Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, April 8, 2020

Pentingnya Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini.




A. Tujuan Pembelajaran Sains Bagi Anak

Pentingnya Tujuan Dalam Pembelajaran Sains.
Bidang pembelajaran sains merupakan suatu keharusan karena dapat dijadikan sebagai standar menentukan tingkat ketercapaian keberhasilan dari suatu program pembelajaran yang dikembangkan dan dilaksanakan.

Suatu tujuan yang dianggap menjadi standard an memiliki karakteristik yang ideal apabila tujuan yang dirumuskan memiliki tingkat ketepatan (validity),kebermaknaan (meaningfulness),fungsionjal dan relevansi yang tinggi dengan kebutuhan serta karakteristik sasaran.

Tujuan Pengembangan Sains Pada Anak Usia Dini
Tujuan pendidikan sains sejalan dengan tujuan kurikulum yang ada di sekolah yaitu, mengembangkan anak secara utuh baik pikirannya,hatinya maupun jasmaninya atau mengembangkan intelektual,emosional dan fisik jasmani atau aspek kognitif,afektif dan psikomotorik anak.

Tujuan yang mendasar dari pendidikan sains adalah untuk mengembangkan individu agar melek terhadap ruang lingkup sains serta mampu menggunakan aspek fudamentalnya dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.

Pengembangan pembelajaran sains anak usia dini hendaklah ditujukan untuk merealisasikan empat hal,yaitu:

n  Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini ditujukan agar anak-anak memiliki kemampuan memecahkan masalah yang dihadapinya melalui penggunaan metode sains.

n  Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini ditujukan agar anak memiliki sikap-sikap ilmiah.

n  Pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini ditujukan agar anak mendapatkan pengetahuan dan informasi ilmiah.

n  Pengembangan pembelajaran sains anak usia dini ditujukan agar anak-anak menjadi lebih berminat dan tertarik untuk menghayati sains yang berada dilingkungan.

 ANALISIS

Pengembangan pembelajaran sains diharapkan mampu meningkatkan kecerdasan dan pemahaman anak tentang alam beserta isinya dengan demikian kematangan perkembangan anak menjadi lebih utuh yaitu pembelajaran sains.

KESIMPULAN

Tujuan pendidikan dan pembelajaran sains dikaitkan dengan tiga dimensi:

Pertama,tujuan pengembangan pembelajaran sains diarahkan pada pengenalan dan penguasaan fakta,konsep,prinsip,teori maupun aspek lain yang ada didalam sains.

Kedua,dimensi sains proses yaitu,tujuan diarahkan pada penguasaan keterampilan-keterampilan yang diperlukan dalam menggali dan mengenal sains.

Ketiga,tujuan-tujuan program pengembangan sains yang dikaitkan dimensi sains sebagai sikap yaitu,pengembangan pembelajaran sains pada anak usia dini secara bertahap diarahkan pada suatu pembentukan probadi atau karakter.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts