RENCANA
PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 6 / 3
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Sekolahku (alat – alat sekolah )
KD : 1. 2 –
2 . 3 – 2 . 4 – 2 . 11 – 3 . 9 – 4 . 9
– 3 . 12 – 4 . 12.
Materi : -
Kelestarian alat – alat sekolah
-
Berkreasi dengan berbagai media
-
Penataan lingkungan kelas
-
Tidak mengganggu teman
-
Pengenalan alat – alat sekolah
-
Pengenalan huruf vokal dan
konsonan
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : - Alat
– alat sekolah ( buku,pensil,tas,krayon,penghapus dll )
-
Gambar buku
- Pensil
- Krayon
Karakter : Kerja keras
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru menunjukkan gambar alat-alat sekolah
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati gambar alat-alat
sekolah
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang alat-alat sekolah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait yang diamati.
Apa saja alat-alat sekolah ?
Ada berapa macam alat sekolah ?
Apa kegunaan alat-alat sekolah tersebut ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai alat sekolah.
- Guru memberikan pertanyaan tentang alat sekolah.
· Bagaimana alat sekolah yang diamati?
· Apa saja alat sekolah yang kalian bawa?
· Sebutkan macam –macam alat sekolah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang
sudah terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mengelompokkan alat-alat untuk
sekolah
- Anak dapat mengurutkan pola
gambar alat-alat sekolah
- Anak dapat membuat bentuk buku
- Anak dapat menyebutkan huruf vocal nama
alat-alat sekolah
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5. Penguatan
pengetahuan yang didapat anak
D. PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama
hari ini
2.
Bercerita pendek yang berisi
pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.
Anak diberi waktu untuk
menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.
Anak didorong untuk menumbuhkan
keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru mendorong anak agar tumbuh
keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.
Guru menyampaikan rencana ke
depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.
Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN PEMBELAJARAN
|
HASIL PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Tidak
mengganggu teman
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan alat-alat sekolah
|
|
|
|
|
Dapat
menjaga kelestarian alat-alat sekolah
|
|
|
|
|
|
Dapat
mengelompokkan alat-alat sekolah
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mengurutkan pola alat-alat sekolah
|
|
|
|
|
Dapat
menyebutkan huruf vokal dan konsonan dari kata
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment