Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Monday, April 6, 2020

Konsep Penting Dalam Evolusi


Konsep Penting Dalam Evolusi
Sebagai ilmu pengetahuan, entah disebut sebagai teori ataupun hipotesis, evolusi meliputi konsep-konsep esensial (pokok, penting), yaitu :
1.    Perubahan evolusi adalah perubahan komposisi genetik suatu populasi pada satuan waktu tertentu.
2.    Alam berfungsi sebagai “pengarah” dalam proses evolusi populasi makhluk hidup.
3.    Faktor (atau juga sering disebut sebagai agen) terpenting dalam proses evolusi adalah Seleksi Alam.
4.    Bentuk-bentuk (manifestasi) respons makhluk hidup terhadap seleksi alam adalah :
a.    Adaptasi organisme
b.    Perubahan komposisi genetik suatu populasi sesuai dengan kondisi lingkungan yang cocok dengan alel yang tersedia.
c.    Ada beberapa mekanisme dalam perubahan evolutif, yang dikenal sebagai isolasi (keterpisahan) dalam populasi jenis makhluk hidup, antara lain dikenal konsep isolasi : geografik, reproduksi,dan perilaku, serta akibat-akibat yang menyertainya.
d.    Terbentuk spesies baru.
5.    Kehidupan di muka bumi berubah dari waktu ke waktu, ada yang muncul dan ada yang punah.
6.    Organisme sekarang mempunyai sejarah dan hubungan dengan organisme yang hidup di masa lampau.



Sejarah Tahap Perkembangan Teori  Evolusi
Selama perjalanan teori evolusi, sejak pertama kali digagas sampai sekarang, telah mengalami tahapan-tahapan penting. Pada hakekatnya apa yang telah digagas dan dikembangkan oleh para pakar evolusi itu selalu menampilkan pemikiran yang bersifat :
1.    Sebagai upaya untuk menjelaskan fakta-fakta dan memadukannya dengan konsep esensial dalam teori evolusi, sehingga teori evolusi terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu demikian juga dengan konsep-konsepnya.
2.    Teori evolusi tidak bertentangan dengan agama manapun di dunia
3.    Teori evolusi modern dapat menjelaskan proses-proses yang terjadi/ mungkin terjadi pada masa lampau, meskipun sebagian masih bersifat hipotetik, namun selalu didasarkan pada fakta (fenomena) dan asumsi-asumsi yang kuat.
Meskipun teori evolusi selalu diasosiasikan dengan Charles Darwin, namun sebenarnya biologi evolusioner telah berakar sejak zaman Aristoteles. Darwin adalah ilmuwan pertama peletak dasar-dasar ilmiah teori evolusi, karena telah banyak terbukti mapan menghadapi pengujian ilmiah. Sampai saat ini. Konsep utama teori Darwin mengenai evolusi adalah tentang seleksi alam yang dianggap oleh mayoritas komunitas sains sebagai teori terbaik dalam menjelaskan peristiwa evolusi.
Tahap perkembangan teori Evolusi dibedakan menjadi tiga besar : (1) Masa Pra-Darwin, (2) Masa Darwin, dan (3) Masa Pasca-Darwin

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts