RENCANA PROGRAM
PEMBELAJARAN HARIAN (RPPH)
TAMAN KANAK
KANAK
Semester/Minggu
ke/Hari ke : I / 6 / 2
Hari
/tgl :
Kelompok
usia : B
Tema/sub
tema : Lingkunganku / Sekolahku
KD : 2. 1 –
2 . 3 – 2 . 6 – 2 . 9 – 3 . 1 – 4 . 1
– 3 . 15 – 4 . 15.
Materi : - Kebersihan lingkungan sekolah
-
Berkreasi dengan berbagai media
-
Memakai seragam sekolah
-
Tolong menolong dengan teman
-
Menyanyi lagu Taman yang paling
indah
-
Gerakan senam
Kegiatan
main : Kelompok dengan kegiatan pengaman
Alat
dan bahan : -
Gambar baju seragam
- Topi dan dasi
- Pensil
- Krayon
Karakter : Peduli Lingkungan
Proses kegiatan
A. PEMBUKAAN:
1. Penerapan SOP
pembukaan
2.
Guru memfasilitasi anak dengan mengamati sekolah
3. Anak mengamati (dengan berbagai indera) alat,
bahan, sumber atau media
4. Anak diberi kesempatan untuk menanya dan
mengungkapkan perasaannya
5. Gerak dan
lagu
6. Mengenalkan
kegiatan dan aturan yang digunakan bermain
B. INTI
Kegiatan
|
Aktivitas
|
Mengamati
|
- Anak mengamati bangunan sekolah
dari luar
|
Menanya
|
- Guru memberikan kesempatan kepada
anak untuk bertanya tentang bangunan sekolah yang telah diamati
- Dalam keadaan darurat guru memberikan
pertanyaan terkait yang diamati.
Siapa saja yang ada di sekolah ?
Anak yang bersekolah menggunakan apa ?
Kalau ada sampah di sekolah harus diapakan ?
|
Menalar / menggali informasi
|
- Guru memberikan kesempatan kepada anak
untuk menyampaikan pengetahuannya mengenai lingkungan sekolah.
- Guru memberikan pertanyaan
tentang lingkungan sekolah.
· Bagaimana kebersihan lingkungan sekolahmu?
· ada siapa saja di sekolah ini?
· Apa warna baju seragam yang dipakai di
sekolah?
|
Menyimpulkan
|
- Guru menyimpulkan informasi yang sudah
terkumpul
|
Mengkomunikasikan
|
- Anak dapat mewarnai gambar baju seragam
- Anak dapat menghitung dasi/topi
- Anak dapat menebali kata di bawah gambar
sekolahku
|
C. RECALLING:
1. Merapikan
alat-alat yang telah digunakan
2. Diskusi
tentang perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain
3. Bila ada
perilaku yang kurang tepat harus didiskusikan bersama
4. Menceritakan
dan menunjukkan hasil karyanya
5.
Penguatan pengetahuan yang didapat anak
D.
PENUTUP
1.
Menanyakan perasaannya selama
hari ini
2.
Bercerita pendek yang berisi
pesan-pesan
3.
Menginformasikan kegiatan untuk besok
4.
Anak diberi waktu untuk
menyampaikan pengalaman yang diperolehnya di hadapan teman-temannya
5.
Anak didorong untuk menumbuhkan
keinginan dalam menggali pengetahuan lebih jauh lagi
6.
Guru mendorong anak agar tumbuh
keinginan untuk terus menggali pengetahuan yang lebih jauh lagi
7.
Guru menyampaikan rencana ke
depan untuk menindaklanjuti kegiatan selaras dengan ide yang disampaikan anak
8.
Penerapan SOP penutupan
E. RENCANA PENILAIAN
KI
|
INDIKATOR PENCAPAIAN
PEMBELAJARAN
|
HASIL
PENILAIAN
|
|||
BB
|
MB
|
BSH
|
BSB
|
||
Sikap Spiritual
|
Mampu
bekerja sama dan tolong menolong dengan teman
|
|
|
|
|
Sikap Sosial
|
Menggunakan
kata sopan pada saat bertanya
|
|
|
|
|
Pengetahuan
|
Dapat
menyebutkan seragam yang dipakai untuk sekolah
|
|
|
|
|
Dapat
menjaga kebersihan
|
|
|
|
|
|
Dapat
menghitung benda dengan benar
|
|
|
|
|
|
Keterampilan
|
Dapat
mewarnai baju seragam dengan rapi
|
|
|
|
|
Dapat
menebali kata dibawah gambar
|
|
|
|
|
No comments:
Post a Comment