RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 3
Satuan
Pendidikan :
Mata
Pelajaran : Sosiologi
Kelas/
Semester : XI/ Ganjil
Tema : Pembentukan
Kelompok Sosial
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Kompetensi
1.1.
Memperdalam
nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung
tinggi keharmonisan.dalam kehidupan
1.1.1.
Siswa mampu keberagaman
agama dalam kehidupan sosial budaya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.2.
Menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki tanggungjawab publik dalam ranah perbedaan
sosial
2.2.1. Siswa mampu menunjukkan perilaku kesadaran
untuk memiliki tanggung jawab public dalam ranah perbedaan social
2.3.Menunjukkan sikap
toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial
2.3.1. Siswa mampu menunjukkan
sikap toleransi dan empati social terhadap perbedaan social
3.1.
Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut
pandang dan pendekatan sosiologis
3.1.1.
Siswa mampu menjelaskan
berbagai bentuk kelompok social tidak teratur berupa kerumunan
4.1.
Menalar
tentang terjadinya pengelompokan social di masyarakat dari sudut pandang dan
pendekatan sosiologis
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Mampu mensyukuri keberagaman
agama dalam kehidupan sosial budaya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa
2.
Mampu menunjukkan perilaku
kesadaran untuk memiliki tanggung jawab public dalam ranah perbedaan social
3.
Mampu menunjukkan sikap toleransi
dan empati social terhadap perbedaan social
4.
Mampu menjelaskan berbagai bentuk
kelompok social tidak teratur berupa kerumunan
D.
Materi
Fakta:
1.
Kelompok sosial tidak teratur yang ada dalam
masyarakat
2.
Ciri-ciri kelompok sosial
Konsep:
Kelompok social tidak
teratur adalah kelompok social yang
secara teknis tidak terorganisir
Prinsisp:
Kelompok social tidak
teratur diklasifikasikan kedalam 3 macam, yaitu:
Kerumunan
Kerumunan adalah
kelompok social tidak teratur yang disebabkan karena adanya kesamaan
kepentingan yang bersifat sementara
Publik
Publik adalah kelompok
social tidak teratur yang tidak berada pada tempat yang sama tetapi memiliki
minat yang sama
Massa
Massa adalah kelompok
social tidak teratur yang merupakan ciri dari masyarakat modern
E. Langkah-langkah pebelajaran
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
b.
Kegiatan Inti (100 menit)
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
Kegiatan
|
Deskripsi/Kegiatan
|
AlokasiWaktu
|
Pendahu-luan
|
1.
Guru menanyakan kabar dan
memeriksa kehadiran siswa serta kesiapan ruang belajar
2.
Guru memberi motivasi kepada
siswa untuk kegiatan belajar mengajar melalui sebuah lagu supporter persibo
3.
Siswa bersama dengan guru
mengulas materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
4.
Siswa memahami tujuan
pembelajaran melalui pemaparan guru
5.
Guru menyampaikan materi yang
akan dipelajari pada hari itu yaitu tentang kelompok social tidak teratur
Kerumunan
|
10
menit
|
Inti
|
Mengamati:
Siswa
mengamati video tentang bencana tsunami, kebakaran, dan sekumpulan orang yang
antri beli tiket kereta api
Menanya:
Perwakilan siswa membuat
pertanyaan yang berkaitan dengan video yang ditayangkan oleh Guru
Mengeksplorasi:
Siswa
bersama dengan Guru mempelajari materi tentang kelompok social tidak teratur
kerumunan
Mengasosiasi:
Siswa
diberi tugas secara tertulis tentang kelompok social tidak teratur
Mengomunikasikan
Siswa
diminta untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya untuk diberi penilaian
|
70
menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dibantu guru melakukan
refleksi dengan mereview bagian yang perlu mendapat penjelasan lebih lanjut.
2.
Siswa mendapatkan umpan balik
dari Guru berupa penghargaan terhadap hasil kerja siswa
3.
Siswa mendapat tugas untuk
mempelajari tentang kelompok social teratur dan kelompok social tidak teratur
public dan massa
4.
Guru menginformasikan kepada
siswa rencana materi pelajaran selanjutnya tentang kelompok social tidak
teratur public dan massa
|
10
menit
|
I.Penilaian
Tehnik dan
Bentuk Instrumen
Tehnik
|
Bentuk
Instrumen
|
Observasi
Tes Tulis
|
Lembar
pengamatan dan rubric
Tes uraian
tentang kelompok social tidak teratur
|
Penilaian Pengamatan
No
|
Nama Siswa
|
Aktif
|
Pemahaman
|
Menemukan poin penting
|
Skor
|
Nilai
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
|
|
|
|
|
|
14.
|
|
|
|
|
|
|
15.
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
|
|
|
|
|
|
17.
|
|
|
|
|
|
|
18.
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
|
|
|
|
|
|
20.
|
Dst
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Nilai:
4 : Baik sekali
3 : Baik
2 :Cukup
1 : Kurang
Nilai = ∑ skor perolehan
X 100
Skor maksimal
F.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
Artikel berbagai
media massa
Foto-foto
tentang kelompok social
Buku Sosiologi
Esis Kelas XI SMA/MA Hal. 1-18
Media massa
Masyarakat
sekitar
No comments:
Post a Comment