Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, April 17, 2020

Makalah Kepala Sekolah Berprestasi


BAB I
PENDAHULUAN



A.      Latar Belakang Masalah
Kepala sekolah sebagai pendidik dan tenaga kependidikan mempunyai peran yag sangat besar dalam mendukung peningkatan kualias pendidikan di sekolah. Peran Kepala Sekolah dalam mengembangkan suasana sekolah yang nyaman dan kondusif bagi proses belajar mengajar melalui pengelolaan managerial yang profesional, merupakan kebutuhan utama suatu sekolah untuk meraih prestasi dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia unggul dan berdaya saing.
Kepala Sekolah adalah kunci kemajuan sekolah. Semua potensi yang tersedia di sekolah, tidak akan berarti apa-apa di tangan Kepala Sekolah yang tidak kreatif. Sebaliknya, berbagai keterbatasan akan berbuah jika Kepala Sekolah cerdas mengolahnya.
Paradigma pendidikan yang memberikan kewenangan luas kepada sekolah-sekolah dalam mengembangkan berbagai potensi memerlukan peningkatan kemampuan kepala sekolah dalam berbagai aspek managerial, agar dapat mencapai tujuan ssuai dengan visi dan misi sekolah.
Kepala Sekolah harus memiliki visi dan misi serta strategi manajeman pendidikan secara utuh yang berorietansi kepada mutu secara terus menerus memperbaiki kualitas layanan sehingga fokusnya diarahkan kepada pelanggan, dalam hal ini peserta didik, orang tua peserta didik, pemakai kelulusan, guru dan masyarakat. Sedikitnya ada 5 layanan yang harus diwujudkan oleh Kepala Sekolah agar pelanggan puas, yakni layanan sesuai dengan yang dijanjikan (Reliability), mampu menjamin kualitas pembelajaran (assurance), iklim sekolah yang kondusif (tangible), memberikan perhatian penuh kepada peserta didik (emphaty), cepat tanggap terhadap apa kebutuhan peserta didik (responsive).
Seorang Kepala Sekolah berupaya menggerakkan seluruh insan di sekolah dengan cepat dan aman, sigap menghadapi berbagai perubahan dan tantangan pemberani dan penuh berdisiplin, berfikir dan bergerak cepat. Pikirannya jauh melampui pandangan orang-orang di sekitarnya.karena karakternya yang selalu mendahului orang dalam belajar. Perhitungannya lebh kuat, lebih cepat, lebih dinamis, lebih mengarah, lebih terogranisir dalam memfasilitasi dan mengubah semua potensi menjadi prestasi.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, maka penulis tertarik untuk mengangkat tema “Mengapa Saya Layak Sebagai Kepala Sekolah Dasar Berprestasi”. Karena keterkaitannya penulis yang diberi kepercayaan mengemban tugas tambahan sebagai salah satu kepala sekolah Dasar.

B.      Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan penulis kemukakan adalah sebagai berikut :
1.     Bagaimana peran dan tugas saya selaku Kepala Sekolah dengan profesionalisme kepemimpinan di sekolah ?
2.     Bagaimana upaya kongkrit yang dilakukan saya selaku Kepala Sekolah bagi kemajuan sekolah kami sesuai dengan visi dan misi serta tujuan sekolah ?

C.      Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini adalah :
1.     Untuk mengetahui peran dan tugas saya selaku Kepala Sekolah kaitannya dengan profesionalisme kepemimpinan di sekolah.
2.     Untuk mengetahui upaya kongkrit yang dilakukan oleh saya selaku Kepala Sekolah bagi kemajuan sekolah sesuai dengan visi dan misi serta tujuan sekolah yang telah ditetapkan.

D.      Manfaat
Hasil pembahasan dalam makalah ini diharapkan dapat memberikan sumbangan yang berguna dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang menunjukkan tingginya produktivitas kerja Kepala Sekolah yang berimplikasi juga pada mutu (input, proses dan output).

BAB II
PEMBAHASAN


A. “Mengapa Saya Layak Sebagai Kepala Sekolah SD Berprestasi”
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk itu saya selaku Kepala Sekolah melaksanakan peran dan tugas sebagai berikut :
  1. Bekerja sama dengan dan melalui orang lain sebagai saluran komunikasi di lingkungan sekolah.
  2. Bertanggung jawab dan mempertanggungjawabkan atas segala tindakan yang dilakukan oleh bawahan, siswa maupun orang tua.
  3. Dengan waktu dan sumber yang terbatas, saya selaku Kepala Sekolah mampu menghadapi berbagai persoalan serta dapat mengatur pemberian tugas secara cepat serta dapat memprioritaskan antara kepentingan bawahan dan kepentingan sekolah.
  4. Mampu memecahkan persoalan melalui satu analisis dan dapat menyelesaikan persoalan dengan satu solusi, feasible.
  5. Menjalin hubungan kerja sama melalui pendekatan persuasif dan kesepakatan, sehingga dapat dikembangkan prinsip jaringan saling pengertian terhadap kewajiban masing-masing.
  6. Tidak ada satu organisasi pun yang berjalan mulus tanpa problem. Demikian pula sekolah sebagia suatu organisasi, tidak luput dari persoalan dan kesulitan-kesulitan. Namun kami dapat berperan menyelesaikan persoalan dengan bijaksana.

Saya selaku Kepala Sekolah bertanggung jawab dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, dan selalu meningkatkan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan, yang harus selalu siap menghadapi perubahan yang selalu dinamis dan tidak bisa diprediksi sehingga dapat mengatasi perubahan dengan penuh persiapan. 

B. Upaya Kongkrit Kepala Sekolah Sesuai Visi, Misi dan Tujuan
Penulis sebagai Kepala Sekolah  mencanangkan visi, Misi dan Tujuan yang telah ditetapkan.
Visi, Misi, dan Tujuan sekolah Dasar, yaitu sebagai berikut :
  1. Visi
Terbentuknya sosok anak didik yang mempunyai karakter watak, dan kepribadian dengan landasan iman dan ketaqwaan serta berbudi pekerti dan mencintai lingkungan yang tercermin dalam sikap dan perilaku sehari-hari.
  1. Misi
a.      Melaksanakan pendidikan agama Islam secara menyeluruh dalam proses pembelajaran.
b.     Menyelenggarakan pendidikan agama Islam dan pendidikan lingkungan.
c.      Melakukan upaya bersama untuk mewujudkan budaya sekolah dengan disiplin keagamaan dan budaya lingkungan yang bersih dan asri.
d.     Melakukan penguatan terhadap pendidikan agama dan pendidikan lingkungan yang berdampak terciptanya disiplin keagamaan dan peduli terhadap lingkungan.
  1. Tujuan
a.      Mampu membaca Al-Qur’an dan membaca Tarjamah Ayat-ayat pilihan
b.     Giat melaksanakan ibadah dalam kehidupan sehari-hari.
c.      Berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia dan berbahasa santun.
d.     Menciptakan lingkungan yang bersih, aman dan asri.
Adapun langkah nyata yang telah kami lakukan selaku Kepala Sekolah adalah berupaya secara berkesinambungan untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif melalui pemberdayaan masyarakat di lingkungan sekitar, merangkul orang tua siswa peserta didik dalam kegiatan sekolah dan secara terus-menerus memberikan pemahanan bahwa pendidikan itu sangat penting mendisiplinkan diri sebagai teladan kepada bawahan dengan cara datang lebih awal dan tidak pernah terlambat, membina dan mengembangkan hubungan kerja sama yang baik antar sekolah dan masyarakat guna mewujudkan sekolah yang efektif dan efisien, sehingga dapat terjalin hubungan harmonis dan membentuk :
  1. Saling pengertian antara sekolah, orang tua, masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada di masyarakat.
  2. Saling membantu antara sekolah dan masyarakat karena mengetahui manfaat, arti dan pentingnya peranan masing-masing
  3. Menjalin kerja sama yang erat antara sekolah dengan berbagai pihak yang ada di masyarakat, yang pada akhirnya mereka merasa ikut bertanggung jawab atas suksesnya pendidikan di sekolah.
Berangkat dari upaya – upaya yang telah dilakukan di atas hingga sekolah ini selalu dilibatkan dalam kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan sehingga sekolah kami memperoleh prestasi dan meraih penghargaan sebagai “Sekolah Berbudaya Lingkungan”Tingkat Kabupaten.

BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN


A.          Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah dikemukakan, diperoleh kesimpulan sebagai berikut :
  1. Kami selaku Kepala Sekolah dan sekaligus seorang guru mempunyai kemampuan untuk memimpin segala sumber daya yang ada pada sekolah sehingga dapat didayagunakan secara maksimal untuk mencapai tujuan bersama. Kami selaku kepala sekolah berkomitmen untuk selalu meningkatkan dan mengembangkan kompetensi yang ada pada diri kami untuk mencapai tujuan bersama. Kami selaku Kepala Sekolah selalu melakukan pernyesuaian-penyesuaian agar pendidikan berkembang dan maju sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan agar pendidikan berkembang dan maju sesuai dengan kebutuhan pembangunan serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Kami selaku Kepala Sekolah menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif yang selalu diupayakan berkesinambungan melalui pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sekitar sehingga terjalin hubungan yang harmonis yang membentuk pengertian antara sekolah, orang tua, masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada di masyarakat, saling membantu antara sekolah dan masyarakat karena mengetahui manfaat arti dan peranan masing-masing, kerja sama yang erat antara sekolah dengan berbagai pihak yang ada di masyarakat pada akhirnya mereka merasa ikut bertanggung jawab atas suksesnya pendidikan di sekolah.


B.          Saran
Sebagai rekomendasi dari hasil pembahasan makalah ini, dikemukakan beberapa saran untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam upaya meningkatkan profesionalisme kepemimpinan seorang Kepala Sekolah adalah sebagai berikut :
  1. Dalam upaya meningkatkan mutu sekolah dan profesionalisme kepala sekolah harus ada pihak yang berperan dalam peningkatan mutu tersebut, adalah pengawas sekolah yang juga merupakan pemimpin pendidikan bersama-sama dengan Kepala Sekolah memiliki tanggung jawab terhadap perkembangan sekolah.
  2. Upaya meningkatkan keprofesionalan Kepala Sekolah tidak akan terwujud tanpa adanya motivasi dan adanya kesadaran dalam diri Kepala Sekolah tersebut, serta semangat mengabdi yang akan melahirkan visi kelembagaan maupun kemampuan konsepsional yang jelas.

DAFTAR PUSTAKA


http:/akhmadsudrajat.wordpress/2010/04/17 konsep penilaian kinerja kepala sekolah.

http:/makalahku makalahmu.net/2008/10/30/kompetensi-kepala sekolah

Mulyasa,E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo. 2003. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.



No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts