RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ………………………..
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VII / 1
Pelajaran : 2. This is me
Pertemuan ke : 7-14
Alokasi waktu : 16 JP
A. MATERI POKOK
• Memberi dan
meminta informasi terkait jati diri
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu berkomunikasi secara
dan tertulis terkait
• Identitas diri
• Hobi dan Kesukaan
• Anggota keluarga
C. KOMPETENSI INTI
3.
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
D. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.2
|
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan
teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi
dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan
konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosakata terkait
hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive).
|
4.2
|
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan
sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati
diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.
|
|
•
Berkomunikasi dengan
tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri.
• Bermain peran dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri
•
Menyalin
pesan terkait tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri
secara bermakna, dalam format yang
sesuai, dengan ejaan, penggunaan huruf besar, dan tanda baca yang benar
dengan tulisan tangan yang jelas dan rapi.
•
Melakukan drill tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri.
•
Mengisi kalimat rumpang terkait tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri.
•
Menyusun teks
ungkapan terkait tindakan memberi dan meminta
informasi terkait jati diri.
|
E. MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran meliputi Sikap,
Pengetahuan dan Keterampilan
dengan perincian sebagai berikut :
Sikap:
•
Jujur, disiplin,
tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri
Pengetahuan:
Melakukan
komunikasi lisan dan tulis untuk mengomunikasikan jati dirinya dengan pendek
dan sederhana, termasuk nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota
keluarganya.
•
Fungsi sosial
Berkenalan, memperkenalkan diri
sendiri/orang lain.
•
Struktur teks
Memulai, Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
•
Unsur kebahasaan
ü Sebutan anggota keluarga inti dan yang lebih luas, serta
orang-orang dekat lainnya.
ü Verb: be, have, go, work,
live (dalam simple present tense).
ü Subjek pronoun: I,
You, We, They, He, She, It.
ü Kata ganti possessive my, your,
his, dan sebagainya.
ü
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
•
Topik
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian
dari keluarga: ayah, ibu, kakak, adik,yang dapat menumbuhkan perilaku yang
termuat di KI.
Keterampilan:
•
Komunikasi lisan dan tulisan terkait jati
diri dengan pendek dan sederhana, termasuk nama, asal, alamat, kesenangan, dan
anggota keluarganya
F. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode
|
Check
|
Metode
|
Check
|
Simulasi
|
V
|
Pemberian tugas
|
V
|
Sosiodrama
|
|
Tanya jawab
|
V
|
Demontrasi
|
V
|
Diskusi
|
V
|
Latihan (drill)
|
V
|
Ceramah
|
V
|
Karyawisata
|
|
Cerita
|
V
|
G. MEDIA PEMBELAJARAN
• Media Audio
Visual, White Board, Boardmarker, PPT
Powerpoint by:Mr.A, pemutar suara, video.
H. SUMBER BELAJAR
• Buku Siswa.
• Buku Guru
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
• Guru datang
tepat waktu
•
Mengucapkan salam dengan ramah
kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
•
Berdoa sebelum membuka pelajaran
•
Guru memperkenalkan diri kepada
siswa.
•
Memeriksa kebersihan kelas
kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk siswa disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
•
Memeriksa kehadiran
siswa
•
Mendoakan siswa yang tidak hadir karena
sakit atau karena halangan lainnya
•
Memastikan bahwa setiap siswa datang
tepat waktu
•
Menegur siswa yang
datang terlambat dengan sopan
•
Menyiapkan materi
ajar, media/alat peraga/alat bantu.
•
Menyiapkan fisik
dan psikis siswa mengikuti pelajaran/ mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan
•
Melaksanakan
Apersepsi (Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari)
•
Mendiskusikan
kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan
kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan.
•
Menyampaikan garis
besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan sesuai silabus/kesiapan
bahan ajar
•
Menyampaikan
lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
•
Memotivasi siswa
dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini
•
Kegiatan pembukaan
ini dilaksanakan secara lisan, mengintegrasikan kegiatan menyimak dan
berbicara, untuk memberikan kesempatan kepada siswa berinteraksi lisan secara
wajar, dengan guru sebagai model dan pengarah. Tujuannya adalah agar siswa
memahami latar belakang dan tujuan menguasai kemampuan mendeskripsikan tentang
diri sendiri, termasuk menyebutkan nama, asal, alamat, hobi, dan anggota
keluarganya.
•
Guru mengarahkan
perhatian siswa pada gambar di halaman pertama bab ini, yaitu Edo yang sedang
melambaikan tangannya dengan muka berseri-seri, seolah sedang menunjukkan jati
dirinya sebagai orang Papua. Perilaku yang menunjukkan keterbukaan seperti itu
akan membuat orang lain ingin mengenalnya, bukan hanya tahu namanya.
Di
latar depan, tertera tujuan pembelajaran bab ini:
We
will learn to share and inquire about each other, including:
Ø our
identities
Ø our
hobbies and what we like
Ø the
members of our family
•
Guru mengajak siswa
memperhatikan isi halaman tersebut, dengan menanyakan beberapa pertanyaan
pengarah, yang diperlukan agar siswa berpartisipasi aktif untuk memahami
gambar.
Ø The
title of this chaper is ... [tunggu sampai siswa menyebutkan] ... ‘This is me”
What does it mean? ... What does it mean? In bahasa Indonesia? ... What is
bahasa Indonesia, This is me? ... Okay. Inilah jati diri saya.
Ø Why
do you think people need to know who you are? Do you know who you are? Who are
you? ... Siapa Anda? Kamu siapa? Who are you? What would you say when someone
ask you, who are you? What is your answer? ... Apa jawabnya? (biasanya siswa
akan cenderung langsung menyebut namanya). ... Okay, you mention your name.
Anda menyebutkan nama Anda. Apakah orang sudah tahu tentang Anda. ... Siapa
Yuni itu? ... Who is Yuni? ... Right. Nama saja tidak cukup.
Ø What
do you know about you? You know your name, of course. What else? ... What do
you think other people want to know about you? Who is Yuni? ... Yuni itu yang
orang Sunda itu. Atau yang orang Bima itu, dan seterusnya. You have to know
where you are from. ... Your nenek moyang. Your origin. Where your parents come
from. ... Okay, we are all from Indonesia. But you can also say, we are from
Aceh, ... from Northn Sumatera, .. from Kendari, .. from Halmahera, from
Banten, and so on...
Ø What
else is important about you? ... What else is important about you? ... Apa lagi
yang orang harus tahu tentang Anda? Okay, ... alamat. Right. People need to
know where you live. Your home address. ... I live in ... RT 1. I live on Jalan
Muria. I live in Kupang. I live in Jayapura. And so on.
Ø Other
people also want to know your family. They want to know who your father is. ...
Your father. Your dad. ... your mother. ... Your mom. ... Who else? ... Who
else? ... Okay. Your sister. Your younger sister ... Your elder sister. Who
else? ... Right. Your brother. ... Your little brother. ... Your baby brother
... Your big brother ...
•
Guru menyebutkan setiap kalimat secara
jelas, tidak
terlalu cepat, dan berulang-ulang, terutama ketika mengucapkan
kata-kata penting yang terkait. Seperti contoh di atas, guru memberikan jeda untuk memberi
kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi.
•
Guru mengulang-ulang kegiatan sampai guru yakin siswa telah
benar-benar menyadari bahwa kegiatan apapun yang akan siswa lakukan nanti bertujuan untuk mencapai fungsi sosial (mendeskripsikan
tentang diri sendiri, termasuk menyebutkan nama, asal, alamat, hobi, dan
anggota keluarganya).
•
Setelah itu guru
langsung menyebutkan tujuan pembelajaran dalam bab ini. Misalnya,
Ø Look,
everybody. It is written here that we are going to learn to ... (siswa diminta
untuk membaca bersama guru tujuan yang tertera di halaman tersebut) ...to share
and inquire about each other ... including ... termasuk ... (dan seterusnya
sampai siswa membaca semua dan yang lebih penting lagi memahami rincian apa
saja yang akan dipelajari).
Ø Why
do we need to do it?
Ø Why
do we need to ... tell other people about ourselves? To ... (siswa diminta
untuk membaca bersama guru tujuan yang tertera di halaman tersebut) ... in
order to to know each other. What for? Allright. To keep a good personal
relationship with each other. With our teachers, our friends, etc.
•
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan
hal-hal yang belum dipahami.
•
Guru memberikan
jawaban dan balikan, sehingga akan meningkatkan kecermatan pengamatan siswa terhadap ciri khas teks.
Kegiatan Inti
Mengamati dan
Menanya
•
Guru
membimbing siswa membacakan jati diri singkat secara bermakna
•
Guru
membimbing siswa membacakan jati diri dengan menyebutkan alamat dengan
preposisi at, on, in
Mengumpulkan informasi/Mencoba
•
Siswa mempresentasikan
jati diri singkat masing-masing
Mengamati dan Menanya
•
Guru membimbing
siswa bermain
peran, saling bertanya jawab tentang nama, asal, dan alamat
•
Guru memberikan contoh memeragakan secara lisan teks terkait memberi dan meminta informasi
terkait jati diri termasuk
nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga, secara lancar dengan intonasi yang benar, penempatan jeda
yang tepat, dan dengan ucapan yang jelas, tepat, dan dengan tekanan kata yang
benar.
•
Siswa menirukan guru secara klasikal dan bergantian secara
kelompok dan individu, secara
bergantian dan berulang,
sampai siswa dapat memainkan peran secara bermakna, bukan dengan membaca.
Mengumpulkan informasi/Mencoba
•
Siswa bertanya jawab tentang nama, asal, dan
alamat masing-masing
•
Siswa mengeja
nama
•
Siswa merancang kartu identitas dwi bahasa
(Indonesia dan Inggris)
Mengamati dan Menanya
•
Guru
membimbing siswa menyebutkan hobi dan
hal-hal
yang disukai
Mengumpulkan informasi/Mencoba
•
Siswa menyebutkan
anggota keluarga, nama, sekolah dan pekerjaannya
•
Siswa menyebutkan
anggota keluarga masing-masing, nama, sekolah dan pekerjaannya
NAME : Anugrah
The members of
the family:
Father : Mr. Rajali
Work: a teacher
Mother: Mrs. Kurnia
Work: a nurse
Elder/big brother: Hasan
School: SMA Perjuangan
Little sister: Rizkia
Kindergarten (kindy)
|
NAME : Fredy
The members of
the family:
Father : Mr. Henry
Work: a farmer
Mother: Mrs. Yulia
Work: a housewife
Younger sister: Elsa
School: SMA Perjuangan
Little brother: Erick
Playgroup
|
Menalar/Mengasosiasi
•
Siswa berlatih memainkan peran secara kolaboratif dalam
kerja kelompok masing-masing atas teks terkait memberi dan meminta informasi terkait jati diri termasuk nama, asal, alamat dengan preposisi at, on, in, kesenangan, dan anggota
keluarga, agar siswa dapat saling membantu dan saling memberikan balikan atau
koreksi. Guru memastikan siswa tidak membaca.
Mengomunikasikan
•
Guru membuat proyek
dengan judul “This
is me!”.
•
Guru memastikan bahwa semua siswa tidak membaca dan juga
memahami dengan baik isi pesannya, setidaknya dari intonasi dan bahasa tubuh
yang digunakan ketika mengucapkan.
Menalar/Mengasosiasi
•
Siswa menyalin pesan terkait memberi dan meminta informasi terkait jati diri termasuk nama, asal, alamat,
kesenangan, dan anggota keluarga
yang diminta dalam buku catatan atau kertas terpisah secara bermakna, dalam format yang sesuai,
dengan ejaan, penggunaan huruf besar, dan tanda baca yang benar. Tulisan tangan
harus jelas dan rapi.
Mengomunikasikan
•
Siswa melaksanakan penilaian sejawat (peer evaluation), saling membantu menunjukkan kesalahan, memberi masukan,
dan saling mengoreksi. Fokus pada kelengkapan kata, ejaan, penggunaan huruf
besar, dan penggunaan tanda baca.
Mengumpulkan
informasi/Mencoba
•
Guru membacakan teks secara interaktif terkait memberi dan meminta informasi
terkait jati diri termasuk
nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga agar siswa menyimak dengan terlibat aktif dan cermat dalam
membangun makna. Pembacaan dilakukan secara bermakna, lantang, jelas dan benar,
dengan mata menatap pada siswa secara merata.
