RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok : Permainan Bola Kecil (Soft
Ball)
Alokasi Waktu : 3 Kali Pertemuan ( 9 JP )
A.
Kompetensi
Inti
1.
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
|
3.
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif,
dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian Materi
|
3.2
Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana
dan atau tradisional. *)
4.2 Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai
permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
|
3.2.1. Mengidentifikasikan
berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball.
3.2.2. Menjelaskan berbagai
gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball.
3.2.3. Menjelaskan cara
melakukan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft
Ball.
4.2.1.Melakukan berbagai gerak
melempar, menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball.
4.2.2.Menggunakan berbagai
gerak melempar, menangkap, dan memukul bola dalam bentuk permainan Soft Ball
yang dimodifikasi.
|
Penguatan
Pendididkan Karakter :
1. Reigius,
mandiri, toleransi, tanggung jawab, sportif dan kerja keras
2. Mengaplikasikan
pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi
3. Kreatif,
berfikir kritis dan mampu mengkomunikasikan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama
Selama dan setelah
mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasikan berbagai gerak melempar dan
menangkap bola permainan Soft Ball
b. Menjelaskan berbagai gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball
2. Pertemuan Kedua
Selama dan setelah
mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasikan berbagai gerak memukul bola
permainan Soft Ball
b. Menjelaskan berbagai gerak memukul bola permainan Soft
Ball
c. Melakukan dan menggunakan berbagai gerak memukul bola dalam bentuk permainan Soft
Ball yang dimodifikasi
3. Pertemuan Ketiga
Selama dan setelah
mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasikan berbagai gerak melempar,
menangkap, dan memukul bola permainan Soft Ball
b. Menjelaskan berbagai gerak melempar, menangkap, dan
memukul bola permainan Soft Ball
c. Melakukan dan menggunakan berbagai gerak melempar, menangkap, dan memukul bola
dalam bentuk permainan Soft Ball yang dimodifikasi
D. Materi Pembelajaran
Tema : Permainan Bola Kecil
Sub Tema : Permainan Soft Ball
1. Materi
Reguler
a. Pertemuan
kesatu
(1)
Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pelambung bola softball (pitcher),
(2)
Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar memegang tongkat softball (stick),
b.
Pertemuan
kedua
(1)
Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pukulan swing bola softball,
(2)
Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pukulan tumbuk (bunt) bola softball,
c.
Pertemuan
ketiga
(1)
Melakukan kombinasi aktivitas bermain prinsip dasar memegang tongkat dan memukul bola
(2)
Melakukan kombinasi aktivitas bermain prinsip dasar pelambung (pitcher)
dan memukul bola
- Materi
Remedial
Materi Reguler yang
disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
(1)
Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pelambung bola softball(pitcher),
(2)
Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar memegang tongkat softball (stick),
(3)
Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pukulan swing bola softball,
(4)
Melakukan variasi aktivitas bermain prinsip dasar pukulan tumbuk (bunt) bola softball,
(5)
Melakukan kombinasi aktivitas bermain prinsip dasar memegang tongkat dan
memukul bola
(6)
Melakukan kombinasiaktivitas bermain prinsip dasar pelambung (pitcher)
dan memukul bola
3.
Materi Pengayaan
Materi Reguler yang
dikembangkan dalam bentuk permainan yang sesungguhnya dengan peraturan sederhana.
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model :
Iquiry/Discovery
Learning
Metode : Demonstrasi, Part and whole,
resiprocal dan Penugasan
F.
Media dan Alat
/ bahan
1.
Media Pembelajaran :
a. Gambar variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar,
menangkap, memukul bola, berlari menuju base, dan sliding permainan Soft Ball.
b. Model siswa
atau guru yang memperagakan variasi dan kombinasi keterampilan gerak melempar, menangkap, memukul bola,
berlari menuju base, dan sliding
permainan Soft Ball.
4. Alat
Pembelajaran :
a. Bola Soft
Ball atau bola sejenisnya (bola terbuat dari karet, dll).
b. Lapangan
permainan Soft Ball atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket atau halaman
sekolah).
c. Tiang
pancang atau sejenisnya.
d. Peluit
dan Stopwatch.
e. Lembar
Pratikum Siswa (Judul: Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).
G.
Sumber Pembelajaran
1. Muhajir,
Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VII
Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
2. Muhajir
dan Budi Sutrisno, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan,
SMP/M.Ts Kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud
RI, 2016.
3. Bahan
Ajar Pembelajaran Permainan SoftBall, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Kesatu
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
WAKTU
|
|
Pendahuluan
|
1.
Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah
satu Siswa, dan absensi.
2.
Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan
Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas
fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.
Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan
dilaksanakan, yaitu : melempar dan menangkap dalam
perminan softball dengan
baik serta dilakuakan secara sportif, kerja
sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.
Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan
materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.
Guru menghubungkan kaitan materi yang akan
dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6. Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak melempar dan menangkap permainan soft ball melalui
pertanyaan : 1.
Bedakan permainan sottball dan kasti yang pernah kalian pelajari? 2. Jelaskan
cara melakukan melakukan permanannya ? 3. Jelaskan teknik dasar yang ada
dalam permaianannyas? ( HOTS)
7.
Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan
antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik
untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk
mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko
cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak
persendian lebih luas.
8.
Melakukan aktivitas permainan
kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (Kucing – ttikus
menggunakan bola).
9.
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi
pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa,
mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
|
20 menit
|
|
Inti
|
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
|
1) Siswa mengamati keterampilan gerak
spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball melalui
pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta
didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2) Siswa mengamati keterampilan gerak
spesifik melempar dan menangkap bola dalam
permainan Soft Ball melalui Video
3) keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan
memukul bola dalam permainan Soft Ball
|
100 menit
|
Tahap 2 Merencanakan
|
1) Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan
eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2) Siswa yang sudah
terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok
menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3) Kelompok pelaku
melakukan tugas keterampilan melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft
Ball
4) Kelompok pengamat
memegang lembar kerja siswa mengisi segala
informasi yang terjadi selama mengamati
5) Siswa Menentukan
kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki
waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
|
||
Tahap 3 Menggumpulkan dan
menganalisis data
|
1) Siswa mempraktikkan keterampilan gerak
spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin yang
dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling
mengoreksi kesalahan temannya.
2) Siswa mempraktikkan keterampilan gerak
spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama
praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3) Siswa mempraktikkan keterampilan gerak memukul
bola dalam permainan Soft Ball secara berkelompok (bermain
2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik
tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4) Siswa mempraktikkan keterampilan melempar,
menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama
praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
|
||
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
|
1) Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama
mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak
spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball
2) Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan
kelebihan dari keterampilan gerak spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft
Ball
3) Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang
akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
|
||
Tahap 5 Penerapan dan tindak
lanjut
|
1) Siswa mempraktikkan keterampilan gerak
spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
menunjukkan nilai kerja sama,
sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin yang
dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
2) Siswa menerapkan keterampilan gerak
spesifik melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil)
dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain
(yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis lempran dan
tangkapan digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran
jauh siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek,
maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik
melempar dan menangkap bola dalam permainan Soft Ball
3) Guru mengamati
jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan
tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung
diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas
selama bermain.
|
||
Penutup
|
1. Salah satu Siswa di
bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa
manfaatnya.
2. Guru merefleksi
pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3. Guru memfasilitasi
siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan
informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4. Guru
menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan
permainan sotball
5. Guru menugaskan
Siswa untuk membaca dan membuat catatan
tentang keterampilan gerak melempar dan menangkap dalam permainan softball, otot-otot yang
dominan bekerja saat bermain sotball, manfaat permainan sotball terhadap
kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6. Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan
menyampaikan salam.
|
15 menit
|
Pertemuan
Kedua
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
WAKTU
|
|
Pendahuluan
|
1.
Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah
satu Siswa, dan absensi.
2.
Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan
Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas
fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.
Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan
dilaksanakan, yaitu : memukul dalam
permaianan sotft ball dengan baik serta
dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.
Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan
materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.
Guru menghubungkan kaitan materi yang akan
dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6. Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak memukul dalam permainan soft ball melalui
pertanyaan : 1.
Bedakan permainan sottball dan kasti yang pernah kalian pelajari? 2. Jelaskan
cara melakukan melakukan permanannya ? 3. Jelaskan teknik dasar yang ada
dalam permaianannyas? ( HOTS)
7.
Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan
antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik
untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk
mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko
cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak
persendian lebih luas.
8.
Melakukan aktivitas permainan
kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (kuciing tikus
menggunakan bola).
9.
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi
pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa,
mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
|
20 menit
|
|
Inti
|
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
|
1) Siswa mengamati keterampilan gerak
spesifik memukul dalam
permainan Soft Ball.melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2) Siswa mengamati keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball. melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan siswa
lain yang
dianggap mampu atau contoh dari guru.
3) Siswa saling mengajukan
pertanyaan berkaitan
dengan keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball.
|
90 menit
|
Tahap 2 Merencanakan
|
1) Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan
eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2) Siswa yang sudah
terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok
menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3) Kelompok pelaku melakukan tugas keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball.
4) Kelompok pengamat
memegang lembar kerja siswa mengisi segala
informasi yang terjadi selama mengamati
5) Siswa Menentukan
kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki
waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
|
||
Tahap 3 Menggumpulkan dan
menganalisis data
|
1) Siswa mempraktikkan keterampilan gerak
spesifik memukul dalam
permainan Soft Ball. secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru
dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan
arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak
bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan
temannya.
2) Siswa mempraktikkan keterampilan gerak
spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama
praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3) Siswa mempraktikkan keterampilan gerak
spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama
praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
|
||
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
|
1) Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama
mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak
spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball
2) Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan
kelebihan dari keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam
permainan Soft Ball
3) Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang
akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
|
||
Tahap 5 Penerapan dan tindak
lanjut
|
1) Siswa mempraktikkan keterampilan gerak
spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan
arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama
praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2) Siswa menerapkan keterampilan gerak
spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil)
dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain
(yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis melempar, menangkap dan
memukul digunakan dengan sasaran yang akan
dicapai, misalnya jika sasaran jauh siswa
akan keterampilan gerak passing bawah yang
tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik melempar, menangkap dan memukul bola dalam
permainan Soft Ball
3) Guru mengamati
jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan
tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung
diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas
selama bermain.
|
||
Penutup
|
1. Salah satu Siswa di
bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa
manfaatnya.
2. Guru merefleksi
pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3. Guru memfasilitasi
siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan
informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4. Guru
menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan
permainan sotball
5. Guru menugaskan
Siswa untuk membaca dan membuat catatan
tentang keterampilan gerak memukul dalam permainan softball, otot-otot yang
dominan bekerja saat bermain sotball, manfaat permainan sotball terhadap
kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6. Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan
menyampaikan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan
Ketiga
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
WAKTU
|
|
Pendahuluan
|
1. Berbaris, memberi salam,
berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.
Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan
Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas
fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.
Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan
dilaksanakan, yaitu : Variasi dan kombinasi melempar,
menanggkap dan memukul dalam permaianan soft ball dengan baik serta dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan
toleransi.
4.
Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan
materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.
Guru menghubungkan kaitan materi yang akan
dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6. Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi variasi dan kombinasi keterampilan melempar, menangkap dan
memukul permainan soft ball melalui pertanyaan : 1. Bedakan permainan sottball dan kasti yang
pernah kalian pelajari? 2. Jelaskan cara melakukan melakukan permanannya ? 3.
Jelaskan teknik dasar yang ada dalam permaianannyas? ( HOTS)
7.
Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan
antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik
untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk
mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko
cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak
persendian lebih luas.
8.
Melakukan aktivitas permainan
kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (kucing ttikus
menggunakan bola).
9.
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi
pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa,
mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
|
20 menit
|
|
Inti
|
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
|
1) Siswa mengamati Variasi dan kombinasi teknik melempar,
menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball.melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2) Siswa mengamati Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan
memukul dalam permainan Soft Ball. melalui pengamatan
buku teks pelajaran dan peragaan siswa lain yang dianggap mampu atau
contoh dari guru.
3) Siswa saling mengajukan
pertanyaan berkaitan
dengan keterampilan gerak spesifik memukul dalam permainan Soft Ball.
|
90 menit
|
Tahap 2 Merencanakan
|
1) Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan
eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2) Siswa yang sudah
terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok
menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3) Kelompok pelaku melakukan tugas Variasi dan kombinasi teknik
melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball.
4) Kelompok pengamat
memegang lembar kerja siswa mengisi segala
informasi yang terjadi selama mengamati
5) Siswa Menentukan
kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki
waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
|
||
Tahap 3 Menggumpulkan dan
menganalisis data
|
1) Siswa mempraktikkan Variasi
dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft
Ball. secara
berpasangan mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak
bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan
temannya.
2) Siswa mempraktikkan Variasi
dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul dalam permainan Soft Ball secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama
praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3) Siswa mempraktikkan Variasi
dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball
secara berkelompok (bermain 3 lawan 1) mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama
praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
|
||
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
|
1) Siswa
mendiskusikan data yang
diperoleh selama mencermati dalam pengamatan Variasi dan kombinasi teknik melempar,
menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball
2) Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan
kelebihan dari Variasi dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft
Ball
3) Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang
akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
|
||
Tahap 5 Penerapan dan tindak
lanjut
|
1) Siswa mempraktikkan Variasi
dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball
mencari jawaban yang dipertanyakan guru
dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama
praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2) Siswa menerapkan Variasi
dan kombinasi teknik melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball
dengan peraturan dimodifikasi (lapangan
kecil) dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain
(yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis melempar, menangkap dan
memukul digunakan dengan
sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek,
maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik
melempar, menangkap dan memukul bola dalam permainan Soft Ball
3) Guru mengamati
jalannya permainan, bila ada Siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan
tangan dan Siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung
diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas
selama bermain.
|
||
Penutup
|
1. Salah satu Siswa di
bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa
manfaatnya.
2. Guru merefleksi
pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3. Guru memfasilitasi
siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan
informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4. Guru
menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan
permainan sotball
5. Guru menugaskan
Siswa untuk membaca dan membuat catatan
tentang keterampilan gerak melempar menangkap dan memukul dalam permainan softball,
otot-otot yang dominan bekerja saat bermain sotball, manfaat permainan sotball
terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6. Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan
menyampaikan salam.
|
10 menit
|
I.
Penilaian
Pembelajaran
1. Penilaian
Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah :
Kelas/Semester :
VIII/
Tahun Pelajaran :
2018/2019
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tanda
Tangan
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tertulis
1) Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
|
3. 1. Memahami konsep
gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau
tradisional.*
|
Permainan Soft
Ball
|
1. Siswa
dapat mengidentifikasi
konsep gerak spesifik dalam
permainan Soft Ball
2. Siswa
dapat Menjelaskan konsep
gerak speifik dalam permainan Soft Ball
3. Siswa
dapat Menjelaskan cara
melakukan konsep spesifik dalam permainan Soft Ball
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
2) Bentuk Instrumen
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL
UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a.
Sebutkan berbagai keterampilan
gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball!
b.
Sebutkan berbagai keterampilan
gerak memukul bola permainan Soft Ball!
|
|
2.
|
Konsep
a.
Jelaskan berbagai keterampilan
gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball!
b.
Jelaskan berbagai keterampilan
gerak memukul bola permainan Soft Ball!
|
|
3.
|
Prosedur
a.
Jelaskan cara melakukan berbagai
keterampilan gerak melempar dan menangkap bola permainan Soft Ball!
b.
Jelaskan cara melakukan berbagai
keterampilan gerak memukul bola permainan Soft Ball!
|
|
3) Pedoman penskoran
a) Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b) Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c) Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d) Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
4) Pengolahan skor
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
b. Penugasan
1. Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah :
SMPN
Kelas/ Semester : VIII/
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Mata Pelajaran :
PJOK
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3. 2. Memahami konsep
gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau
tradisional.*
|
Permainan Soft
Ball
|
Siswa dapat menjelaskan keterampilan dasar melempar,
menangkap dan memukul pada permainan Soft Ball
|
Penugasan
|
2. Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar melempar, menangkap
dan memukul dalam permainan Soft Ball sertakan pula gambarnya!
3. Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir instrument
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas
(Keterampilan)
|
Siswa melakukan
modifikasi permainan bulutangkis
sesuai dengan keterampilan dasar pukulan forehand, backhand dan serve dalam
permainan Soft Ball
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilain
Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )
|
2) Bentuk Tes
Lakukan teknik dasar melempar,
menangkap dan memukul bola. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan
melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian
Produk/Prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap awal
|
Sikap pelaksanaan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor
yang diperoleh
Penilaian Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
1) Pedoman penskoran
(1) Sikap
awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a) pandangan
mata ke arah datangnya bola
(b) badan
sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c) lutut
ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar.
(2) Sikap
pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a) bola didorong dari
depan
(b) kedua lengan lurus ke
depan
(c) badan dicondongkan ke
depan
(d) pandangan mata tertuju
pada lepasnya bola
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
(3) Sikap akhir melakukan
gerakan
Skor Baik jika :
(a) badan
tetap condong ke depan
(b) pandangan
mata tertuju pada lepasnya bola
(c) kaki
kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar.
Kriteria penilaian produk pukulan
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……. > 25 kali
|
……. > 20 kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
20 – 24 kali
|
16 – 19 kali
|
90%
|
Baik
|
15 – 19 kali
|
12 – 15 kali
|
80%
|
Cukup
|
11 – 14 kali
|
8 – 11 kali
|
70%
|
Kurang
|
…… < 10 kali
|
…… < 7 kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Kriteria penilaian produk lemparan dan
tangkapan
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
……. > Angka 30
|
……. > Angka 25
|
100%
|
Sangat Baik
|
Angka 25 – 29
|
Angka 20 – 24
|
90%
|
Baik
|
Angka 20 – 24
|
Angka 15 – 19
|
80%
|
Cukup
|
Angka 15 – 19
|
Angka 11 – 14
|
70%
|
Kurang
|
……. < Angka 14
|
……. < Angka 10
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Rentang
nilai pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
4. Program
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1. Keterampilan
Mengulang materi regular dengan lebih
disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1) Gerak
dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan atas (overhand throw).
2) Gerak
dasar keterampilan gerak lemparan dengan ayunan samping (side arm throw).
3) Gerak
dasar keterampilan gerak lemparan dengan lecutan tangan.
4) Gerak
dasar keterampilan gerak menangkap bola yang bergulir di tanah (ground ball).
5) Gerak
dasar keterampilan gerak menangkap bola yang melambung (fly ball).
6) Gerak
dasar keterampilan gerak menangkap bola lurus (straight ball).
7) Gerak
dasar keterampilan gerak memukul bola secara
perorangan.
Format Remedial
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
: VIII
|
Tanggal Ulangan Harian
|
:
..................................................................................
|
Tanggal Remidial
|
:
..................................................................................
|
No.
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai sebelum
|
Nilai sesudah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a. Jelaskan
teknik-teknik dasar dalam permainan bola Soft Ball!
b. Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam
permainan bola Soft Ball !
b. Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang
sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.
No comments:
Post a Comment