Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, March 10, 2020

Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar



1.                         Hakikat Matematika
Berbicara mengenai hakikat Matematika, artinya menguraikan tentang apa sebenarnya Matematika itu. Apakah Matematika itu ilmu deduktif, ilmu induktif, simbol-simbol atau ilmu abstrak ? Dengan demikian, tanpa mengetahui hakikat Matematika, kita tidak dapat memilih strategi untuk pengajaran Matematika dengan benar. Selain itu, mengetahui hakikat Matematika agar membantu kita dalam memilih metode pembelajaran yang lebih tepat. Dengan kata lain penerapan dan strategi dan metode mengajar itu akan banyak arti bila kita mengetahui hakikat Matematika.
Ruseffendi (2006 : 26) menggambarkan bahwa “Matematika timbul karena pikiran-pikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran. Matematika terdiri atas empat wawasan yaitu : aritmatika, aljabar, geometri, dan analisis”.

2.     Pengertian Matematika
5
 
Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang sekarang telah berkembang pesat. Baik dari isi materi maupun fungsinya. Banyak  pendapat yang disampaikan oleh para ahli tentang pengertian Matematika diantaranya : James dalam Ruseffendi (1992 : 27) menyatakan bahwa Matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk susunan, besaran dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang yaitu : aljabar, geometri, dan analisis.
Johnson dalam Ruseffendi (1992 : 28) menyatakan bahwa: “Matematika adalah pola pikir, pola mengorganisasikan pembuktian yang logis, Matematika adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide (gagasan) daripada bunyi; Matematika adalah pengetahuan struktur yang terorganisasikan atau tidak didefinisikan,aksioma-aksioma, sifat-sifat atau teori-teori yang telah dibuktikan kebenarannya; Matematika adalah ilmu tentang pola, keteraturan pola atau ide; Matematika adalah suatu seni, keindahannya terdapat pada keturunan dan keharmonisannya”.
Ruseffendi (1991:263) menyatakan bahwa “Matematika itu terorganisasikan dari unsur-unsur yang tak didefinisikan, unsur-unsur yang didefinisikan, aksioma-aksioma, dan dalil-dalil di mana dalil-dalil itu setelah dibuktikan kebenarannya berlaku secara umum, karena itu Matematika yang disebut ilmu deduktif”.
Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (2004:27) disebutkan bahwa pengertian Matematika, yaitu:
“Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya yang telah diterima, sehingga keterkaitan antara konsep dalam Matematika bersifat sangat jelas”.

Jadi maksud dengan pelajaran Matematika di sekolah dasar adalah Matematika yang diajarkan di sekolah dasar berdasar kepada tujuan dan karakteristiknya. Pelajaran Matematika senantiasa berlandaskan atas perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3.     Fungsi dan Tujuan Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Fungsi mata pelajaran Matematika menurut Kurikulum Berbasis Kompetensi (2004 : 2) adalah :
“Mata pelajaran Matematika berfungsi untuk mengembangkan kemampuan bernalar melalui kegiatan penyelidikan, eksplorasi, dan eksperimen sebagai alat pemecahan masalah melalui pola pikir dan model Matematika serta sebagai alat komunikasi, melalui simbol, tabel, grafik, diagram dalam menjelaskan gagasan”.


Dalam Kurikulum Matematika Sekolah Dasar Tahun 2004 secara umum tujuan pembelajaran Matematika adalah :
a.      Mempersiapkan diri siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur dan efektif;
b.     Menumbuhkan kemampuan siswa yang dapat dialihgunakan melalui kegiatan Matematika;
c.      Mengembangkan pengetahuan dasar Matematika sebagai bekal belajar lebih lanjut di sekolah lanjutan pertama; dan
d.     Membentuk pribadi siswa yang berfikir logis, kritis, kreatif dan disiplin.  
Dari uraian di atas, jelaslah bahwa fungsi dan tujuan mata pelajaran Matematika di sekolah dasar adalah mengembangkan kemampuan siswa dalam berfikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif, dan konsisten dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai seorang guru, kita diharapkan dapat melaksanakan proses belajar yang mampu melatih siswa dalam memahami suatu pengertian atau hubungan konsep-konsep melalui penalaran. Semua itu dilaksanakan dalam upaya mencari solusi atas berbagai permasalahan kehidupan sehari-hari.

4.     Ruang Lingkup Materi Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar
Ruang lingkup materi pembelajaran Matematika di sekolah dasar yang berlaku sekarang berpedoman pada Kurikulum 2004 Berbasis Kompetensi. Mata pelajaran Matematika disebutkan bahwa ruang ligkup meliputi standar kompetensi merupakan seperangkat kompetensi yang dibakukan dan harus dicapai oleh siswa pada akhir periode pembelajaran. Standar ini dikelompokkan dalam kemahiran Matematika bilangan, pengukuran, geometri, aljabar, statistik, peluang, trigonometri, dan kalkulus.  

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts