A. Tujuan Pembelajaran Sains Bagi Anak
Pentingnya Tujuan Dalam Pembelajaran Sains.
Bidang pembelajaran sains merupakan suatu keharusan karena
dapat dijadikan sebagai standar menentukan tingkat ketercapaian keberhasilan
dari suatu program pembelajaran yang dikembangkan dan dilaksanakan.
Suatu tujuan yang dianggap menjadi standard an memiliki
karakteristik yang ideal apabila tujuan yang dirumuskan memiliki tingkat
ketepatan (validity),kebermaknaan (meaningfulness),fungsionjal dan relevansi
yang tinggi dengan kebutuhan serta karakteristik sasaran.
Tujuan Pengembangan Sains Pada Anak Usia Dini
Tujuan pendidikan sains sejalan dengan tujuan kurikulum yang
ada di sekolah yaitu, mengembangkan anak secara utuh baik pikirannya,hatinya
maupun jasmaninya atau mengembangkan intelektual,emosional dan fisik jasmani
atau aspek kognitif,afektif dan psikomotorik anak.
Tujuan yang mendasar dari pendidikan sains adalah untuk
mengembangkan individu agar melek terhadap ruang lingkup sains serta mampu
menggunakan aspek fudamentalnya dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
Pengembangan pembelajaran sains anak usia dini hendaklah
ditujukan untuk merealisasikan empat hal,yaitu:
n Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini
ditujukan agar anak-anak memiliki kemampuan memecahkan masalah yang dihadapinya
melalui penggunaan metode sains.
n Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini
ditujukan agar anak memiliki sikap-sikap ilmiah.
n Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini
ditujukan agar anak mendapatkan pengetahuan dan informasi ilmiah.
n Pengembangan pembelajaran sains anak usia dini
ditujukan agar anak-anak menjadi lebih berminat dan tertarik untuk menghayati
sains yang berada dilingkungan.
ANALISIS
Pengembangan pembelajaran sains diharapkan mampu
meningkatkan kecerdasan dan pemahaman anak tentang alam beserta isinya dengan
demikian kematangan perkembangan anak menjadi lebih utuh yaitu pembelajaran
sains.
KESIMPULAN
Tujuan pendidikan dan pembelajaran sains dikaitkan dengan
tiga dimensi:
Pertama,tujuan pengembangan pembelajaran sains diarahkan
pada pengenalan dan penguasaan fakta,konsep,prinsip,teori maupun aspek lain
yang ada didalam sains.
Kedua,dimensi sains proses yaitu,tujuan diarahkan pada
penguasaan keterampilan-keterampilan yang diperlukan dalam menggali dan
mengenal sains.
Ketiga,tujuan-tujuan program pengembangan sains yang
dikaitkan dimensi sains sebagai sikap yaitu,pengembangan pembelajaran sains
pada anak usia dini secara bertahap diarahkan pada suatu pembentukan probadi
atau karakter.
No comments:
Post a Comment