Menalar/Mengasosiasi
•
Keterlibatan aktif siswa bervariasi, misalnya menjawab
pertanyaan guru, bertanya, menirukan, memberikan komentar, meminta mengulang,
dan sebagainya sesuai dengan sifat teks yang dibacakan.
•
Guru memulai dengan mengajak siswa membaca situasi secara cermat
agar mereka mendapatkan pemahaman yang lengkap dan benar.
•
Kemudian siswa bekerja sama untuk menentukan
pernyataan/pertanyaan yang tepat. Setelah percakapan lengkap, siswa bermain
peran
•
Setiap siswa menuliskan keseluruhan percakapan terkait memberi dan meminta informasi
terkait jati diri termasuk
nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga dalam buku catatan atau pada selembar kertas dengan cara
tulis tangan atau dengan komputer.
•
Guru membimbing siswa melaksanakan
drill untuk memberi dan meminta informasi
terkait jati diri termasuk
nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga.
Mengomunikasikan
•
Untuk melaksanakan kegiatan ini,
guru menggunakan
teknik ‘memandu melaksanakan drill.
Kegiatan drill terdiri dari tiga fase,
yaitu (1) stimulus,
(2) respons,
dan (3) reinforcement.
Mengumpulkan
informasi/Mencoba
•
Siswa bekerja dengan kelompoknya mengidentifikasi setiap
unit makna kalimat
terkait memberi dan meminta
informasi terkait jati diri termasuk
nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga.
Menalar/Mengasosiasi
•
Dalam buku catatan atau kertas terpisah, bukan dalam
buku teks, siswa menuliskan kalimat-kalimatnya, dalam format yang sesuai,
dengan ejaan, penggunaan huruf besar, dan tanda baca yang benar dengan tulisan tangan yang
jelas dan rapi.
Mengomunikasikan
•
Siswa melaksanakan penilaian sejawat (peer evaluation), saling membantu menunjukkan kesalahan, memberi masukan,
dan saling mengoreksi. Fokus pada kebermaknaan, ejaan, penggunaan huruf besar,
dan penggunaan tanda baca.
•
Siswa melakukan refleksi dengan mengerjakan tugas mengisi bagian-bagian kalimat yang
dirumpangkan terkait memberi dan meminta informasi
terkait jati diri termasuk
nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga.
•
Guru meminta setiap kelompok melaporkan hasil
refleksinya. Kemudian memberikan balikan dan mengarahkan pada kunci jawaban
yang diberikan di Buku Guru.
Kegiatan Penutup
• Guru
bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri
membuat rangkuman/simpulan pelajaran
• Guru
bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah
dilaksanakan
• Guru
bersama-sama dengan siswa memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
• Guru melakukan
penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan
terprogram
• Guru
memberikan tugas untuk diselesaikan di rumah
• Guru
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program
pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual
maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar siswa
• Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
• Guru
mengakhiri pelajaran dengan membaca doa
• Guru
mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.
J.
PENILAIAN, PEMBELAJARAN
REMEDIAL dan PENGAYAAN
Penilaian
Pengetahuan
Penilaian aspek pengetahuan didasarkan pada rumusan KD
yang termasuk dalam KI-3, yang mencakup pengetahuan tentang (1) fungsi sosial
atau tujuan komunikatif, (2) keruntutan teks, dan (3) unsur kebahasaan.
Contoh Tabel Penilaian Aspek Pengetahuan
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
||
1
|
Tujuan
Komunikatif
|
Sangat memahami
|
5
|
4
|
||
Memahami
|
4
|
3
|
||||
Cukup memahami
|
3
|
2
|
||||
Kurang memahami
|
Hampir tidak memahami
|
2
|
1
|
|||
Tidak memahami
|
1
|
|
||||
2
|
Keruntutan
Teks
|
Struktur teks yang digunakan
sangat runtut
|
5
|
4
|
||
Struktur teks yang digunakan runtut
|
4
|
3
|
||||
Struktur teks yang digunakan
cukup runtut
|
3
|
2
|
||||
Struktur teks yang digunakan kurang runtut
|
Struktur teks yang digunakan hampir tidak runtut
|
2
|
1
|
|||
Struktur teks yang digunakan tidak runtut
|
1
|
|
||||
3
|
Pilihan
Kosakata
|
Sangat variatif dan tepat
|
5
|
1
|
||
Variatif dan tepat
|
4
|
3
|
||||
Cukup variatif dan tepat
|
3
|
2
|
||||
Kurang variatif dan tepat
|
Hampir tidak variatif dan tepat
|
2
|
1
|
|||
Tidak variatif dan tepat
|
1
|
|
||||
4
|
Pilihan Tata
Bahasa
|
Pilihan tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
|
||
Pilihan tata bahasa tepat
|
4
|
3
|
||||
Pilihan tata bahasa cukup
tepat
|
3
|
2
|
||||
Pilihan tata bahasa kurang tepat
|
Pilihan tata bahasa hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
|||
Pilihan tata bahasa tidak tepat
|
1
|
|
||||
Penilaian keterampilan
Contoh Format Penilaian Presentasi/Monolog
Nama siswa: ________ Kelas:
_____
No
|
Aspek yang dinilai
|
Baik
|
Kurang Baik
|
1
|
Organisasi presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)
|
|
|
2
|
Isi presentasi (kedalaman, logika)
|
|
|
3
|
Kemahiran Berbahasa
|
|
|
4
|
Bahasa:
|
|
|
|
ucapan
|
|
|
|
tatabahasa
|
|
|
|
perbendaharaan kata
|
|
|
5
|
Penyajian (tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)
|
|
|
Skor yang dicapai
|
|
||
Skor maksimal
|
10
|
Keterangan :
Baik mendapat skor 2
Kurang baik mendapat skor 1
Contoh Rubrik untuk Penilaian Unjuk Kerja
No
|
Kriteria
|
Keterangan
|
|
1
|
Melakukan
Observasi
|
1
|
Tidak jelas pelaksanaannya
|
2
|
Beberapa kegiatan jelas dan terperinci
|
||
3
|
Semua kegiatan jelas dan terperinci
|
||
2
|
Role Play
|
1
|
Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
|
2
|
Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
|
||
3
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
|
||
3
|
Simulasi
|
1
|
Fungsi social kurang tercapai, ungkapan
dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
2
|
Fungsi social kurang tercapai, ungkapan
dan unsur kebahasaan kurang tepat
|
||
3
|
Fungsi social tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan
tepat
|
||
4
|
Presentasi
|
1
|
Tidak lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide
presentasi
|
2
|
Lancar, topik jelas, dan menggunakan slide
presentasi namun kurang menarik
|
||
3
|
Sangat lancar, topic jelas, menggunakan slide
presentasi yang menarik
|
||
5
|
Melakukan
Monolog
|
1
|
Membaca teks, fungsi social kurang
tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang
tepat, serta tidak lancar
|
2
|
Lancar, fungsi sosial tercapai, struktur
dan unsur kebahasaan tepat dan kalimat berkembang,
serta ada transisi
|
||
3
|
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur
lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat berkembang,
serta ada transisi
|
Ket : 1 = Terbatas, 2 = Memuaskan, 3 = Mahir
Contoh Penilaian Portofolio
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Alokasi Waktu : 1 Semester
Sampel yang dikumpulkan :
karangan
Nama Siswa :
______________ Kelas :_________
No
|
KD
|
Periode
|
Contoh aspek yang dinilai
|
Catatan siswa
|
|||
Tata
bahasa
|
Perbenda-haraan kata
|
Kelengka-pan gagasan
|
Sistema-tika
|
||||
1
|
Menulis
karangan
deskriptif
|
30/7
|
|
|
|
|
|
10/8
|
|
|
|
|
|
||
.... dst
|
|
|
|
|
|
||
2
|
Membuat
resensi
buku
|
1/9
|
|
|
|
|
|
30/9
|
|
|
|
|
|
||
.... dst
|
|
|
|
|
|
Contoh Penilaian untuk Kemampuan Menulis (Writing Skill)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
|||
1
|
Keaslian Penulisan
|
Sangat original
|
5
|
4
|
|||
Original
|
4
|
3
|
|||||
Cukup original
|
3
|
2
|
|||||
Kurang original
|
Hampir tidak original
|
2
|
1
|
||||
Tidak original
|
1
|
|
|||||
2
|
Kesesuaian isi dengan judul
|
Isi sangat sesuai dengan judul
|
5
|
4
|
|||
Isi sesuai dengan judul
|
4
|
3
|
|||||
Isi cukup sesuai dengan judul
|
3
|
2
|
|||||
Isi kurang sesuai dengan judul
|
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
|
2
|
1
|
||||
Isi tidak sesuai dengan judul
|
1
|
|
|||||
3
|
Keruntutan
Teks
|
Keruntutan teks sangat tepat
|
5
|
1
|
|||
Keruntutan teks tepat
|
4
|
3
|
|||||
Keruntutan teks cukup tepat
|
3
|
2
|
|||||
Keruntutan teks kurang tepat
|
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
|
2
|
1
|
||||
Keruntutan teks tidak tepat
|
1
|
|
|||||
4
|
Pilihan Kosakata
|
Pilihan kosakata sangat tepat
|
5
|
4
|
|||
Pilihan kosakata tepat
|
4
|
3
|
|||||
Pilihan kosakata cukup tepat
|
3
|
2
|
|||||
Pilihan kosakata kurang tepat
|
Pilihan kosakata
hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||||
Pilihan kosakata tidak tepat
|
1
|
|
|||||
5
|
Pilihan Tata Bahasa
|
Pilihan tata bahasa sangat tepat
|
5
|
4
|
|||
Pilihan tata bahasa tepat
|
4
|
3
|
|||||
Pilihan tata bahasa cukup
tepat
|
3
|
2
|
|||||
Pilihan tata bahasa kurang tepat
|
Pilihan tata bahasa hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||||
Pilihan tata bahasa tidak tepat
|
1
|
|
|||||
6
|
Penulisan Kosakata
|
Penulisan kosakata sangat tepat
|
5
|
4
|
|||
Penulisan kosakata tepat
|
4
|
3
|
|||||
Penulisan kosakata cukup tepat
|
3
|
2
|
|||||
Penulisan kosakata kurang tepat
|
Penulisan kosakata hampir tidak tepat
|
2
|
1
|
||||
Penulisan kosakata tidak tepat
|
1
|
|
|||||
7
|
Kerapihan Tulisan
|
Tulisan rapih dan mudah terbaca
|
5
|
4
|
|||
Tulisan tidak rapih tetapi
mudah terbaca
|
4
|
3
|
|||||
Tulisan tidak rapih dan tidak
mudah terbaca
|
3
|
2
|
|||||
Tulisan tidak rapih dan sulit terbaca
|
Tulisan tidak rapih dan hampir tidak terbaca
|
2
|
1
|
||||
Tulisan tidak rapih dan tidak terbaca
|
1
|
|
|||||
Contoh Penilaian untuk Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
|
Aspek yang dinilai
|
Kriteria
|
Skor 1-5
|
Skor 1-4
|
||
1
|
Pengucapan
(pronounciation)
|
Hampir sempurna
|
5
|
4
|
||
Ada beberapa kesalahan namun
tidak mengganggu
makna
|
4
|
3
|
||||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
2
|
||||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
|||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
1
|
|
||||
2
|
Intonasi
(intonation)
|
Hampir sempurna
|
5
|
4
|
||
Ada beberapa kesalahan namun
tidak mengganggu
makna
|
4
|
3
|
||||
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
|
3
|
2
|
||||
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
|
2
|
1
|
|||
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
|
1
|
|
||||
3
|
Kelancaran
(fluency)
|
Sangat lancar
|
5
|
1
|
||
Lancar
|
4
|
3
|
||||
Cukup lancar
|
3
|
2
|
||||
Kurang lancar
|
Sangat tidak lancar
|
2
|
1
|
|||
Tidak lancar
|
1
|
|
||||
4
|
Ketepatan makna
(accuracy)
|
Sangat tepat
|
5
|
4
|
||
Lancar
|
4
|
3
|
||||
Cukup tepat
|
3
|
2
|
||||
Kurang tepat
|
Sangat tidak tepat
|
2
|
1
|
|||
Tidak tepat
|
1
|
|
||||
Skala Penilaian
Berikut ini adalah skala penilaian menurut Permendikbud
no. 23 tahun 2016 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada
Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Rentang angka
|
Huruf
|
Sangat Baik (A)
|
86-100
|
Baik (B)
|
71-85
|
Cukup (C)
|
56-70
|
Kurang (D)
|
≤ 55
|
No comments:
Post a Comment