Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, March 28, 2020

RPP PJOK KELAS VIII Materi Softball


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                                : SMP Negeri 
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                     : VIII / 1
Materi Pokok                        : Permainan Bola Kecil (Soft Ball)
Alokasi Waktu                      : 3 Kali Pertemuan ( 9 JP )

A.      Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami dan  menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Menunjukkan keterampilan  menalar, mengolah, dan  menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Materi
3.2 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
4.2   Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
3.2.1. Mengidentifikasikan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball.
3.2.2. Menjelaskan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball.
3.2.3. Menjelaskan cara melakukan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball.
4.2.1.Melakukan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball.
4.2.2.Menggunakan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan Soft Ball yang dimodifikasi.

Penguatan Pendididkan Karakter :
1.    Reigius, mandiri, toleransi, tanggung jawab, sportif dan kerja keras
2.    Mengaplikasikan pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi
3.    Kreatif, berfikir kritis dan mampu mengkomunikasikan

C.      Tujuan Pembelajaran
1.    Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a.    Mengidentifikasikan berbagai gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball
b.    Menjelaskan berbagai gerak melempar dan menangkap  bola permainan Soft Ball
2.    Pertemuan Kedua
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a.    Mengidentifikasikan berbagai gerak memukul bola permainan Soft Ball
b.    Menjelaskan berbagai gerak memukul bola permainan Soft Ball
c.    Melakukan  dan menggunakan berbagai gerak memukul bola dalam bentuk permainan Soft Ball yang dimodifikasi
3.    Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a.    Mengidentifikasikan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball
b.    Menjelaskan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball
c.    Melakukan  dan menggunakan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan Soft Ball yang dimodifikasi




D.    Materi Pembelajaran

Tema                          : Permainan Bola Kecil
Sub Tema   : Permainan Soft Ball

1. Materi Reguler
a. Pertemuan kesatu
(1) Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pelambung bola softball (pitcher),
(2) Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar memegang tongkat softball (stick),

b.      Pertemuan kedua
(1) Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pukulan swing bola softball,
(2) Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pukulan tumbuk (bunt) bola softball,

c.      Pertemuan ketiga
(1) Melakukan kombinasi aktivitas bermain prinsip dasar memegang tongkat dan  memukul bola
(2) Melakukan kombinasi aktivitas bermain prinsip dasar pelambung (pitcher) dan  memukul bola


  1.    Materi Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
(1) Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pelambung bola softball(pitcher),
(2) Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar memegang tongkat softball (stick),
(3) Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pukulan swing bola softball,
(4) Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pukulan tumbuk (bunt) bola softball,
(5) Melakukan kombinasi aktivitas bermain prinsip dasar memegang tongkat dan memukul bola
(6) Melakukan kombinasiaktivitas bermain prinsip dasar pelambung (pitcher) dan memukul bola

3.    Materi Pengayaan
Materi Reguler yang dikembangkan dalam bentuk permainan yang sesungguhnya dengan  peraturan  sederhana.

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan                         : Saintifik
Model                   : Iquiry/Discovery Learning
Metode                 : Demonstrasi, Part and whole, resiprocal dan Penugasan

F.       Media dan Alat / bahan  
1.    Media Pembelajaran :
a.    Gambar variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, memukul bola, berlari  menuju base, dan sliding permainan Soft Ball.
b.    Model siswa atau guru yang memperagakan variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, memukul bola, berlari  menuju base, dan sliding permainan Soft Ball.

4.    Alat Pembelajaran :
a.    Bola Soft Ball atau bola sejenisnya (bola terbuat dari karet, dll).
b.    Lapangan permainan Soft Ball atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket atau halaman sekolah).
c.    Tiang pancang atau sejenisnya.
d.    Peluit dan Stopwatch.
e.    Lembar Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).


G.      Sumber Pembelajaran
1.     Muhajir, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
2.     Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
3.     Bahan Ajar Pembelajaran Permainan SoftBall, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.


H.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.     Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.     Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : melempar dan  menangkap dalam perminan softball dengan baik serta  dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.     Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.     Guru menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6.     Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak melempar dan menangkap permainan soft ball melalui pertanyaan : 1. Bedakan permainan sottball dan kasti yang pernah kalian pelajari? 2. Jelaskan cara melakukan melakukan permanannya ? 3. Jelaskan teknik dasar yang ada dalam permaianannyas? ( HOTS)
7.     Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8.     Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (Kucing – ttikus menggunakan bola).
9.     Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)   Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)   Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam  permainan Soft Ball  melalui Video
3)   keterampilan  gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
100 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku melakukan tugas keterampilan melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak memukul bola dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)  Siswa mempraktikkan keterampilan melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)   Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  
2)   Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  
3)   Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)   Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)   Siswa menerapkan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis lempran dan tangkapan digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball  
3)   Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.      Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.    Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3.    Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4.    Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan sotball
5.    Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak melempar dan menangkap  dalam permainan softball, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain sotball, manfaat permainan sotball terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6.    Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
15 menit


Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.    Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.     Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : memukul dalam permaianan sotft ball dengan baik serta  dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.     Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.     Guru menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6.     Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak memukul dalam permainan soft ball melalui pertanyaan : 1. Bedakan permainan sottball dan kasti yang pernah kalian pelajari? 2. Jelaskan cara melakukan melakukan permanannya ? 3. Jelaskan teknik dasar yang ada dalam permaianannyas? ( HOTS)
7.     Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8.     Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (kuciing tikus menggunakan bola).
9.     Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)   Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball.melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)   Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball. melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan  siswa  lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)   Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan  gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball.
90 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku  melakukan tugas keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball.
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball. secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)   Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
2)   Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
3)   Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)   Siswa mempraktikkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)   Siswa menerapkan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis melempar, menangkap dan memukul digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
3)   Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.    Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.    Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3.    Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4.    Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan sotball
5.    Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak memukul  dalam permainan softball, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain sotball, manfaat permainan sotball terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6.    Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
10 menit

Pertemuan Ketiga
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.    Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.     Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : Variasi dan kombinasi melempar, menanggkap dan memukul dalam permaianan soft ball  dengan baik serta  dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.     Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.     Guru menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6.     Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi variasi dan kombinasi keterampilan  melempar,  menangkap dan memukul permainan soft ball melalui pertanyaan : 1. Bedakan permainan sottball dan kasti yang pernah kalian pelajari? 2. Jelaskan cara melakukan melakukan permanannya ? 3. Jelaskan teknik dasar yang ada dalam permaianannyas? ( HOTS)
7.     Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8.     Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (kucing ttikus menggunakan bola).
9.     Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)   Siswa mengamati Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball.melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)   Siswa mengamati Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball. melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan  siswa  lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)   Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan  gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball.
90 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku  melakukan tugas Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball.
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)   Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball. secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)   Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)   Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)   Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan  Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
2)   Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
3)   Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)   Siswa mempraktikkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)   Siswa menerapkan Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis melempar, menangkap dan memukul digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball  
3)   Guru mengamati jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.    Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.    Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3.    Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4.    Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan sotball
5.    Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak melempar menangkap dan memukul dalam permainan softball, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain sotball, manfaat permainan sotball terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6.    Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
10 menit



I.        Penilaian Pembelajaran
1.   Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial

Nama Sekolah  :
Kelas/Semester               : VIII/
Tahun Pelajaran              : 2018/2019
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6








2.    Penilaian Pengetahuan
a.    Tes Tertulis
1)   Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3. 1. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Soft Ball
1.    Siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak spesifik dalam permainan Soft Ball
2.    Siswa dapat Menjelaskan konsep gerak speifik dalam permainan Soft Ball
3.    Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan konsep spesifik dalam permainan Soft Ball
Uraian




Uraian



Uraian
1




1



1

2)     Bentuk Instrumen
Nama                                 : ...........................................................
Kelas                                 : ...........................................................

No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a.     Sebutkan berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball!
b.     Sebutkan berbagai keterampilan gerak memukul bola permainan Soft Ball!

2.
Konsep
a.     Jelaskan berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball!
b.     Jelaskan berbagai keterampilan gerak memukul bola permainan Soft Ball!

3.
Prosedur
a.     Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball!
b.     Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak memukul bola permainan Soft Ball!


3)     Pedoman penskoran
a)   Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)   Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)   Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)   Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

4)   Pengolahan skor

No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55
D
Kurang









b.    Penugasan
1.    Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                    : SMPN
Kelas/ Semester                 : VIII/
Tahun Pelajaran                 : 2018/2019
Mata Pelajaran                   : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3. 2. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Soft Ball
Siswa dapat menjelaskan keterampilan dasar melempar, menangkap dan memukul pada permainan Soft Ball
Penugasan

2.      Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball sertakan pula  gambarnya!


3.    Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan modifikasi  permainan bulutangkis sesuai dengan keterampilan dasar pukulan forehand, backhand dan serve dalam permainan Soft Ball
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )





2) Bentuk Tes
Lakukan teknik dasar melempar, menangkap dan memukul bola. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Sikap awal
Sikap pelaksanaan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                                 Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses =  ----------------------------------------- X 100%
                                                         Jumlah skor maksimal

1)     Pedoman penskoran
(1) Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)  pandangan mata ke arah datangnya bola
(b) badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c)  lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2) Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)      bola didorong dari depan
(b)     kedua lengan lurus ke depan
(c)      badan dicondongkan ke depan
(d)     pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
(3) Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)  badan tetap condong ke depan
(b) pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
(c)  kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

Kriteria penilaian produk pukulan
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
……. > 25 kali
……. > 20 kali
100%
Sangat Baik
20 – 24 kali
16 – 19 kali
90%
Baik
15 – 19 kali
12 – 15 kali
80%
Cukup
11 – 14 kali
8 – 11 kali
70%
Kurang
…… < 10 kali
…… < 7 kali
60%
Kurang Sekali


Kriteria penilaian produk lemparan dan tangkapan
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
……. > Angka 30
……. > Angka 25
100%
Sangat Baik
Angka 25 – 29
Angka 20 – 24
90%
Baik
Angka 20 – 24
Angka 15 – 19
80%
Cukup
Angka 15 – 19
Angka 11 – 14
70%
Kurang
……. < Angka 14
……. < Angka 10
60%
Kurang Sekali

Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55
D
Kurang










4.       Program Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1.    Keterampilan
Mengulang materi regular dengan lebih disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)   Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan atas (overhand throw).
2)   Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan samping (side arm throw).
3)   Gerak dasar keterampilan gerak lemparan dengan lecutan tangan.
4)   Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola yang bergulir di tanah (ground ball).
5)   Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola yang melambung (fly ball).
6)   Gerak dasar keterampilan gerak menangkap bola lurus (straight ball).
7)   Gerak dasar keterampilan gerak memukul bola secara perorangan.

Format Remedial

Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VIII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5







2.    Pengetahuan
a.  Jelaskan teknik-teknik dasar dalam permainan bola Soft Ball!
b. Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam permainan bola Soft Ball !

b.      Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts