Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, March 7, 2020

Cara Mengukur Efektivitas Peralatan



TPM tidak terbatas pada penyelesaian masalah kemacetan saja, namun juga menaikan tingkat efektivitas peralatannya secara total dengan memperbaiki semua faktor-faktor terkait. Faktor-faktor tersebut yaitu :
1.       Ketersediaan (kadar operasional) : ditingkatkan dengan menghilangkan kemacetan, kerugian pengaturan/penyesuaian, dan kerugian penghentian lain.
2.       Kinerja : ditingkatkan dengan menghilangkan kerugian kecepatan, penghentian kecil dan idling.
3.       Kualitas (kadar produk yang berkualitas) : ditingkatkan dengan menghilangkan cacat kualitas dalam proses dan selama permulaan atau start-up.
Kadar operasi, kinerja dan kualitas dapat ditentukan disetiap pusat kerjanya, namun tingkat kepentingan dari masing-masing faktornya berbeda-beda menurut karakteristik dari produk, peralatan dan sistem produksi yang terlibat. Misalnya, apabila tingkat kemacetan dan penyesuaiannya tinggi maka kadar operasinya akan rendah, dan jika banyak penghentian kecil yang terjadi maka kadar kinerjanya akan rendah. Tingginya tingkat efektivitas peralatan hanya dapat dicapai apabila ketiga kadar ini tinggi. berdasarkan Seiichi Nakajima (1989:34), bahwa prinsip-prinsip berikut ini mesti diterapkan pada saat meningkatkan efektivitas peralatan :
  1. Melakukan pengukuran yang terperinci dan akurat.
  2. Membuat prioritas yang jelas
  3. menetapkan arahan atau sasara yang jelas. 


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts