Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, March 7, 2020

Elemen Ongkos dalam Perawatan



Tindakan perawatan baik yang terjadwal maupun yang mendadak akibat timbulnya kerusakan akan menimbulkan ongkos bagi perusahaan. Ongkos tersebut dapat berupa ongkos langsung (biaya komponen, tenaga kerja perawatan) maupun ongkos tidak langsung (ongkos menganggur, ongkos kesempatan).
a)     Ongkos Langsung :
  1. Ongkos tenaga kerja perawatan,
Tenaga yang melakukan perawatan, baik pada saat perbaikan mesin yang rusak, maupun pada saat perawatan pencegahan, dibayar untuk melakukan pekerjaannya. Upah yang dibayar menjadi ongkos tenaga kerja perawatan.
  1. Ongkos pembelian komponen pengganti,
Adakalanya komponen tidak dapat diperbaiki kembali, tetapi harus diganti. Ongkos pembeliannya merupakan ongkos pembelian komponen.
b)     Ongkos tidak langsung :
  1. Ongkos operator yang menganggur,
Pada saat mesin berhenti dan dilakukan perawatan perusahaan tetap membayar operator mesin tersebut.
  1. Depresiasi mesin,
Investasi tinggi untuk pembelian mesin akan menjadi elemen ongkos depresiasi yang percuma apabila mesin tersebut mengalami kerusakan.
  1. Keuntungan yang tidak dapat diperoleh,
Merupakan hilangnya kesempatan untuk memperoleh keuntungan sesuai dengan yang direncanakan.
  1. Depresiasi peralatan perawatan,
Peralatan yang digunakan juga mengalami depresiasi, nilai dari peralatan ini kadang cukup besar, contohnya alat katrol kelas berat.
5.  Ongkos administrasi dan ongkos tidak langsung lainnya.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts