Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, April 29, 2020

Jawaban Soal Mata Kuliah PLPG


1. a. Pelatihan untuk meningkatkan kemampuan SDM merupakan suatu cara dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM agar dapat memenuhi kriteria yang dipersyaratkan oleh tempat kerjanya atau institusi tempatnya.
b. Cara yang dapat ditempuh agar SDM mempunyai tingkat kemampuan yang dipersyaratkan di tempat kerjanya adalah dengan mengadakan berbagai pendidikan dan pelatihan yang sesuai dengan persyaratan yang ditentukan tempat kerjanya.
c. Langkah-langkah yang dapat ditempuh dalam membuat suatu program untuk meningkatkan kemampuan SDM yaitu sebagai berikut:
- Analisis user. Analisis berurusan dengan potensi peserta dan instruktur yang terlibat dalam proses. Pertanyaan-pertanyaan penting yang dijawab oleh analisis ini adalah siapa yang akan menerima pelatihan dan tingkat pengetahuan yang ada pada subjek, apa gaya belajar mereka, dan siapa yang akan melakukan pelatihan.
- Analisis kerja. Analisis dari tugas-tugas yang dilakukan. Ini adalah analisis tentang pekerjaan dan persyaratan untuk melakukan pekerjaan. Juga dikenal sebagai analisis tugas atau pekerjaan analisis, analisis ini berusaha untuk menentukan tugas pokok dan tingkat keterampilan yang diperlukan. Ini akan membantu memastikan bahwa pelatihan yang dikembangkan akan berisi link yang relevan dengan isi pekerjaan.
- Analisis konten. Analisis dokumen, hukum, prosedur yang digunakan pada pekerjaan. Analisis ini menjawab pertanyaan tentang pengetahuan atau informasi apa yang digunakan pada pekerjaan ini.. Informasi ini berasal dari manual, dokumen, atau peraturan. Adalah penting bahwa isi dari pelatihan tidak bertentangan atau bertentangan dengan persyaratan pekerjaan. Pekerja yang berpengalaman dapat membantu (sebagai ahli materi subjek) dalam menentukan konten yang sesuai.

2. a. kebutuhan adalah hal-hal yang menjadi keharusan untuk dimiliki oleh seseorang baik secara fisik maupun non fisik dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.
b. Dengan melakukan identifikasi kebutuhan dalam membuat suatu program maka akan dapat diketahui hal-hal apa saja yang menjadi kebutuhan dalam membuat suatu program. Hal-hal tersebut kemudian dipersiapkan dalam rangka pelaksanaan program
c. Model dalam melakukan identifikasi kebutuhan yaitu :
(1)    Model Eksternal. Kebutuhan diklat pada model ini dilihat dari luar organisasi. Aktivitas dimulai dengan melihat manfaat dari hasil didik bagi masyarakat atau organisasinya.
(2)    Model Internal. Kebutuhan diklat pada model ini dilihat dari dalam organisasi. Aktivitas dimulai dengan analisis kesenjangan antara tingkah laku dan keberhasilan pegawai dalam melaksanakan tugas, dibandingkan dengan tujuan dan sasaran yang telah ditentukan.
(3)    Model Gabungan. Model ini mengacu pada model sistem organisasi bahwa sesuatu terjadi di dalam organisasi tidak dapat lepas dari apa yang terjadi di luar organisasi (lingkungan eksternal mempengaruhi lingkungan internal).

3. Pelatihan dilihat dari Kebutuhan individu karena adanya suatu kegiatan pelatihan melibatkan individu-individu sebagai peserta pelatihan. Berkaitan dengan siapa dan jenis diklat apa yang diperlukan. Kebutuhan Diklat tingkat individu dapat disusun dengan mempergunakan TNA Tool (Training Needs Assessment), yakni dengan membandingkan kesenjangan standar kompetensi dalam jabatan terhadap kompetensi yang dimiliki oleh seorang PNS yang bekerja dalam unit jabatan tersebut. Suatu pelatihan juga dilihat dari institusi/tempat kerja dari peserta pelatihan. Misalnya peserta pelatihan berasal dari institusi perbankan, maka yang dibutuhkan adalah informasi atau keterampilan yang ada hubungannya dengan perbankan.

4. Rencana Identifikasi Kebutuhan Pelatihan
a. Jenis Pelatihan : Pelatihan Menyanyi
b. Latar belakang : adanya kebutuhan akan kemampuan untuk melatih menyanyi bagi para guru anak usia dini khususnya dalam rangka memberikan materi menyanyi bagi anak usia dini di lingkungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam rangka meningkatkan kemampuan seni anak.
c. Sasaran pelatihan : Yang menjadi sasaran pelatihan adalah Guru PAUD.
d. Kegiatan : Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan berupa pelatihan Menyanyi
e. Jenis dan Sumber informasi :
jumlah peserta, waktu pelaksanaan, materi, Sumber informasi : Dinas Pendidikan dan IGTKI
f. Teknik Pengumpulan Data dan Penilaian Informasi :
Teknik Pengumpulan data : Observasi Penilaian informasi : Primer dan Sekunder
g. Jadwal Pelaksanaan :
Adapun jadwal pelaksanaan pelatihan pada saat hari non efektif sekolah.
h. Biaya : Biaya menjadi faktor yang harus diperhatikan dalam melaksanakan pelatihan. Biaya yang diperlukan diantaranya biaya material berupa perlengkapan dan peralatan, biaya honor tutor/instruktur pelatihan dan biaya lainnya.
i. Pelaporan : Setelah kegiatan identifikasi kebutuhan  pelatihan dilaksanakan dibuatlah suatu pelaporan yang diajukan kepada berbagai pihak yang berkaitan dengan program pelatihan yang akan dilaksanakan seperti dinas pendidikan, IGTKI dan Lembaga PAUD.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts