1. Media pendidikan berperan penting dalam menunjang keberhasilan
proses pembelajaran.
Proses pembelajaran mengandung
lima komponen komunikasi, yaitu guru (komunikator), bahan pembelajaran, media
pembelajaran, peserta didik (komunikan), dan tujuan pembelajaran. Jadi, media
pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan
(bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan
perasaan peserta didik dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan
pembelajaran,
2.
Jenis dan karakteristik media
pembelajaran
media diklasifikasikan menjadi media visual, media
audio, dan media audio visual.
a.
Media visual
unsur-unsur yang terdapat pada media visual terdiri
dari garis, bentuk, warna dan tekstur. Media visual dapat memperlancar
pemahaman (misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat
ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan
hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Agar menjadi efektif,
visual sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus
berinteraksi dengan visual (image) itu untuk meyakinkan terjadinya proses
informasi.
b.
Media Audio
Audio berasal dari kata audible, yang artinya suara yang dapat didengarkan secara wajar
oleh telinga manusia. Kemampuan mendengar manusia berada pada daerah frekuensi
antara 20 sampai 20.000 hertz. Di luar itu, manusia tidak mampu lagi
mendengarkannya. Kaitannya dengan audio sebagai media pembelajaran maka
suara-suara ataupun bunyi direkam dengan menggunakan alat perekam suara,
kemudian diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah
alat pemutar. Jika suara atau bunyi tadi diperdengarkan ke peserta didik
melalui pemancar radio maka media tersebut dikatakan sebagai radio.
c.
Media Audio Visual
Media ini dapat menampilkan unsur gambar (visual) dan
suara (audio) secara bersamaan pada saat mengkomunikasikan pesan atau
informasi. Media audio visual terbagi dua macam yakni audio visual murni yaitu
baik unsur suara maupun unsur gambar berasal dari satu sumber seperti video kaset
dan audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur gambarnya berasal dari
sumber yang berbeda. Misalnya film bingkai suara yang unsur gambarnya berasal
dari slide proyektor dan unsur suaranya berasal dari tape recorder.
3. Adanya media pembelajaran adalah agar dapat memperjelas penyajian
pesan dan informasi, meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak, mengatasi
keterbatasan indera, ruang dan waktu serta media pembalajaran dapat memberikan
kesamaan pengalaman pada anak didik. Media tersebut dikembangkan dengan
menyesuaikan taraf berpikir anak, sehingga media yang disampaikan harus dapat
dimengerti oleh anak dan sesuai dengan tujuan media itu sendiri yaitu untuk
memperjelas penyajian pesan dan informasi. Media yang digunakan hendaknya sudah
familiar dengan anak sehingga anak tidak perlu berpikir lebih lanjut tentang
yang dilihatnya.
4.
Penggunaan in focus dan komputer (laptop) banyak digunakan dalam
kegiatan pembelajaran. Hal ini karena kedua alat tersebut lebih mudah digunakan
dan lebih komplit dalam penyajian pembelajaran. Kedua peralatan tersebut materi
pembelajaran dapat disampaikan lebih variatif, dapat berupa gambar, video, atau
bahkan aplikasi yang sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan.
No comments:
Post a Comment