Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, March 21, 2020

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS 4 SMS 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan     : SDN 
Tema / Topik             : Selalu Berhemat Energi/Gaya dan Gerak   
Kelas/Semester          : IV (Empat)/1 (satu)
Materi Pokok             : Gaya dan Gerak
Alokasi Waktu           : 6 x 35 menit


A. KOMPETENSI YANG DIKEMBANGKAN
Jujur, percaya diri, disiplin dan tanggung jawab
B. KOMPETENSI INTI
1.       Menerima , menghargai dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya
2.       Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru
3.       Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4.       Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

C. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
PPKn
Kompetensi Dasar
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat
4.3 Bekerjasama dengan teman dalam keberagaman di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat
Indikator:
·         Menjelaskan pentingnya menjalankan kewajiban sebagai anak di rumah dan di sekolah
·         Menyebutkan contoh kewajiban sebagai anak di rumah, sekolah
·         Mengamati gambar anak yang tidak bekerja sama dengan teman
·         Bertanya jawab dari gambar yang telah diamati dan teks cerita

IPA
Kompetensi Dasar:
3.3 Mengidentifikasi, membedakan, dan menjelaskan hubungan antara gaya, gerak dan energi dalam akivitas sehari-hari melalui kegiatan eksplorasi dan mengamati berbagai aktivitas mahluk hidup/benda di lingkungan sekitar sekolah
Indikator:
      Mengidentifikasi hubungan antara gaya, gerak, dan energi dalam kehidupan sehari-hari
      Membedakan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui kegiatan eksperimen

Seni, Budaya, dan Prakarya
Kompetensi Dasar:
3.4 Mengetahui berbagai alur cara dan pengolahan media karya kreatif
4.4 Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam
Indikator:
      Mengamati cara membuat media karya kreatif
      Membuat pesawat kertas untuk membuktikan hubungan gaya gerak dan energi dalam kehidupan sehari-hari

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
      Dengan mengamati gambar siswa dapat bertanya jawab arti bekerja sama dengan teman.
      Dengan kegiatan diskusi, siswa mampu menjelaskan pentingnya menjalankan kewajiban sebagai anak di rumah dan di sekolah.
      Dengan membuat pesawat sederhana siswa dapat mengidentifikasi hubungan antara gaya, gerak dan energi.
      Setelah menerbangkan dan mengamatinya siswa dapat membedakan hubungan antara gaya, gerak dan energi.
      Dengan kegiatan membuat pesawat kertas, siswa mampu meningkatkan keterampilan melipat.
      Dengan membuat pesawat kertas, menerbangkan dan mengamatinya, siswa mampu membuktikan hubungan gaya, gerak, dan energi dalam kehidupan sehari-hari.

E. MATERI PEMBELAJARAN
PPKn
 Kewajiban anak di rumah, di sekolah dan di masyarakat

IPA
 Hubungan gaya, gerak dan energi

Seni, Budaya, dan Prakarya
 Langkah Pembuatan Pesawat Kertas dengan teknik melipat

F. PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan     : Scientific (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
Metode            : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
Pengkondisian
 Mengajak semua siswa berdo’a menurutAgama dan keyakinan masing-masing (untuk mengawali kegiatan pembelajaran)
 Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa
 Dilanjutkan dengan bertanya jawab tentang syair lagu, mengapa saling mengucap salam. Dan apa bedanya di kalau pagi
 Meminta informasi dari siswa mengenai kegiatan piket yang telah dilaksanakan pada pagi hari dan bertanya tentang hubungan antara kebersihan kelas dengan kenyamanan kegiatan pembelajaran
Apersepsi
 Menginformasikan Tema yang akan dibelajarkan.
 Menghubungkan pembelajaran hari kemarin dalam sub tema yang sama dengan hari sekarang
 Menunjukkan benda (pesawat kertas) dan bertanya benda apa ini? (Fase I mengkonfrontasikan dengan masalah)
Motivasi : Menunjukkan gambar kegiatan yang dilakukan anak di rumah

10 menit

Inti

o Mengkonfrontasikan dengan masalah (Fase I) mengamati dan menanya
o Guru menyampaikan permasalahan yang berhubungan dengan gerak, gaya dan energi
o  Guru menunjukkan gambar dan gambar diamati siswa kemudian guru mengajukan pertanyaan “Apa yang kamu temukan di gambar tersebut?”
o Siswa merespon terhadap pertanyaan guru
o Pengumpulan dan verifikasi data (Fase 2) mengamati, menanya, menalar (Mengasosiasikan)
o Mengamati gambar-gambar

150 Menit


H. SUMBER DAN MEDIA

Buku Tematik Kelas IV

Kertas Lipat

Gambar Kewajiban Anak di rumah

Gambar Anak tidak bekerja sama

Lem


I. PENILAIAN
1. Prosedur Penilaian
a. Penilain Proses
Menggunakan format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan awal sampai dengan kegiatan akhir

b. Penilaian Hasil Belajar
Menggunakan instrumen penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir

4. Penilaian Sikap
Indikator Penilaian Sikap
1.     Santun
a.      Berinteraksi dengan teman secara ramah
b.     Berkomunikasi dengan bahasa yang tidak menyinggung perasaan
c.      Menggunakan bahasa tubuh yang bermanfaat
d.     Berperilaku sopan
2.     Disiplin
a.      Tertib mengikuti instruksi
b.     Mengerjakan tugas tepat waktu
c.      Tidak melakukan kegiatan yang tidak diminta
d.     Tidak membuat kondisi kelas menjadi tidak kondusif
3.     Kerja sama
a.      Berpartisipasi aktif dalam kelompok
b.     Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
c.      Bersedia membantu teman dalam satu kelompok yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran
d.     Rela berkorban untuk teman dalam hal yang positif
4.     Percaya diri
a.      Tidak terlihat ragu dalam mengerjakan tugas
b.     Berinisiatif merespon instruksi guru dengan mengangkat tangan atau simbol lain
c.      Tidak memalingkan atau menundukkan muka ketika ada pertanyaan dari guru
d.     Menunjukkan bahasa tubuh (gesture) yang lurus

Penilaian Sikap
No
Sikap
Belum
Terlihat
Mulai
Terlihat
Mulai
Berkembang
Membudaya
Ket
1
Teliti





2
Bertanggung jawab














No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts