Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, April 25, 2020

RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7 SMS 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan :  ……………………….. 
Mata Pelajaran         :  Bahasa Inggris
Kelas / Semester      :  VII / 1
Pelajaran                   :  2. This is me
Pertemuan ke           :  7-14
Alokasi waktu         :  16 JP

A.   MATERI POKOK
      Memberi dan meminta informasi terkait jati diri

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu berkomunikasi secara dan tertulis terkait
      Identitas diri
      Hobi dan Kesukaan
      Anggota keluarga

C.    KOMPETENSI INTI
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

D.   KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
3.2
Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. Perhatikan unsur kebahasaan dan kosakata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective, objective, possessive).
4.2
Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks.

      Berkomunikasi dengan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri.
      Bermain peran dalam tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri
      Menyalin pesan terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri secara bermakna, dalam format yang sesuai, dengan ejaan, penggunaan huruf besar, dan tanda baca yang benar dengan tulisan tangan yang jelas dan rapi.
      Melakukan drill tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri.
      Mengisi kalimat rumpang terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri.
      Menyusun teks ungkapan terkait tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri.

E.     MATERI PEMBELAJARAN
Materi pembelajaran meliputi Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan dengan perincian sebagai berikut :

Sikap:
      Jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan percaya diri

Pengetahuan:
Melakukan komunikasi lisan dan tulis untuk mengomunikasikan jati dirinya dengan pendek dan sederhana, termasuk nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarganya.

        Fungsi sosial
Berkenalan, memperkenalkan diri sendiri/orang lain.
        Struktur teks
Memulai, Menanggapi (diharapkan/di luar dugaan)
        Unsur kebahasaan
ü  Sebutan anggota keluarga inti dan yang lebih luas, serta orang-orang dekat lainnya.
ü  Verb: be, have, go, work, live (dalam simple present tense).
ü  Subjek pronoun: I, You, We, They, He, She, It.
ü  Kata ganti possessive my, your, his, dan sebagainya.
ü  Ucapan, tekanan kata, intonasi, ejaan, tanda baca, dan tulisan tangan.
        Topik
Deskripsi diri sendiri sebagai bagian dari keluarga: ayah, ibu, kakak, adik,yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.

Keterampilan:
        Komunikasi lisan dan tulisan terkait jati diri dengan pendek dan sederhana, termasuk nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarganya

F.       PENDEKATAN & METODE
Pendekatan        : Scientific
Strategi               : Cooperative Learning
Teknik                : Example Non Example

Metode
Check
Metode
Check
Simulasi
V
Pemberian tugas
V
Sosiodrama

Tanya jawab
V
Demontrasi
V
Diskusi
V
Latihan (drill)
V
Ceramah
V
Karyawisata

Cerita
V
G.   MEDIA PEMBELAJARAN
      Media Audio Visual,  White Board, Boardmarker, PPT Powerpoint by:Mr.A, pemutar suara, video.

H.   SUMBER BELAJAR
      Buku Siswa.
      Buku Guru

I.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan
      Guru datang tepat waktu
        Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika memasuki ruang kelas
        Berdoa sebelum membuka pelajaran
        Guru memperkenalkan diri kepada siswa.
        Memeriksa kebersihan kelas kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk siswa disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
        Memeriksa kehadiran siswa
        Mendoakan siswa yang tidak hadir karena sakit atau karena halangan lainnya
        Memastikan bahwa setiap siswa datang tepat waktu
        Menegur siswa yang datang terlambat dengan sopan
        Menyiapkan materi ajar, media/alat peraga/alat bantu.
        Menyiapkan fisik dan psikis siswa mengikuti pelajaran/ mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan
        Melaksanakan Apersepsi (Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari)
        Mendiskusikan kompetensi yang sudah dipelajari dan dikembangkan sebelumnya berkaitan dengan kompetensi yang akan dipelajari dan dikembangkan.
        Menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar
        Menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
        Memotivasi siswa dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini
        Kegiatan pembukaan ini dilaksanakan secara lisan, mengintegrasikan kegiatan menyimak dan berbicara, untuk memberikan kesempatan kepada siswa berinteraksi lisan secara wajar, dengan guru sebagai model dan pengarah. Tujuannya adalah agar siswa memahami latar belakang dan tujuan menguasai kemampuan mendeskripsikan tentang diri sendiri, termasuk menyebutkan nama, asal, alamat, hobi, dan anggota keluarganya.
        Guru mengarahkan perhatian siswa pada gambar di halaman pertama bab ini, yaitu Edo yang sedang melambaikan tangannya dengan muka berseri-seri, seolah sedang menunjukkan jati dirinya sebagai orang Papua. Perilaku yang menunjukkan keterbukaan seperti itu akan membuat orang lain ingin mengenalnya, bukan hanya tahu namanya.
Di latar depan, tertera tujuan pembelajaran bab ini:
We will learn to share and inquire about each other, including:
Ø  our identities
Ø  our hobbies and what we like
Ø  the members of our family
        Guru mengajak siswa memperhatikan isi halaman tersebut, dengan menanyakan beberapa pertanyaan pengarah, yang diperlukan agar siswa berpartisipasi aktif untuk memahami gambar.
Ø  The title of this chaper is ... [tunggu sampai siswa menyebutkan] ... ‘This is me” What does it mean? ... What does it mean? In bahasa Indonesia? ... What is bahasa Indonesia, This is me? ... Okay. Inilah jati diri saya.
Ø  Why do you think people need to know who you are? Do you know who you are? Who are you? ... Siapa Anda? Kamu siapa? Who are you? What would you say when someone ask you, who are you? What is your answer? ... Apa jawabnya? (biasanya siswa akan cenderung langsung menyebut namanya). ... Okay, you mention your name. Anda menyebutkan nama Anda. Apakah orang sudah tahu tentang Anda. ... Siapa Yuni itu? ... Who is Yuni? ... Right. Nama saja tidak cukup.
Ø  What do you know about you? You know your name, of course. What else? ... What do you think other people want to know about you? Who is Yuni? ... Yuni itu yang orang Sunda itu. Atau yang orang Bima itu, dan seterusnya. You have to know where you are from. ... Your nenek moyang. Your origin. Where your parents come from. ... Okay, we are all from Indonesia. But you can also say, we are from Aceh, ... from Northn Sumatera, .. from Kendari, .. from Halmahera, from Banten, and so on...
Ø  What else is important about you? ... What else is important about you? ... Apa lagi yang orang harus tahu tentang Anda? Okay, ... alamat. Right. People need to know where you live. Your home address. ... I live in ... RT 1. I live on Jalan Muria. I live in Kupang. I live in Jayapura. And so on.
Ø  Other people also want to know your family. They want to know who your father is. ... Your father. Your dad. ... your mother. ... Your mom. ... Who else? ... Who else? ... Okay. Your sister. Your younger sister ... Your elder sister. Who else? ... Right. Your brother. ... Your little brother. ... Your baby brother ... Your big brother ...
        Guru menyebutkan setiap kalimat secara jelas, tidak terlalu cepat, dan berulang-ulang, terutama ketika mengucapkan kata-kata penting yang terkait. Seperti contoh di atas, guru memberikan jeda untuk memberi kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi.
        Guru mengulang-ulang kegiatan sampai guru yakin siswa telah benar-benar menyadari bahwa kegiatan apapun yang akan siswa lakukan nanti bertujuan untuk mencapai fungsi sosial (mendeskripsikan tentang diri sendiri, termasuk menyebutkan nama, asal, alamat, hobi, dan anggota keluarganya).
        Setelah itu guru langsung menyebutkan tujuan pembelajaran dalam bab ini. Misalnya,
Ø Look, everybody. It is written here that we are going to learn to ... (siswa diminta untuk membaca bersama guru tujuan yang tertera di halaman tersebut) ...to share and inquire about each other ... including ... termasuk ... (dan seterusnya sampai siswa membaca semua dan yang lebih penting lagi memahami rincian apa saja yang akan dipelajari).
Ø Why do we need to do it?
Ø Why do we need to ... tell other people about ourselves? To ... (siswa diminta untuk membaca bersama guru tujuan yang tertera di halaman tersebut) ... in order to to know each other. What for? Allright. To keep a good personal relationship with each other. With our teachers, our friends, etc.
        Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami.  
        Guru memberikan jawaban dan balikan, sehingga akan meningkatkan kecermatan pengamatan siswa terhadap ciri khas teks.

Kegiatan Inti
Mengamati dan Menanya
      Guru membimbing siswa membacakan jati diri singkat secara bermakna
      Guru membimbing siswa membacakan jati diri dengan menyebutkan alamat dengan preposisi at, on, in
Mengumpulkan informasi/Mencoba
      Siswa mempresentasikan jati diri singkat masing-masing
Mengamati dan Menanya
      Guru membimbing siswa bermain peran, saling bertanya jawab tentang nama, asal, dan alamat
        Guru memberikan contoh memeragakan secara lisan teks terkait memberi dan meminta informasi terkait jati diri termasuk nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga, secara lancar dengan intonasi yang benar, penempatan jeda yang tepat, dan dengan ucapan yang jelas, tepat, dan dengan tekanan kata yang benar.
        Siswa menirukan guru secara klasikal dan bergantian secara kelompok dan individu, secara bergantian dan berulang, sampai siswa dapat memainkan peran secara bermakna, bukan dengan membaca.
Mengumpulkan informasi/Mencoba
        Siswa bertanya jawab tentang nama, asal, dan alamat masing-masing
        Siswa mengeja nama
        Siswa merancang kartu identitas dwi bahasa (Indonesia dan Inggris)
Mengamati dan Menanya
      Guru membimbing siswa menyebutkan hobi dan hal-hal yang disukai
Mengumpulkan informasi/Mencoba
      Siswa menyebutkan anggota keluarga, nama, sekolah dan pekerjaannya
      Siswa menyebutkan anggota keluarga masing-masing, nama, sekolah dan pekerjaannya
NAME : Anugrah
The members of the family:
Father : Mr. Rajali
Work: a teacher

Mother: Mrs. Kurnia
Work: a nurse

Elder/big brother: Hasan
School: SMA Perjuangan

Little sister: Rizkia
Kindergarten (kindy)
NAME : Fredy
The members of the family:
Father : Mr. Henry
Work: a farmer

Mother: Mrs. Yulia
Work: a housewife

Younger sister: Elsa
School: SMA Perjuangan

Little brother: Erick
Playgroup

Menalar/Mengasosiasi
        Siswa berlatih memainkan peran secara kolaboratif dalam kerja kelompok masing-masing atas teks terkait memberi dan meminta informasi terkait jati diri termasuk nama, asal, alamat dengan preposisi at, on, in, kesenangan, dan anggota keluarga, agar siswa dapat saling membantu dan saling memberikan balikan atau koreksi. Guru memastikan siswa tidak membaca.
Mengomunikasikan
        Guru membuat proyek dengan judul “This is me!”.
        Guru memastikan bahwa semua siswa tidak membaca dan juga memahami dengan baik isi pesannya, setidaknya dari intonasi dan bahasa tubuh yang digunakan ketika mengucapkan.
Menalar/Mengasosiasi
        Siswa menyalin pesan terkait memberi dan meminta informasi terkait jati diri termasuk nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga yang diminta dalam buku catatan atau kertas terpisah  secara bermakna, dalam format yang sesuai, dengan ejaan, penggunaan huruf besar, dan tanda baca yang benar. Tulisan tangan harus jelas dan rapi.
Mengomunikasikan
        Siswa melaksanakan penilaian sejawat (peer evaluation), saling membantu menunjukkan kesalahan, memberi masukan, dan saling mengoreksi. Fokus pada kelengkapan kata, ejaan, penggunaan huruf besar, dan penggunaan tanda baca.
Mengumpulkan informasi/Mencoba
        Guru membacakan teks secara interaktif terkait memberi dan meminta informasi terkait jati diri termasuk nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga agar siswa menyimak dengan terlibat aktif dan cermat dalam membangun makna. Pembacaan dilakukan secara bermakna, lantang, jelas dan benar, dengan mata menatap pada siswa secara merata.
Menalar/Mengasosiasi
        Keterlibatan aktif siswa bervariasi, misalnya menjawab pertanyaan guru, bertanya, menirukan, memberikan komentar, meminta mengulang, dan sebagainya sesuai dengan sifat teks yang dibacakan.
        Guru memulai dengan mengajak siswa membaca situasi secara cermat agar mereka mendapatkan pemahaman yang lengkap dan benar.
        Kemudian siswa bekerja sama untuk menentukan pernyataan/pertanyaan yang tepat. Setelah percakapan lengkap, siswa bermain peran
        Setiap siswa menuliskan keseluruhan percakapan terkait memberi dan meminta informasi terkait jati diri termasuk nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga dalam buku catatan atau pada selembar kertas dengan cara tulis tangan atau dengan komputer.
        Guru membimbing siswa melaksanakan drill untuk memberi dan meminta informasi terkait jati diri termasuk nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga.
Mengomunikasikan
        Untuk melaksanakan kegiatan ini, guru menggunakan teknik ‘memandu melaksanakan drill. Kegiatan drill terdiri dari tiga fase, yaitu (1) stimulus, (2) respons, dan (3) reinforcement.
Mengumpulkan informasi/Mencoba
        Siswa bekerja dengan kelompoknya mengidentifikasi setiap unit makna kalimat terkait memberi dan meminta informasi terkait jati diri termasuk nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga.
Menalar/Mengasosiasi
        Dalam buku catatan atau kertas terpisah, bukan dalam buku teks, siswa menuliskan kalimat-kalimatnya, dalam format yang sesuai, dengan ejaan, penggunaan huruf besar, dan tanda baca yang benar dengan tulisan tangan yang jelas dan rapi.
Mengomunikasikan
        Siswa melaksanakan penilaian sejawat (peer evaluation), saling membantu menunjukkan kesalahan, memberi masukan, dan saling mengoreksi. Fokus pada kebermaknaan, ejaan, penggunaan huruf besar, dan penggunaan tanda baca.
        Siswa melakukan refleksi dengan mengerjakan tugas  mengisi bagian-bagian kalimat yang dirumpangkan terkait memberi dan meminta informasi terkait jati diri termasuk nama, asal, alamat, kesenangan, dan anggota keluarga.
        Guru meminta setiap kelompok melaporkan hasil refleksinya. Kemudian memberikan balikan dan mengarahkan pada kunci jawaban yang diberikan di Buku Guru.

Kegiatan Penutup
      Guru bersama-sama dengan siswa dan/atau sendiri  membuat rangkuman/simpulan pelajaran
      Guru bersama-sama dengan siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
      Guru bersama-sama dengan siswa memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran
      Guru melakukan penilaian terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram
      Guru memberikan tugas untuk diselesaikan di rumah
      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas, baik tugas individual maupun kelompok, sesuai dengan hasil belajar siswa
      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
      Guru mengakhiri pelajaran dengan membaca doa
      Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas.

J.        PENILAIAN, PEMBELAJARAN REMEDIAL dan PENGAYAAN
Penilaian Pengetahuan
Penilaian aspek pengetahuan didasarkan pada rumusan KD yang termasuk dalam KI-3, yang mencakup pengetahuan tentang (1) fungsi sosial atau tujuan komunikatif, (2) keruntutan teks, dan (3) unsur kebahasaan.

Contoh Tabel Penilaian Aspek Pengetahuan
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor 1-5
Skor 1-4

1

Tujuan
Komunikatif
Sangat memahami
5
4
Memahami
4
3
Cukup memahami
3
2
Kurang memahami
Hampir tidak memahami
2
1
Tidak memahami
1

2
Keruntutan
Teks
Struktur teks yang digunakan sangat runtut
5
4
Struktur teks yang digunakan runtut
4
3
Struktur teks yang digunakan cukup runtut
3
2
Struktur teks yang digunakan kurang runtut
Struktur teks yang digunakan hampir tidak runtut
2
1
Struktur teks yang digunakan tidak runtut
1

3
Pilihan
Kosakata
Sangat variatif dan tepat
5
1
Variatif dan tepat
4
3
Cukup variatif dan tepat
3
2
Kurang variatif dan tepat
Hampir tidak variatif dan tepat
2
1
Tidak variatif dan tepat
1

4
Pilihan Tata
Bahasa
Pilihan tata bahasa sangat tepat
5
4
Pilihan tata bahasa tepat
4
3
Pilihan tata bahasa cukup tepat
3
2
Pilihan tata bahasa kurang tepat
Pilihan tata bahasa hampir tidak tepat
2
1
Pilihan tata bahasa tidak tepat
1



Penilaian keterampilan
Contoh Format Penilaian Presentasi/Monolog
Nama siswa: ________        Kelas: _____
No
Aspek yang dinilai
Baik
Kurang Baik
1
Organisasi presentasi (pengantar, isi, kesimpulan)


2
Isi presentasi (kedalaman, logika)


3
Kemahiran Berbahasa


4
Bahasa:



ucapan



tatabahasa



perbendaharaan kata


5
Penyajian (tatapan, ekspresi wajah, bahasa tubuh)


Skor yang dicapai

Skor maksimal
10

Keterangan :
Baik mendapat skor 2
Kurang baik mendapat skor 1

Contoh Rubrik untuk Penilaian Unjuk Kerja
No
Kriteria
Keterangan

1

Melakukan
Observasi
1
Tidak jelas pelaksanaannya
2
Beberapa kegiatan jelas dan terperinci
3
Semua kegiatan jelas dan terperinci
2
Role Play
1
Membaca script, kosakata terbatas, dan tidak lancar
2
Lancar dan kosakata dan kalimat berkembang, serta ada transisi
3
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai
3
Simulasi
1
Fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang tepat
2
Fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang tepat
3
Fungsi social tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan tepat
4
Presentasi
1
Tidak lancar, topik kurang jelas, dan tidak menggunakan slide presentasi
2
Lancar, topik jelas, dan menggunakan slide presentasi namun kurang menarik
3
Sangat lancar, topic jelas, menggunakan slide presentasi yang menarik
5
Melakukan
Monolog
1
Membaca teks, fungsi social kurang tercapai, ungkapan dan unsur kebahasaan kurang tepat, serta tidak lancar
2
Lancar, fungsi sosial tercapai, struktur dan unsur kebahasaan tepat dan kalimat berkembang, serta ada transisi
3
Lancar mencapai fungsi sosial, struktur lengkap dan unsur kebahasaan sesuai, kalimat berkembang, serta ada transisi
Ket : 1 = Terbatas, 2 = Memuaskan, 3 = Mahir

Contoh Penilaian Portofolio
Mata Pelajaran                                 : Bahasa Inggris
Alokasi Waktu                                 : 1 Semester
Sampel yang dikumpulkan           : karangan
Nama Siswa             : ______________      Kelas :_________
No
KD
Periode
Contoh aspek yang dinilai
Catatan siswa
Tata
bahasa
Perbenda-haraan kata
Kelengka-pan gagasan
Sistema-tika
1
Menulis
karangan
deskriptif
30/7





10/8





.... dst





2
Membuat
resensi
buku
1/9





30/9





.... dst






Contoh Penilaian untuk Kemampuan Menulis (Writing Skill)
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor 1-5
Skor 1-4

1

Keaslian Penulisan
Sangat original
5
4
Original
4
3
Cukup original
3
2
Kurang original
Hampir tidak original
2
1
Tidak original
1

2
Kesesuaian isi dengan judul
Isi sangat sesuai dengan judul
5
4
Isi sesuai dengan judul
4
3
Isi cukup sesuai dengan judul
3
2
Isi kurang sesuai dengan judul
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
2
1
Isi tidak sesuai dengan judul
1

3
Keruntutan
Teks
Keruntutan teks sangat tepat
5
1
Keruntutan teks tepat
4
3
Keruntutan teks cukup tepat
3
2
Keruntutan teks kurang tepat
Isi hampir tidak
sesuai dengan judul
2
1
Keruntutan teks tidak tepat
1

4
Pilihan Kosakata
Pilihan kosakata sangat tepat
5
4
Pilihan kosakata tepat
4
3
Pilihan kosakata cukup tepat
3
2
Pilihan kosakata kurang tepat
Pilihan kosakata
hampir tidak tepat
2
1
Pilihan kosakata tidak tepat
1

5
Pilihan Tata Bahasa
Pilihan tata bahasa sangat tepat
5
4
Pilihan tata bahasa tepat
4
3
Pilihan tata bahasa cukup tepat
3
2
Pilihan tata bahasa kurang tepat
Pilihan tata bahasa hampir tidak tepat
2
1
Pilihan tata bahasa tidak tepat
1

6
Penulisan Kosakata
Penulisan kosakata sangat tepat
5
4
Penulisan kosakata tepat
4
3
Penulisan kosakata cukup tepat
3
2
Penulisan kosakata kurang tepat
Penulisan kosakata hampir tidak tepat
2
1
Penulisan kosakata tidak tepat
1

7
Kerapihan Tulisan
Tulisan rapih dan mudah terbaca
5
4
Tulisan tidak rapih tetapi mudah terbaca
4
3
Tulisan tidak rapih dan tidak mudah terbaca
3
2
Tulisan tidak rapih dan sulit terbaca
Tulisan tidak rapih dan hampir tidak terbaca
2
1
Tulisan tidak rapih dan tidak terbaca
1


Contoh Penilaian untuk Kemampuan Berbicara (Speaking Skill)
No
Aspek yang dinilai
Kriteria
Skor 1-5
Skor 1-4

1

Pengucapan
(pronounciation)
Hampir sempurna
5
4
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
3
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
2
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
2
1
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1

2
Intonasi
(intonation)
Hampir sempurna
5
4
Ada beberapa kesalahan namun tidak mengganggu makna
4
3
Ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
3
2
Banyak kesalahan dan mengganggu makna
Hampir semua
salah dan
mengganggu
makna
2
1
Terlalu banyak kesalahan dan mengganggu makna
1

3
Kelancaran
(fluency)
Sangat lancar
5
1
Lancar
4
3
Cukup lancar
3
2
Kurang lancar
Sangat tidak lancar
2
1
Tidak lancar
1

4
Ketepatan makna
(accuracy)
Sangat tepat
5
4
Lancar
4
3
Cukup tepat
3
2
Kurang tepat
Sangat tidak tepat
2
1
Tidak tepat
1



Skala Penilaian
Berikut ini adalah skala penilaian menurut Permendikbud no. 23 tahun 2016 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Rentang angka
Huruf
Sangat Baik (A)
86-100
Baik (B)
71-85
Cukup (C)
56-70
Kurang (D)
≤ 55








No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts