Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Sunday, March 29, 2020

BERBAGAI ALAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI



Telekomunikasi atau komunikasi jarak jauh adalah komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan peralatan atau sistem yang mentranmisikan sinyal optic atau elektronik dari satu tempat ke tempat yang lain yang saling berjauhan. Pesan dalam komunikasi dapat dikirim dengan berbagai cara dan menggunakan berbagai macam peralatan, pesan dapat dikirim dari satu pengirim ke satu pengirim, yang dikenal dangan istilah point to point, atau dari satu pengirim ke banyak penerima yang dikenal dangan istilah point to multipoint. inilah beberapa alat komunikasi:
1.     Telegraf, adalah alat komunikasi yang menggunaan peralatan listrik untuk mengirimkan atau menerima sinyal sesuai dengan kode (kode morse) dalam bentuk pulsa listrik, melalui kabel-kabel tembaga.
2.     Telepon, adalah peralatan yang mengubah suara menjadi energi listrik dan mengirimkannya melalui jaringan telepon
3.     Televisi,  adalah sistem telekomunikasi yang mengirimkan dan menerima gambar dan suara dengan cara mengirimkan sinyal-sinyl elektronik melalui kabe dan serat optic, ataudengan menggunakan gelombang elektromagnetik.
4.     Radio, adalah alat komunikasi yang mengirimkan suara melalui udara dengan menggunakan gelombang elektromagnetik.  radio juga dapat digunakan sebagai alat komunikasi dua arah. antara pengirim dan penerima bisa saling berkomunikasi secara langsung.
5.     Telepon bergerak (mobile phone), adalah salah satu alat komunikasi yang mampu digunakan dimanapun dan dalam kondisi apapun.
a.      GSM adalah Global System For Mobile Communications , yang bekerja dengan cara mengkompresi suara yang masuk ke jaringan GSM kedalam format digital sehingga mempunyai ukuran yang sangat kecil, GSM beroperasi pada frekuensi 900 – 1800 MHz.
b.     CDMA dalah Code Division Multiple Access, bekerja dengan cara memecah data suara yang masuk menjadi paket-paket kecil dan masuk ke saluran frekuensi yang terpisah-pisah, kemudian paket-paket data yang kecil tersebut dikirim setelah ditambahkan kode yang unik dan hanya dapat diterima oleh penerima yang mempunyai data yang sesuai.
6.     Komputer dan Internet, computer digunakan untuk mengolah, mengelola dan menyimpan informasi, sedangkan internet digunakan sebagai sarana sumber informasi dan sebagai alat untuk pertukaran informasi. computer dapat dikelompokkan menjadi 4 bagian, yaitu :
a.      Personal Computer (PC),  PC merupakan banyak digunakan sebagai alat Bantu pekerja di kantot, lembaga pendidikan, maupun dirumah.
b.     Super Computer (mainframe),  merupakan computer super canggih, yang dilengkapi dengan kemampuan yang sangat handal, yang dapat memecahkan masalah-masalah yang kompleksdan menangani lebih banyak informasi dibandingkan dengan computer jenis yang lain, umumnya digunakan untuk mendesain pesawat terbang, data perbankan, menganalisis molekul obat dan lain-lain.
c.      Dedicated Computer, adalah computer yang dibuat untuk tujuan tertentu saja, misalnya video game, ps dan lain-lain.
d.     Emmbedded computer  adalah computer yang berfungsi sebagai unit control dan ditempatkan diperalatan yang membutuhkan pengendalian otomatis, misalnya di AC Robot telephon dan lain-lain.
7.     Internet adalah singkatan dari Interconected Network, atau jaringan yang saling terkoneksi (tersambung).  internet menghubungkan computer-komputer yag ada di seluruh duniamenjadi jaringan computer yang sangat besar, maka dua atau lebih computer yang terhubung dalam jaringan dapat saling berkomunikasi.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts