Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Sunday, March 29, 2020

SEJARAH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI



1.     Telegraf, pertama kali ditemukan oleh Samuel Finley Breese Morse, seorang peneliti Amerika pada tahun 1837 dan di Inggris pada tahun yang sama oleh Sir Charles Wheathone yang bekerja sama dengan Sir William F. Cooke.
2.     Telepon, ditemukan oleh Alexsander Graham Bell pada tahun 1876. yang pada saat itu telepon hanya berfungsi untuk 2 telepon yang tersambung. pada tahun 1879 sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor telepon. pada tanggal 10 Juli 1962 NASA dan Bell System, mengirimkan satelit Telstar ke anggkasa, yang kemudian dijadikan untuk telepon antar Negara.
3.     Radio, ditemukan pada tahun 1910 yang dapat menyirkan berita secara langsung ke seluruh amerika oleh Lee de Forest.
4.     Televisi, ditemukan 1887 oleh thomes Edison yang hanya dapat dilihat oleh 1 orang dengan cara menginti lubang camera.  1981 William KL Dickson berhasil mengambil gambar brgerak selama 15 detik. tahun 1927 telah ditemukan gambar bergerak (warna hitam putih) yang disertai dengan suara. pada tahun 1938 george Valensi membuat televise berwarna.
5.     Komputer, awalnya adalah sebuah alat untuk menghitung, pada tahun 1642 Blaise Pascal menemukan kalkulator otomatis yang dapat menjumlahkan dan mengurangi dengan cara menggunakan seperangkat roda gigi yang saling berhubungan. tahun 1842 ditemukan computer mekanik oleh Charles Babbage dari inggris yang disebut Difference Engine. tahun 1931 Vannevar Bush menemukan  sebuah alat yang dapat menghitung persamaan matematika yang komples secar otomatis, alat ini merupakan pelopor computer modern.
a.      Komputer generasi pertama : menggunakan tabung vakum dalam jumlah yang banyak sehingga ukurannyapun menjadi besar. tahun 1946 Amerika berhasil mengembangkan computer ENIAC,  tahun 1951 ditemukan  computer UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer 1) yang ukurannya lebih kecil. 
b.     Koputer generasi kedua : tahun 1970-an ditemukan super computer LARK yang digunakan di laburatorium-laboratorium atom untuk menangani data-data penelitian.  pada computer generasi kedua bahasa mesin yang digunakan  menggunakan bahasa assembly yang menggunakan kode-kode berupa singkatan.
c.      Komputer generasi ke tiga : tahun 1958 komputer sudah menggunakan chip yang didalamnya terdapat beberapa komponen sehingga bentuk computer sudah semakin kecil.
d.     computer generasi ke empat :  pada tahun 1971 ditemukan microprocessor yang didalam nya terdapat beberapa chip, sehingga computer menjadi lebih capat dan lebih canggih. Microprocessor pertama (inter 8008) yang digunakan dalam computer yaitu pada tahun 1972, tahun 1989 intel mengeluarkan microprocessor  yang terdiri dari 1.2 juta transistor dan dapat menjalankan 20 juta operasi per detik. tahun 1981 IBM memperkenalkan computer untuk di rumah, di sekolah dan di kantor


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts