RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester : IX (Ganjil )
Alokasi Waktu : 2 x 2 x 40 menit (2 x pertemuan )
Standar Kompetensi
Mempraktikan berbagai teknik dasar permainan dan olahraga, dan nilai-nilai yang terkandung di
dalamnya
Kompetensi Dasar
Mempraktikkan variasi dan kombinasi teknik dasar salah satu permainan
dan olahraga beregu bola besar lanjutan dengan
koordinasi yang baik serta nilai kerjasama, toleransi, percaya dini,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan**)
Indikator
·
Melakukan Variasi
dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing
atas, servis, smsh dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola
penyerangan dan pola pertahanan bola voli dengan menggunakan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan
A. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat melakukan variasi dan
kombinasi
teknik dasar passing atas bolavoli, dengan benar
b.
Siswa dapat melakukan variasi dan
kombinasi
teknik dasar passing bawah bolavoli, dengan benar
c.
Siswa dapat melakukan variasi dan
kombinasi
teknik dasar smash bolavoli tanpa awalan, dengan benar
d.
Siswa dapat bermain bolavoli
dengan baik menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk memupuk nilai kerja sama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai teman
v Karakter siswa
yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya
diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
B. Materi Pembelajaran
Permainan Bolavoli
·
Variasi dan kombinasi teknik dasar passing bawah, passing
atas, servis, smash dan bendungan secara berkelompok dalam bentuk pola
penyerangan dan pola pertahanan bola voli dengan menggunakan koordinasi yang baik
·
Bermain dengan
peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan nilai kerjasama,
toleransi, percaya dini, keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat
dan peralatan
C. Metode
Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Ceramah
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Perminan (Game)
5. Saling menilai sesama teman
(Resiprocal)
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (2 x 40 menit)
1
Kegiatan
Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris
mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa
dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru
menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru
menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan
motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan
pemanasan yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2 Kegiatan Inti
Ø Variasi dan kmbinasi teknik dasar (passing atas dan bawah
) dengan rincian kegiatan sebagai berikut :
-
Melakukan passing atas dan bawah
dengan cara menangkap lalu mendorong yang diawali dengan bola dilambung di
tempat (berpasangan/kelompok)
-
Melakukan passing atas dan bawah
dengan cara mendorong bola di tempat (berpasangan/kelompok)
-
Melakukan passing atas dan bawah
sambil bergerak (perorangan/kelompok)
-
Melakukan passing atasdan bawah
langsung (berpasangan/kelompok )
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g) Bermain
bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik
dasar Passing bawah, passing atas, smash dan servis (Sportif,
Kerjasama, dan Percaya diri)
h) memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.
Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.
Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
b. melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
c. memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
Pertemuan 2 (2 x 40 menit)
1 Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan
Explorasi
a.
Apersepsi
- Berbaris
mengecek kehadiran siswa (Disiplin),
- Berdoa
dan salam untuk memulai pembelajaran(religius),
- Guru
menggali pengetahuan awal siswa tentang materi yang akan diajarkan (rasa ingin tahu)
- Guru
menjelakskan tentang kompetensi yang akan dicapai
b. Motivasi
- Memberikan
motivasi kepada siswa untuk mengikuti pembelajaran (tekun
dan Kerja keras)
- Memberikan
pemanasan yang sesuai dengan materi dan
mengembangkan kebugaran peserta didik melalui permainan (Sportif , kerjasama dan tanggung jawab)
2 Kegiatan Inti
Ø Variasi
dan kombinasi teknik dasar (passing bawah dan atas ) dengan rincian kegiatan
sebagai berikut :
-
Melakukan passing bawah dengan cara mendorong bola di
tempat (berpasangan)
-
Melakukan passing bawah dengan
cara menangkap lalu mendorong yang diawali dengan bola dilambung di tempat
(berpasangan/kelompok)
-
Melakukan passing bawah sambil
bergerak (kelompok)
-
Melakukan passing bawah
langsung (berpasangan )
Kegiatan
Elaborasi
a) memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru
baik secara lisan maupun tertulis;
b) memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
c) memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
d) memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
e) memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
f) memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
g) Bermain
bola voli dengan peraturan yang dimodifikasi dengan menggunakan teknik
dasar Passing bawah, passing atas, smash dan servis (Sportif,
Kerjasama, dan Percaya diri)
h) memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Kegiatan Konfirmasi
a.
Mengoreksi kesalahan-kesalahan umum yang terjadi
b.
Memberi tugas latihan gerak sebagai penguatan materi
c.
Menganalisis materi pembelajaran melalui analisis teknik dasar.
d.
Meluruskan pemahaman teknik gerak yang dipelajari
3. Kegiatan Penutup
a.
bersama-sama dengan peserta didik
dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan
pelajaran;
b. melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
c. memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
d. merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
E. Sumber
Belajar
-
Ruang terbuka yang datar dan aman
-
Bola
-
Buku teks
-
Buku referensi, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas VIII, Jakarta :
Erlangga
-
Lembar Kerja Proses Belajar, Roji,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian:
- Tes unjuk kerja
(psikomotor):
Lakukan teknik dasar passing, servis, smash
dan block, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan
(penilain proses) dan ketepatan melakukan gerakan (penilaian produk)
No
|
Nama Siswa
|
Passing
|
Servis
|
Smash
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Kriteria Penilaian Produk/prestasi teknik dasar (passing
atas dan bawah ke sasaran tembok) selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 30 Kali
|
... > 25 Kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
27 – 29 Kali
|
22 – 24 Kali
|
90%
|
Baik
|
24 – 26 Kali
|
19 – 21 Kali
|
80%
|
Cukup
|
21 – 23 Kali
|
16 – 18 Kali
|
70%
|
Kurang
|
... < 21 Kali
|
... < 16 Kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Penilaian produk/prestasi teknik
dasar servis bawah melewati jaring sebanyak 6 kali
(skor maksimal 6 x 5 = 30)
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 25 Angka
|
... > 23 Angka
|
100%
|
Sangat Baik
|
22 – 24 Angka
|
20 – 22 Angka
|
90%
|
Baik
|
19 – 21 Angka
|
17 – 19 Angka
|
80%
|
Cukup
|
16 – 18 Angka
|
14 – 16 Angka
|
70%
|
Kurang
|
... < 16 Angka
|
... < 14 Angka
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Penilaian produk/prestasi teknik
dasar smash melewati jaring sebanyak 6 kali
(skor maksimal 6 x 5 = 30)
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifiksi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
... > 25 Angka
|
... > 23 Angka
|
100%
|
Sangat Baik
|
22 – 24 Angka
|
20 – 22 Angka
|
90%
|
Baik
|
19 – 21 Angka
|
17 – 19 Angka
|
80%
|
Cukup
|
16 – 18 Angka
|
14 – 16 Angka
|
70%
|
Kurang
|
... < 16 Angka
|
... < 14 Angka
|
60%
|
Kurang Sekali
|
- Pengamatan sikap
(afeksi):
Dilakukan
selama siswa mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Taati aturan permainan, kerjasama dengan
teman satu tim dan tunjukkan perilaku sportif, keberanian, percaya diri dan
menghargai teman
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
|||||||||||||||||
Disiplin
|
Jujur
|
Kerjasama
|
T. Jwab
|
Sportif
|
Aturan
|
||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif =
------------------------------------ X 100%
Jumlah skor maksimal
- Tes Pengetahuan (kognitif):
Jawab secara lisan atau peragakan
dengan baik, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep gerak dalam permainan
bolavoli
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap yang dinilai
|
∑
|
NA
|
||||||||||||||
Soal No.1
|
Soal No.2
|
Soal No.3
|
Soal No.4
|
Soal No. 5
|
||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
Butir Pertanyaan :
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1
|
Jelaskan yang dimaksud pola penyerangan dalam perminan bola voli !
|
2
|
Sebutkan macam-macam pola penyerangan dalam permainan bola voli ?
|
3
|
Jelaskan cara melakukan bendungan permainan bola voli !
|
4
|
Jelaskan cara melakukan latihan kombinasi
passing dan smash tanpa awalan !
|
5
|
Jelaskan cara melakukan latihan kombinasi
passing, servis dan smash !
|
Tugas Tidak Terstruktur :
Siswa membuat makalah tentang Bola Voli
yang mencakup sejarah, aturan permainan, teknik Permainannya
2. Rekapitulasi Nilai
:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah
|
Nilai Akhir
|
Kriteria
|
||
Psikomotor
|
Afektif
|
Kognitif
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor Yang Diperoleh
Nilai Akhir ( NA)
= ----------------------------------------------
Tiga Aspek Penilian
Keterangan
:
·
Sangat Baik = 91 – 100 %
·
Baik = 80 – 90 %
·
Cukup = 70 – 79 %
·
Kurang = 60 – 69 %
·
Kurang Sekali = Kurang dari 60%
No comments:
Post a Comment