Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, March 31, 2020

JAWABAN Mata Kuliah BAHASA SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI ILMIAH




1. karakteristik bahasa Indonesia ilmiah itu meliputi :
A.    Objektif
B.     Ringkas dan jelas
C.     Cendekia
D.    Formal
Bahasa yang digunakan dalam komunikasi ilmiah bersifat formal. Tingkat keformalan bahasa dalam tulisan ilmiah dapat dilihat pada kosa kata, bentukan kata, dan kalimat. Bentukan kata yang formal adalah bentukan kata yang lengkap dan utuh sesuai dengan aturan pembentukan kata dalam bahasa Indonesia. Kalimat formal dalam tulisan ilmiah dicirikan oleh kelengkapan unsur wajib (subyek dan predikat), ketepatan penggunaan kata fungsi atau kata tugas, kebernalaran isi, dan tampilan esei formal.
Keformalan kalimat dalam artikei ilmiah ditandai oleh :
1.      Kelengkapan unsur wajib (subjek dan predikat),
2.      Ketepatan panggunaan kata fungsi atau kata tugas,
3.      Kebernalaran isi, dan
4.      Tampilan esai formal. Sebuah kalimat dalam artikel  ilmiah satidak-tidaknya memiliki subjek dan predikat.
E.     Konsisten/taat asas

2. Secara umum, sebuah karya ilmiah terbagi dalam tiga bagian besar. Bagian yang dimaksud ialah pendahuluan, isi, dan pembahasan.

3. Isi Rumusan Masalah :
Dari fenomena yang menarik perhatian, penulis harus secara eksplisit mengemukakan masalah yang hendak dibahas. Sebab pada bagian latar belakang, masalah yang hendak dibahas biasanya tidak dikemukakan secara eksplisit. Meski demikian, masalah yang hendak dibahas atau diteliti itu masih harus dibatasi lagi. Hal ini dilakukan agar pembahasan tidak terlalu luas kepada aspek-aspek yang jauh dari relevan. Selain itu, pembatasan masalah penelitian juga akan menolong dalam hal efektivitas penulisan karya ilmiah.

4. Pada latar belakang penulis harus menguraikan apa yang menjadi ketertarikannya pada objek yang diteliti. Menjelaskan tentang alasan dasar dari penulisan yang sedang diteliti. Dan keterangan dari suatu penulisan. Tidak jarang, sebuah makalah atau skripsi mendapat sambutan hangat karena membahas topik-topik yang sedang hangat. Satu aspek lain yang perlu dikemukakan pada bagian ini ialah tinjauan pustaka. Peneliti perlu menyertakan beberapa penelitian yang relevan dengan topik yang dikerjakan. Hal ini dilakukan agar memperjelas pembaca bahwa penelitian yang dilakukan bukan mengulangi berbagai penelitian lainnya.

5. Judul karya ilmiah yang berkenaan dengan anak usia dini :
Upaya Meningkatkan Kemampuan berbahasa Anak Usia Dini Melalui Permainan Boneka Tangan 
Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Bermain Peran
Upaya meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Kegiatan Bermain Harta Karun
Upaya Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Meronce manik-manik
Upaya Peningkatan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Kartu Huruf

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts