Kreativitas dapat ditumbuhkembangkan
melalui suatu proses yang terdiri dari beberapa faktor yang dapat
mempengaruhinya. Menurut Cece Wijaya dan Tabrani Rusyan (1991:189-190)
kreativitas secara umum dipengaruhi kemunculannya oleh adanya berbagai
kemampuan yang dimiliki, sikap dan minat yang positif dan tinggi terhadap
bidang pekerjaan yang ditekuni, serta kecakapan melaksanakan tugas-tugas.
Tumbuhnya kreativitas di kalangan guru profesional dipengaruhi oleh beberapa
hal, diantaranya:
•
Iklim kerja
yang memungkinkan para guru meningkatkan pengetahuan dan kecakapan dalam
melaksanakan tugas.
•
Kerjasama
yang cukup baik antara berbagai personel pendidikan dalam memecahkan
permasalahan yang dihadapi.
•
Pemberian
penghargaan dan dorongan semangat terhadap setiap upaya yang bersifat positif
bagi para guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.
•
Perbedaan
status yang tidak terlalu tajam di antara personel sekolah sehingga
memungkinkan terjalinnya hubungan manusiawi yang lebih harmonis.
•
Pemberian
kepercayaan kepada para guru untuk meningkatkan diri dan mempertunjukkan karya
dan gagasan kreatifnya.
•
Menimpakan
kewenangan yang cukup besar kepada para guru dalam melaksanakan tugas dan
memecahkan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan tugas
•
Pemberian
kesempatan kepada para guru untuk ambil bagian dalam merumuskan
kebijaksanaan-kebijaksanaan yang merupakan bagian dalam merumuskan kebijakan-kebijakan
yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan di sekolah yang bersangkutan,
khususnya yang berkaitan dengan peningkatan hasil belajar.
No comments:
Post a Comment