Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
TEMATIK
( R P P )
TEMA :
KESEHATAN
KELAS/SMT :
III (TIGA) / 1 (SATU)
TANGGAL :
………………………..
WAKTU :
2 X 30 MENIT
STANDAR KOMPETENSI : - B. Indonesia
Mendengarkan : 1. Memahami penjelasan tentang
Petunjuk
dan cerita anak yang
dilisankan
-
IPS : 1. Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerja sama di
sekitar rumah dan sekolah
-
SBK : 3. Mengekspresikan karya seni
musik
KOMPETENSI DASAR :
- B. Indonesia : Mengomentari
tokoh-tokoh
cerita anak yang disampaikan
secara lisan
-
IPS : Memelihara lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah
-
SBK : Mengidentifikasi berbagai simbol
nada
dalam lagu sederhana
INDIKATOR : - B.
Indonesia : 1. Menjawab pertanyaan lisan
tentang
cerita anak
dilisankan
-
IPS : 2. Merawat lingkungan sekitar
rumah
-
SBK : 3. Menyanyikan lagu bersama-
sama judul “Bungaku”
Karakter : menunjukkan perilaku berkarakter
meliputi : Disiplin, tekun, tanggung jawab, ketelitian, kerja sama, toleransi,
percaya diri, keberanian
I.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah proses pembelajaran
selesai, diharapkan siswa dapat :
1. Menjawab pertanyaan secara lisan tentang cerita anak
2. Merawat lingkungan sekitar rumah
3. Menyanyikan lagu bersama-sama berjudul “Bungaku”
II.
MATERI
PEMBELAJARAN
-
B. Indonesia : mengomentari
tokoh-tokoh cerita anak
-
IPS : kerja sama di lingkungan rumah
-
SBK : simbol unsur musik dan bunyi
III.
METODE
PEMBELAJARAN
-
Informasi/ekspositori
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Demonstrasi
-
Pemberian tugas
IV.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal (5 menit)
- Memberi salam dilanjutkan dengan berdo’a
- Mengabsen
- Mengkondisikan siswa pada situasi pembelajaran
- Apersepsi
- Menyampaikan tujuan yang ingin dicapai
B. Kegiatan Inti (45 menit)
Ekslorasi : - siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang cerita anak
Elaborasi : - siswa merawat lingkungan sekitar rumah
- menyanyikan lagu bersama-sama berjudul
“Bungaku”
Konfirmasi : - mengumpulkan hasil diskusi
- Guru memberikan penguatan atas hasil kerja
siswa
C. Kegiatan Akhir (20 menit)
- Menyimpulkan materi
- Mengadakan evaluasi
- Memberikan tindak lanjut
- Menutup pelajaran dengan berdoa
V.
ALAT/BAHAN DAN
SUMBER BELAJAR
- Alat peraga :
- Gambar lingkungan sehat
- Teks lagu di papan tulis
- Teks Bacaan
- Sumber Belajar : -
KTSP
- Buku paket B. Indonesia kelas III
Oleh
: - Kaswan Darmadi
-
Rita Nirbaya
Penerbit
BSE
- Buku Paket IPS Kelas III
Oleh : - Susanti
- Eko Setiawan
Penerbit BSE
- Buku Penunjang / Majalah Bobo
- Pengetahuan Guru
VI.
PENILAIAN
- Jenis Test :
- Test lisan
- Test tertulis
- Bentuk Test :
- Isian
Kriteria Penilaian
Setiap
jawaban yang benar diberi nilai :
10
Jawaban
yang salah diberi nilai :
0
Nilai
akhir jumlah nilai benar x 10
INSTRUMEN
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang
benar !
1.
Pekerjaan yang berat akan
merasa ringan bila dikerjakan secara ……..
2.
Kerja bakti di masyarakat
merupakan contoh kegiatan yang dilakukan secara ……..
3.
Lingkungan sehat adalah
lingkungan yang ……..
4.
Empat Sehat Lima ……..
5.
Manfaat kerja bakti bagi
lingkungan adalah ……..
6.
Bunga yang sehat harus di
……..
7.
Anak-anak dapat melakukan
kerja bakti di lingkungan keluarga misalnya ……..
8.
Lingkungan yang bersih
dapat dinikmati oleh ……..
9.
Kerja bakti di sekolah
dipimpin oleh ……..
10.
Bersih pangkal ……..
Kunci Jawaban !
1.
Bersama-sama
2.
Rutin
3.
Bersih
4.
Sempurna
5.
Agar selalu bersih dan
sehat
6.
Siram
7.
Menyiram bunga, mengepel,
dll
8.
Semua orang
9.
Penjaga sekolah, guru
10.
sehat
No comments:
Post a Comment