Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, March 7, 2020

Perlunya Perawatan



Suatu mesin produksi dikatakan dalam kondisi baik apabila dapat menjalankan fungsinya secara tepat dan benar meskipun digunakan secara berulang kali.
Secara garis besarnya komponen-komponen dalam suatu mesin dapat digolongkan menjadi  dua bagian yaitu :
a.     Komponen  yang tidak akan rusak meskipun dipakai berulang kali.
Komponen jenis ini disebut komponen yang permanen (non-replaceable component) misalnya body / frame mesin atau chasis dari kendaraan.
b.     Komponen yang sering dipakai berulang kali.
Komponen jenis ini disebut komponen yang rusak karena dipakai (replaceable component), misalnya komponen yang bergerak, berputar atau bergesek umur komponen seperti ini dapat bermacam-macam dimulai dari yang berumur pendek sampai yang berumur panjang. Jika memungkinkan, kerusakan komponen yang bersifat replaceable ini harus diusahakan dihambat, hingga minimal mendekati umur komponen tersebut. Metoda yang dilakukan untuk menghambat kerusakan terhadap komponen yang bersifat replaceable adalah dengan melakukan pelumasan, adjusmen (penyesuaian), atau setting.
Berdasarkan uraian-uraian mengenai pemeliharaan maka dapat disimpulkan bahwa elemen kegiatan perawatan terdiri dari :
a.      Objek yang dirawat,
b.     Tenaga Kerja,
c.      Peralatan beserta suku cadang.
            Manajemen perawatan adalah manajemen dari ketiga perangkat tersebut dan dengan adanya manajemen perawatan yang baik maka tujuan utama dari pemeliharaan dapat dicapai.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts