Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, April 14, 2020

Kelompok Bermain



         Kelompok bermain adalah salah satu bentuk PAUD pada jalur pendidikan non formal yang menyelenggarakan program pendidikan sekaligus program kesejahteraan bagi anak usia 2 sampai dengan 4 tahun. Peserta didik di Kelompok Bermain diprioritaskan bagi anak usia 2 s/d 4 tahun dengan jumlah anak sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) anak. Selain daripada itu anak usia 5 s/d 6 tahun yang karena sesuatu hal (terpaksa) tidak mendapat kesempatan terlayani di lembaga PAUD formal dapat dilayani di Kelompok Bermain dengan jumlah minimal 10 anak.
Menurut bab 4 pasal 28 ayat 1 sampai 5 Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa:
  1. Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar.
  2. Pendidikan anak usia dini diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, non formal dan atau informal.
  3. Pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal berbentuk TK, RA, atau bentuk lain yang sederajat.
  4. Pendidikan anak usia dini jalur pendidikan nonformal berbentuk kelompok belajar, tempat penitipan anak atau bentuk lain yang sederajat. Bentuk Pendidikan Anak Usia Dini antara lain:
1)       TPA, merupakan layanan penitipan anak intensif karena dilakukan setengah hari atau sehari penuh dan setiap hari
2)       KB (Kelompok Bermain), merupakan layanan semi intensif karena di laksanakan 3-6 kali/minggu.
Tujuan penyelenggaraan Kelompok Bermain adalah untuk menyediakan pelayanan pendidikan, gizi, dan kesehatan anak secara holistik dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak sesuai dengan potensi anak yang dilaksanakan sambil bermain. Salah satu tujuan lainnya adalah untuk mengembangkan komunikasi dalam kemampuan berbahasa (Sujiono, 2009:23).

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts