Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, March 31, 2020

JAWABAN MATA KULIAH MEDIA PENDIDIKAN





1.       Media pendidikan berperan penting dalam menunjang keberhasilan proses pembelajaran.
Proses pembelajaran mengandung lima komponen komunikasi, yaitu guru (komunikator), bahan pembelajaran, media pembelajaran, peserta didik (komunikan), dan tujuan pembelajaran. Jadi, media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan peserta didik dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran,
2.       Jenis dan karakteristik media pembelajaran
media diklasifikasikan menjadi media visual, media audio, dan media audio visual.
a.        Media visual
unsur-unsur yang terdapat pada media visual terdiri dari garis, bentuk, warna dan tekstur. Media visual dapat memperlancar pemahaman (misalnya melalui elaborasi struktur dan organisasi) dan memperkuat ingatan. Visual dapat pula menumbuhkan minat siswa dan dapat memberikan hubungan antara isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Agar menjadi efektif, visual sebaiknya ditempatkan pada konteks yang bermakna dan siswa harus berinteraksi dengan visual (image) itu untuk meyakinkan terjadinya proses informasi.
b.       Media Audio
Audio berasal dari kata audible, yang artinya suara yang dapat didengarkan secara wajar oleh telinga manusia. Kemampuan mendengar manusia berada pada daerah frekuensi antara 20 sampai 20.000 hertz. Di luar itu, manusia tidak mampu lagi mendengarkannya. Kaitannya dengan audio sebagai media pembelajaran maka suara-suara ataupun bunyi direkam dengan menggunakan alat perekam suara, kemudian diperdengarkan kembali kepada peserta didik dengan menggunakan sebuah alat pemutar. Jika suara atau bunyi tadi diperdengarkan ke peserta didik melalui pemancar radio maka media tersebut dikatakan sebagai radio.
c.        Media Audio Visual
Media ini  dapat menampilkan unsur gambar (visual) dan suara (audio) secara bersamaan pada saat mengkomunikasikan pesan atau informasi. Media audio visual terbagi dua macam yakni audio visual murni yaitu baik unsur suara maupun unsur gambar berasal dari satu sumber seperti video kaset dan audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Misalnya film bingkai suara yang unsur gambarnya berasal dari slide proyektor dan unsur suaranya berasal dari tape recorder.
3.       Adanya media pembelajaran adalah agar dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi, meningkatkan dan mengarahkan perhatian anak, mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu serta media pembalajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman pada anak didik. Media tersebut dikembangkan dengan menyesuaikan taraf berpikir anak, sehingga media yang disampaikan harus dapat dimengerti oleh anak dan sesuai dengan tujuan media itu sendiri yaitu untuk memperjelas penyajian pesan dan informasi. Media yang digunakan hendaknya sudah familiar dengan anak sehingga anak tidak perlu berpikir lebih lanjut tentang yang dilihatnya.
4.       Penggunaan in focus  dan komputer (laptop) banyak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Hal ini karena kedua alat tersebut lebih mudah digunakan dan lebih komplit dalam penyajian pembelajaran. Kedua peralatan tersebut materi pembelajaran dapat disampaikan lebih variatif, dapat berupa gambar, video, atau bahkan aplikasi yang sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan.



No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts