RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok : Permainan Bola Kecil
(Tenis Meja)
Alokasi Waktu : 1 Kali Pertemuan ( 3 JP
)
A.
Kompetensi Inti
1.
|
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri dan
bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
|
3.
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang teori.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Memahami
konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan atau
tradisional. *)
4.2 Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai
permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional. *)
|
3.2.1.
Mengidentifikasikan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand,
memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet
dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
3.2.2.
Menjelaskan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand,
memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet
dan memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
3.2.3.
Menjelaskan cara melakukan berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan
backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi
gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan
tenis meja.
4.2.1. Melakukan berbagai gerak
memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand
dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand
dan backhand permainan tenis meja.
4.2.2. Menggunakan berbagai
gerak memegang bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand
dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand
dan backhand permainan tenis meja dalam bentuk sederhana dengan
peraturan yang dimodifikasi.
|
Penguatan
Pendididkan Karakter :
1.
Reigius,
mandiri, toleransi, tanggung jawab, sportif dan kerja keras
2.
Mengaplikasikan
pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi
3.
Kreatif,
berfikir kritis dan mampu mengkomunikasikan
C.
Tujuan
Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a.
Mengidentifikasikan
berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand,
memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan
memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
b.
Menjelaskan
berbagai gerak memegang bet, servis forehand dan backhand,
memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan
memukul forehand dan backhand permainan tenis meja.
c.
Melakukan
dan menggunakan berbagai gerak memegang
bet, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand,
dan variasi gerak memegang bet dan memukul forehand dan backhand permainan
tenis meja
D.
Materi
Pembelajaran
Tema : Permainan Bola Kecil
Sub Tema : Permainan Tenis Meja
1.
Materi Pembelajaran
reguler
·
berbagai
gerak spesifik memegang bet, servis forehand dan backhand,
memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang bet dan
memukul forehand dan backhand permainan
tenis meja.
2.
Materi Pembelajaran Remedial
Materi regular yang
disederhanakan dengan cara latihan bagian per bagian
3.
Materi
Pembelajaran Pengayaan
Materi regular yang
dikembangkan ddalam bentuk permainan sederhana dengan peraturan yang
dimodifikasi
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model :
Problem
Based Learning
Metode : Demonstrasi, Part and
whole, resiprocal dan Penugasan
F.
Media dan alat / bahan
1..
Media
Infocus
Lapangan Tenis Meja
2..
Alat dan Bahan
Bola Tenis Meja = 10
Bet =
10
Pluit
G. Sumber
belajar
a.
Muhajir, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga,
dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta:
Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
b.
Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Guru Pendidikan
Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi
Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
c.
Bahan Ajar Pembelajaran Permainan Tenis Meja,
Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.
H.
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah/
tahap
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Waktu
|
||
Pendahuluan
|
1. Berbaris, memberi salam,
berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2. Guru
mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa
bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada
di pinggir lapangan olahraga.
3. Guru
menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu :
keterampilan gerak pukulan forehand, backhand dan serve dalam permaianan tenis
meja dengan baik serta dilakuakan
secara sportif,
kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4. Guru
menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan
dilaksanakan.
5. Guru
menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan
sehari-hari.
6.
Guru menggali pengetahuan awal
siswa tentang materi keterampilan gerak pukulan dan serve permainan
bulutangkis melalui pertanyaan : 1. Bagaimana cara melakukan permainan tenis meja ? 2.
Jelaskan teknik dasar yang ada dalam permaianan tenis meja ? ( HOTS)
7. Guru
meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan
pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh
tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti
melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat,
untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk
menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8. Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan
sebelum ke materi pembelajaran (sirkuit).
9.
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi
pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa,
mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
|
20 Menit
|
||
Kegiatan
Inti
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
|
·
Guru dan siswa melihat bersama-sama melihat
tayangan visual tentang servis, forehand dan backhand dalam
permainan tenis meja.
·
Siswa diminta menetapkan satu materi
yang dianggap oleh mereka menarik dan cukup sulit
|
90 Menit
|
||
Tahap 2
Organisasi belajar
|
·
Guru mengeksplorasi pengetahuan
anak tentang teknik forehand dalam permainan tenis meja setelah melihat
tayangan visual
·
Guru memberitahu beberapa poin
yang penting untuk diketahui oleh siswa tentang teknik dasar forehand dalam permainan
tenis meja, diantaranya : Grif, stance, footwork dan stroke.
·
Siswa dibagi empat kelompok :
1.
Kelompok satu grip
2.
Kelompok dua stance
3.
Kelompok tiga footwork
4.
Kelompok empat stroke
|
|||
Tahap
3
Penyelidikan individual maupun kelompok
|
·
Tiap kelompok diberi tugas
untuk mengumpulkan imformasi sebanyak-banyaknya dari berbagai
media atau wawancara sesuai dengan tugas kelompok masing-masing
|
|||
Tahap 4
Pengembangan dan
penyajian hasil penyelesaian masalah
|
· Tiap
kelompok mencoba hasil temuanya dalam bentuk demontrasi gerak
· Setiap
kelompok mencoba seluruh teknik dasar
forehand
· Setiap
kelompok menampilkan keseluruhan teknik dasar forehand
|
|||
Tahap 5
Analisis dan evaluasi
proses penyelesaian masalah
|
·
Siswa dari kelompok masing-masing mempresentasikan
hasil temuanya diantaranya kesukaran saat melakukan teknik
dasar permainan tenis meja, cara melaksanakan teknik dasar forehand yang
benar.
·
Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan dan merefleksi mengenai
teknik dasar forehand yang baik.
|
|||
Penutup
|
1.
Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan
gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.
Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja
dilakukan.
3.
Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang pembelajaran
yang selesai dilaksanakan
4.
Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling
baik penampilannya selama melakukan permainan Tenis Meja.
5. Guru menugaskan Siswa
untuk membaca dan membuat catatan tentang
keterampilan gerak pukulan dan serve
dalam permainan tenis meja, otot-otot
yang dominan bekerja saat bermain tenis meja, manfaat permainan ttenis meja terhadap
kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6. Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan
menyampaikan salam.
|
10 Menit
|
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Penilaian Sikap
Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama
Sekolah :
Kelas/Semester : VIII/
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
No
|
Waktu
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tanda Tangan
|
Tindak Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
a. Tes Tertulis
1) Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
|
3.
2. Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan
bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
|
Permainan Tenis
meja
|
1.
Siswa
dapat mengidentifikasi
konsep gerak spesifik dalam permainan Tenis meja
2.
Siswa
dapat Menjelaskan
konsep gerak speifik dalam permainan Tenis meja
3.
Siswa
dapat Menjelaskan
cara melakukan konsep spesifik dalam permainan tenis meja
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
2) Bentuk
Instrumen
Nama :
...........................................................
Kelas : ...........................................................
NO
|
Asfek
dan Uji tulis
|
Jawaban
|
1
|
Fakta
a. Tuliskan dua jenis Stroke pada permainan
tenis meja.
|
|
2
|
Konsep
a. Jelaskan secara
tertulis prinsif melakukan teknik dasar forehand pada
permainan tenis meja.
|
|
3
|
Prosedur
a. Jelaskan secara
tertulis cara melakukan teknik dasar farehand dalam permainan
tenis meja.
|
|
3) Pedoman penskoran
a) Soal nomor 1
Skor
5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor
4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor
3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor
2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b) Soal nomor 2
Skor
5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor
4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor
3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor
2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c) Soal nomor 3
Skor
5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor
4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor
3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor
2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d) Soal nomor 4
Skor
5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor
4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor
3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor
2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
4) Pengolahan skor
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
b.
Penugasan
1) Kisi-kisi
Penugasan
Nama
Sekolah : SMPN
Kelas/
Semester : VIII/ Semester 1
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Mata
Pelajaran : PJOK
No
|
Kompetensi Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
1
|
3. 2. Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan
bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
|
Permainan Tenis meja
|
Siswa dapat menjelaskan
keterampilan dasar pukulan forehand, backhand dan serve pada permainan Tenis
meja
|
Penugasan
|
2) Soal
Penugasan
Deskripsikan
prosedur teknik dasar pukulan forehand, backhand dan serve dalam permainan tenis meja sertakan pula gambarnya!
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Tes Kerampilan
1)
Kisi – kisi
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir instrument
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas (Keterampilan)
|
Siswa melakukan modifikasi permainan teni meja sesuai dengan keterampilan dasar pukulan forehand,
backhand dan serve dalam permainan tenis meja
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment
of Learning )
|
2)
Bentuk Tes
Siswa diminta untuk melakukan
gerak spesifik pukulan forehand permainan tenis meja yang dilakukan
berpasangan, berkelompok dalam bentuk bermain. Unsur-unsur
yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan
ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap awal
|
Sikap pelaksanaan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = ----------------------------------------- X
100%
Jumlah skor maksimal
3) Pedoman
penskoran
(1) Sikap awalan melakukan gerakan
Skor
baik jika:
(1)
pandangan mata ke arah datangnya bola
(2)
badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua
kaki.
(3)
lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan.
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar.
(2)
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor baik jika:
(1) pandangan mata ke arah lajunya bola
(2) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya
terletak di antara dua kaki.
(3) kedua lengan diayun kearah depan, sehingga arah gerak
bola membentuk lintasan lurus.
(4) salah satu kaki kemudian kedua tungkai diluruskan
hingga kaki jingjit bersamaan dengan memukul bola.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang
dilakukan secara benar.
(3)
Sikap akhir melakukan gerakan
Skor baik jika :
(1) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya
terletak di antara kedua kaki
(2) kedua telapak tangan beraga di depan menghadap ke
bawah dengan lengan diluruskan ke depan secara rileks.
(3) kedua tungkai sedikit ditekuk dengan lutut tetap
menghadap ke depan dan di buka selebar bahu.
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria
yang dilakukan secara benar.
Perolehan
Nilai
|
Predikat
Nilai
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
…… ≥ 20 kali
|
……
≥ 15 kali
|
86
- 100
|
Sangat Baik
|
17 – 19 kali
|
12
– 14 kali
|
71
- 85
|
Cukup
|
........ ≤ 13 kali
|
........
≤ 8 kali
|
........
≤ 55
|
Kurang
|
Rentang
nilai pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
4.
Program
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1. Keterampilan
Mengulang
materi regular dengan lebih disederhanakan sedemikian
rupa dengan cara modifikasi dengan menggunankan metode part and whole
Format
Remedial
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
: VIII
|
Tanggal Ulangan Harian
|
: ..................................................................................
|
Tanggal Remidial
|
:
..................................................................................
|
No.
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai sebelum
|
Nilai sesudah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a. Jelaskan teknik-teknik dasar dalam permainan
Tenis Meja!
b.
Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam permainan Tenis Meja !
b. Pengayaan
Materi
reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan
yang sederhana.
No comments:
Post a Comment