dalam bahasa Inggris

Mengomunikasikan
      Guru membimbing siswa bermain peran, saling berterima kasih dan meminta maaf, serta menanggapinya.
      Guru membimbing siswa melakukan Drill berterima kasih dan meminta maaf, dan menanggapinya
      Sebelum melakukan Drill, terlebih dahulu siswa mengerjakan tugas : 
Soal dan Kunci Jawaban
Melaksanakan drill untuk berterima kasih dan meminta maaf, dan menanggapinya.
Untuk melaksanakan kegiatan ini, gunakan teknik ‘memandu melaksanakan drill. Kegiatan drill terdiri dari tiga fase, yaitu (1) stimulus, (2) respons, dan (3) reinforcement.

Stimulus
Tanda yang dapat digunakan:
1.     Pernyataan seperti:
Ø  Your father says, “Good luck with your test.”
Ø  You forgot to say goodbye to your Mom.
Ø  You come late to your English class.
Ø  Your classmate says, “Go home and have a rest.”
Ø  dan sebagainya.
2.     Alat yang sangat sederhana, seperti bendera kertas, lingkaran kertas, dan sebagainya.

Respons
Respons yang diperlukan adalah sebuah jawaban sebagai berikut.
Ø  Thank you (Mom, dan sebagainya.)
Ø  I’m sorry, atau Sorry + janji yang sesuai.

Reinforcement
Untuk kegiatan ini digunakan penguataan dalam bentuk pujian untuk jawaban benar, seperti good, excellent, right. Untuk respons yang salah dapat digunakan tanda menyalahkan dengan cara yang halus dan tidak menyakitkan, seperti no, pengulangan response salah dengan nada bertanya, atau tanda fisik, seperti tanda (-), (x), dan sebagainya.
        Guru memberikan contoh memeragakan secara lisan teks terkait saling berterima kasih dan meminta maaf, serta menanggapinya secara lancar dengan intonasi yang benar, penempatan jeda yang tepat, dan dengan ucapan yang jelas, tepat, dan dengan tekanan kata yang benar.
        Siswa menirukan guru secara klasikal dan bergantian secara kelompok dan individu, secara bergantian dan berulang, sampai siswa dapat memainkan peran secara bermakna, bukan dengan membaca.
        Siswa berlatih memainkan peran secara kolaboratif dalam kerja kelompok masing-masing atas teks terkait saling berterima kasih dan meminta maaf, serta menanggapinya agar siswa dapat saling membantu dan saling memberikan balikan atau koreksi. Guru memastikan siswa tidak membaca.
        Guru memastikan bahwa semua siswa tidak membaca dan juga memahami dengan baik isi pesannya, setidaknya dari intonasi dan bahasa tubuh yang digunakan ketika mengucapkan.
      Siswa membuat pernyataan janji

Kegiatan Penutup
      Guru bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri  membuat rangkuman/simpulan pelajaran
      Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
      Guru memberikan tugas untuk diselesaikan di rumah
      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar siswa
      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
      Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doa
      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

J.        PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL dan PENGAYAAN
Penilaian Pengetahuan
Penilaian aspek pengetahuan didasarkan pada rumusan KD yang termasuk dalam KI-3, yang mencakup pengetahuan tentang (1) fungsi sosial atau tujuan komunikatif, (2) keruntutan teks, dan (3) unsur kebahasaan.

Contoh Tabel Penilaian Aspek Pengetahuan
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor 1-5
Skor 1-4

1

Tujuan
Komunikatif
Sangat memahami
5
4
Memahami
4
3
Cukup memahami
3
2
Kurang memahami
Hampir tidak memahami
2
1
Tidak memahami
1

2
Keruntutan
Teks
Struktur teks yang digunakan sangat runtut
5
4
Struktur teks yang digunakan runtut
4
3
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
3
2
Struktur teks yang digunakan kurang runtut
Struktur teks yang digunakan hampir tidak runtut
2
1
Struktur teks yang digunakan tidak runtut
1

3
Pilihan
Kosakata
Sangat variatif dan tepat
5
1
Variatif dan tepat
4
3
Cukup variatif dan tepat
3
2
Kurang variatif dan tepat
Hampir tidak variatif dan tepat
2
1
Tidak variatif dan tepat
1

4
Pilihan Tata
Bahasa
Pilihan tata bahasa sangat tepat
5
4
Pilihan tata bahasa tepat
4
3
Pilihan tata bahasa cukup tepat
3
2
Pilihan tata bahasa kurang tepat
Pilihan tata bahasa hampir tidak tepat
2
1
Pilihan tata bahasa tidak tepat
1


Penilaian keterampilan
Contoh Rubrik untuk Penilaian Unjuk Kerja
No
Kriteria
Keterangan

1

Melakukan
Observasi
1
Tidak jelas pelaksanaannya
2
Beberapa kegiatan jelas dan terperinci
3
Semua kegiatan jelas dan terperinci
2
Role Play
1
Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
2
Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
3
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
3
Simulasi
1
Fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang tepat
2
Fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang tepat
3
Fungsi social tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tepat
4
Presentasi
1
Tidak lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide presentasi
2
Lancar, topik jelas, dan menggunakan slide presentasi namun kurang menarik
3
Sangat lancar, topic jelas, menggunakan slide presentasi yang menarik
5
Melakukan
Monolog
1
Membaca teks, fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang tepat, serta tidak lancar
2
Lancar, fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat dan kalimat berkembang, serta ada transisi
3
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat berkembang, serta ada transisi
Ket : 1 = Terbatas, 2 = Memuaskan, 3 = Mahir

Penilaian untuk Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor 1-5
Skor 1-4

1

Pengucapan
(pronounciation)
Hampir sempurna
5
4
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
3
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
2
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
2
1
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1

2
Intonasi
(intonation)
Hampir sempurna
5
4
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
3
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
2
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
2
1
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1

3
Kelancaran
(fluency)
Sangat lancar
5
1
Lancar
4
3
Cukup lancar
3
2
Kurang lancar
Sangat tidak lancar
2
1
Tidak lancar
1

4
Ketepatan makna
(accuracy)
Sangat tepat
5
4
Lancar
4
3
Cukup tepat
3
2
Kurang tepat
Sangat tidak tepat
2
1
Tidak tepat
1


Skala Penilaian
Berikut ini adalah skala penilaian menurut Permendikbud no. 23 tahun 2016 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rentang angka
Huruf
Sangat Baik (A)
86-100
Baik (B)
71-85
Cukup (C)
56-70
Kurang (D)
≤ 55

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts