Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Tuesday, March 10, 2020

Teori Yang Melandasi Metode Penemuan



a.  Teori Ausabel
   Teori ini terkenal dengan belajarnya. Ausabel membedakan antara belajar menerima dan belajar menemukan. Pada belajar menerima, siswa hanya mengkonsumsi dan menerima rumus-rumus, lalu menghafalkannya. Tetapi pada belajar menemukan, siswa mencari untuk menemukan konsep atau rumus oleh siswa itu sendiri. Belajar menerima identik dengan belajar menghafal. Siswa cenderung menghafalkan materi yang diterimanya. Sedangkan pada belajar bermakna, materi yang pernah diterima siswa dikembangkan sehingga belajar dapat lebih dimengerti.
Teori Ausabel menitikberatkan pada kebermaknaan hasil belajar (penekanan proses), maka teori ini dijadikan salah satu dasar lahirnya pendekatan penemuan.

b.   Teori Bruner
Teori ini kita bisa memahami bila ia terkenal dengan metode penemuannya. Dalam belajar matematika siswa harus menemukan sendiri. Menemukan di sini bukan menemukan yang sama sekali baru, karena materi yang disajikan kepada siswa itu, bentuk akhirnya atau cara mencarinya itu tidak diberitahukan terlebih dahulu. Teori Bruner menitikberatkan kepada guru harus banyak bertindak membimbing daripada memberi tahu.
            Bertitik tolak dari uraian di atas, disimpulkan bahwa teori belajar Ausabel dan Bruner merupakan teori yang melandasi munculnya metode penemuan karena pada teori ini pembelajaran penekanannya pada proses belajar mengajar bukan hasil. Keaktifan siswa lebih mendominasi dalam proses pembelajaran.



No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts