Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, March 28, 2020

RPP PJOK KELAS 8 Materi Tenis Meja


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                : SMP Negeri 
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                     : VIII / 1
Materi Pokok                        : Permainan Bola Kecil (Tenis Meja)
Alokasi Waktu                      : 1 Kali Pertemuan ( 3 JP )

A.      Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami dan  menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Menunjukkan keterampilan  menalar, mengolah, dan  menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
4.2   Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
3.2.1. Mengidentifikasikan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
3.2.2. Menjelaskan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
3.2.3. Menjelaskan cara melakukan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
4.2.1. Melakukan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
4.2.2. Menggunakan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja dalam bentuk sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi.

Penguatan Pendididkan Karakter :
1.    Reigius, mandiri, toleransi, tanggung jawab, sportif dan kerja keras
2.    Mengaplikasikan pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi
3.    Kreatif, berfikir kritis dan mampu mengkomunikasikan




C.      Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
                    a.        Mengidentifikasikan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
                    b.        Menjelaskan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
                    c.        Melakukan dan menggunakan  berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja

D.       Materi Pembelajaran
Tema           : Permainan Bola  Kecil
Sub Tema    : Permainan Tenis  Meja

1.    Materi Pembelajaran  reguler
·        berbagai gerak spesifik memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand  permainan tenis meja.

2.    Materi Pembelajaran Remedial
Materi regular yang disederhanakan dengan cara latihan bagian per bagian

3.    Materi Pembelajaran Pengayaan
Materi regular yang dikembangkan ddalam bentuk permainan sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan                : Saintifik
Model                         : Problem Based Learning
Metode                       : Demonstrasi, Part and whole, resiprocal dan Penugasan

F.       Media dan alat / bahan
1.. Media
    Infocus
    Lapangan Tenis Meja
2.. Alat dan Bahan
    Bola Tenis Meja = 10
    Bet                          = 10
    Pluit

G.     Sumber belajar
               a.         Muhajir, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
               b.         Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
               c.         Bahan Ajar Pembelajaran Permainan Tenis Meja, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.

H.      Kegiatan Pembelajaran

Langkah/
tahap
Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan
1.     Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.     Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : keterampilan gerak pukulan forehand, backhand dan serve dalam permaianan tenis meja dengan baik serta  dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.     Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.     Guru menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6.     Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak pukulan dan serve permainan bulutangkis melalui pertanyaan : 1. Bagaimana cara melakukan permainan tenis meja ? 2. Jelaskan teknik dasar yang ada dalam permaianan tenis meja ? ( HOTS)
7.     Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8.     Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (sirkuit).
9.     Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 Menit
Kegiatan Inti
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
·      Guru dan siswa melihat bersama-sama melihat tayangan visual tentang servis, forehand dan backhand dalam permainan tenis meja.
·      Siswa diminta menetapkan satu materi yang dianggap oleh mereka menarik dan cukup sulit
90 Menit
Tahap 2
Organisasi belajar
·      Guru mengeksplorasi pengetahuan anak tentang teknik forehand dalam permainan tenis meja setelah melihat tayangan visual
·      Guru memberitahu beberapa poin yang penting untuk diketahui oleh siswa tentang teknik dasar forehand dalam permainan tenis meja, diantaranya : Grif, stance, footwork dan stroke.
·      Siswa dibagi empat kelompok :
1.                         Kelompok satu grip
 



2.                         Kelompok dua stance
3.                         Kelompok tiga footwork
4.                         Kelompok empat stroke

Tahap 3
Penyelidikan individual maupun kelompok
·      Tiap kelompok diberi tugas untuk mengumpulkan imformasi sebanyak-banyaknya dari berbagai media atau wawancara sesuai dengan tugas kelompok masing-masing

Tahap 4
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
·      Tiap kelompok mencoba hasil temuanya dalam bentuk demontrasi gerak
·      Setiap kelompok mencoba  seluruh teknik dasar forehand
·      Setiap kelompok menampilkan keseluruhan teknik dasar forehand
Tahap 5
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
·      Siswa dari kelompok masing-masing mempresentasikan hasil temuanya diantaranya kesukaran saat melakukan teknik dasar permainan tenis meja, cara melaksanakan teknik dasar forehand yang benar.
·      Guru bersama-sama peserta didik  menyimpulkan dan merefleksi mengenai teknik dasar forehand yang baik.
Penutup
1.    Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.    Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3.    Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4.    Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan Tenis Meja.
5.    Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak pukulan dan serve  dalam permainan tenis meja, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain tenis meja, manfaat permainan ttenis meja terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6.    Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
10 Menit


I.      Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah                 :
Kelas/Semester                              : VIII/
Tahun Pelajaran                             : 2018/2019
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






2.    Penilaian Pengetahuan
a.    Tes Tertulis
1)       Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3. 2. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Tenis meja
1.    Siswa dapat mengidentifikasi konsep gerak spesifik dalam permainan Tenis meja
2.    Siswa dapat Menjelaskan konsep gerak speifik dalam permainan Tenis meja
3.    Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan konsep spesifik dalam permainan tenis meja
Uraian



Uraian



Uraian
1



1



1

2)     Bentuk Instrumen
Nama                                          : ...........................................................
Kelas                                          : ...........................................................
NO
Asfek dan Uji tulis
Jawaban
1
Fakta
a. Tuliskan dua jenis Stroke pada   permainan tenis meja.

2
Konsep
a. Jelaskan secara tertulis prinsif melakukan teknik dasar forehand pada permainan tenis meja.

3
Prosedur
a. Jelaskan secara tertulis cara melakukan teknik dasar farehand dalam permainan tenis meja.


3)     Pedoman penskoran
a)   Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)    Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

c)    Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)    Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

4)     Pengolahan skor

No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55
D
Kurang



b.        Penugasan
1)       Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                       : SMPN
Kelas/ Semester                     : VIII/ Semester 1
Tahun Pelajaran                    : 2018/2019
Mata Pelajaran                      : PJOK
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3. 2. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Tenis meja
Siswa dapat menjelaskan keterampilan dasar pukulan forehand, backhand dan serve pada permainan Tenis meja
Penugasan

2)     Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar pukulan forehand, backhand dan serve dalam permainan  tenis meja sertakan pula gambarnya!

3.    Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan modifikasi  permainan teni meja sesuai dengan keterampilan dasar pukulan forehand, backhand dan serve dalam permainan  tenis meja
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )


2) Bentuk Tes
Siswa diminta untuk melakukan gerak spesifik pukulan forehand permainan tenis meja yang dilakukan berpasangan, berkelompok dalam bentuk bermain. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
Nama Siswa
Sikap awal
Sikap pelaksanaan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4




















































































                                            
                                           Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses =  ----------------------------------------- X 100%
                                               Jumlah skor maksimal

3) Pedoman penskoran
    (1) Sikap awalan melakukan gerakan
Skor baik jika:
(1) pandangan mata ke arah datangnya bola
(2) badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(3) lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan.
    Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
    Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

(2) Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
 Skor baik jika:
(1) pandangan mata ke arah lajunya bola
(2) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara dua kaki.
(3) kedua lengan diayun kearah depan, sehingga arah gerak bola membentuk lintasan lurus.
(4) salah satu kaki kemudian kedua tungkai diluruskan hingga kaki jingjit bersamaan dengan memukul bola.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.

(3) Sikap akhir melakukan gerakan
 Skor baik jika :
(1) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(2) kedua telapak tangan beraga di depan menghadap ke bawah dengan lengan diluruskan ke depan secara   rileks.
(3) kedua tungkai sedikit ditekuk dengan lutut tetap menghadap ke depan dan di buka selebar bahu.
     Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
     Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

Perolehan Nilai
Predikat Nilai
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… ≥ 20 kali
…… ≥ 15 kali
86 - 100
Sangat Baik
17 – 19 kali
12 – 14 kali
71 - 85
Cukup
........ ≤ 13 kali
........ ≤ 8 kali
........ ≤ 55
Kurang

Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55
D
Kurang





4.    Program Remedial dan Pengayaan
                                   a.     Remedial
1.    Keterampilan
Mengulang materi regular dengan lebih disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi dengan menggunankan metode part and whole

Format Remedial

Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VIII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5









2.      Pengetahuan
a.  Jelaskan teknik-teknik dasar dalam permainan Tenis Meja!
b. Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam permainan Tenis Meja !

                   b.     Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.



No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts