Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, April 1, 2020

Jawaban Soal Sains Untuk Anak Usia Dini


1.      Menurut istilah secara umum, Sains adalah proses pengamatan, berpikir, dan merefleksikan aksi dan kejadian/peristiwa. Sains merupakan cara kita berpikir dan melihat dunia sekitar kita. Ini adalah salah satu cabang ilmu atau subjek bahasan yang mengkaji fakta-fakta/kenyataan yang terkait dengan fenomena alam. Pengkajian ini pun perlu dilakukan secara berkelanjutan. Sejalan dengan pendapat yang disampaikan oleh Kilmer dan Hofman bahwa Sains merupakan pengetahuan tentang fenomena-fenomena tertentu, proses yang digunakan untuk mengumpulkan dan mengevaluasi informasi, dan sebagai bentuk adaptasi manusia pada lingkungan

2.     (1). Anak memiliki kemampuan memecahkan masalah
(2). Anak memiliki sikap-sikap ilmiah
(3). anak menjadi lebih berminat dan tertarik untuk menghayati sains yang berada dan ditemukan dilingkungan alam sekitarnya
(4). Anak mendapatkan pengetahuan dan informasi ilmiah
(5). Anak dapat menjadikan observasinya lebih teratur dan sistematis
(6). Dengan belajar sains anak dapat melihat kebesaran allah yang menciptakan dunia dan isinya

3.     Fungsi Pendidikan sains meliputi
A. secara sosial
Anak memperoleh kesempatan untuk melakukan kerjasama dengan teman-temannya secara alami.ketika anak melakukan kegiatan  sains,anak memiliki kesempatan untuk bertukar dan berbagi alat,bahan maupun ide dengan teman-temannya.
B. secara emosional
Aktifitas sains menawarkan potensi yang kaya untuk mengembangkan penghargaanya.selain itu penjelajahan dapat memberikan pengalaman yang dapat membuat anak keheranan,takjub dan merasa senang atas kegiatan yang dilakukannya.

4.     Ketrampilan-ketrampilan ini dapat digunakan untuk menemukan dan mengembangkan konsep serta menanamkan sikap ilmiah.
Aspek-aspek ketrampilan proses meliputi :
a.   Observasi, mencakup ketrampilan melibatkan semua alat indra untuk meyatakan sifat yang dimiliki oleh suatu benda atau objek
b.   Menafsirkan hasil pengamatan, melibatkan ketrampilan mencari hubungan antara pengamatan dengan pernyataan ciri-ciri atau sifat suatu benda atau peristiwa yang mudah diberi arti oleh orang lain.
c.    Mengelompokkan, memerlukan ketrampilan observasi
d.   Berkomunikasi, mencatat hasil pengamatan yang relevan dengan penyelidikan.
e.   Mengajukan pertanyaan, memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan apa yang ingin diketahuinya.
f.     Menyimpulkan (inferensi), merupakan ketrampilan memberikan penjelasan atau interprestasi terhadap suatu data yang didasarkan atas pengetahuan dan pengalaman awal. Pembelajaran sains berbasis ketrampilan proses adalah bentuk pembelajaran yang mengintegrasikan ketrampilan proses ke dalam rangkaian aktivitas belajar guna mengarahkan siswa pada proses pengetahuan secara mandiri.

5.     Scientific inquiry adalah sebuah siklus dari pembentukan hipotesis, mengumpulkan data, mengkonfirmasikan atau menolak berbagai hipotesis, membuat generalisasi, kemudian mengulangi siklus. Ketrampilan dasar yang digunakan dalam proses saintifik mencakup pengamatan, mengelompokkan dan membandingkan, mengukur, mengkomunikasikan, melakukan eksperimen, menghubungkan, menyimpulkan dan mengaplikasikan. Karena menyimpulkan dan mengaplikasikan mensyaratkan berpikir yang lebih abstrak
     




No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts