RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok : Permainan Bola Kecil
(Bulutangkis)
Alokasi Waktu : 1 Kali Pertemuan ( 3 JP
)
A.
Kompetensi Inti
1.
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara,
dan kawasan regional.
|
3.
|
Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu
pengetahuan, teknologi,
seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah,
dan menyaji secara kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif,
dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2. Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan
gerak spesifik permainan bola kecil.
4.2 Mempraktikkan
variasi dan kom-binasi keterampilan gerak spesifik berbagai permainan bola
kecil dengan koordinasi yang baik.
|
3.2.1 Mengidentifikasikan berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak
memegang raket dan memukul forehand dan
backhand permainan
bulutangkis.
3.2.2 Menjelaskan berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak dasar
memegang raket dan memukul forehand dan
backhand permainan
bulutangkis.
3.2.3 Menjelaskan cara melakukan berbagai keterampilan
gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak
memegang raket dan memukul forehand dan
backhand permainan
bulutangkis.
4.2.1 Melakukan berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak spesifik memegang raket dan
memukul forehand dan backhand permainan
bulutangkis.
4.2.2 Menggunakan berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak dasar
memegang raket dan memukul forehand dan
backhand dalam
bentuk permainan bulutangkis yang dimodifikasi.
|
Penguatan
Pendididkan Karakter :
1. Reigius,
mandiri, toleransi, tanggung jawab, sportif dan kerja keras
2. Mengaplikasikan
pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi
3. Kreatif,
berfikir kritis dan mampu mengkomunikasikan
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama
Selama dan setelah
mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasikan keterampilan
gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang
raket dan memukul forehand dan backhand permainan
bulutangkis
b. Menjelaskan
berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang
raket dan memukul forehand dan backhand permainan
bulutangkis.
c. Melakukan dan menggunakan
berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang
raket dan memukul forehand dan backhand permainan
bulutangkis yang dimodifikasi
D. Materi Pembelajaran
Tema : Olahraga Permainan Bola
Kecil
Sub Tema :
Aktivitas olahraga permainan bulutangkis
1.
Materi
Reguler
a.
Pertemuan
kesatu
Berbagai macam pukulan servis
antara lain:
1) Servis servis pendek (short service)
2) Servis panjang (service lob)
3) Pukulan servis drive
4) Pukulan servis cambuk
(service fkick)
Berbagai macam pukulan antara
lain:
1)
Pukulan lob
atau clear
2)
Pukulan dropshot
3)
Pukulan smesh
4)
Pukulan drive
atau mendatar
5)
Pukulan net (netting)
b.
Pertemuan
kedua
1)
Variasi dan kombinasi servis lob dan underhand lob silang
2) Variasi
dan kombinasi servis, chop silang,
dan underhand lob
3) Variasi
dan kombinasi servis, chop, netting, dan underhand lob silang
Materi
yang lebih lengkap lihat buku guru hal....dan buku siswa hal.....
.
2.
Materi Remedial
Materi regular yang
disederhanakan sedemikan rupa dengan memodifikasi bentuk latihan atau alat /
media pembelajaran
3.
Materi Pengayaan
Materi reguler yang
dikembangkan dengan perlombaan yang sesungguhnya yang peraturannya sederhana.
E.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model : Iquiry/Discovery Learning
Metode : Demonstrasi, Part and whole,
resiprocal dan Penugasan
F.
Media dan Alat / Bahan
1. Media Pembelajaran :
a. Gambar keterampilan gerak
memegang raket, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand,
dan variasi gerak memegang raket dan memukul forehand dan backhand permainan
bulutangkis.
b. Model siswa atau guru yang
memperagakan keterampilan gerak memegang raket, servis forehand dan backhand,
memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang raket dan memukul
forehand dan backhand permainan bulutangkis.
2. Alat Pembelajaran :
a. Raket bulutangkis atau raket
sejenisnya (terbuat dari kayu, dll).
b. Shuttlecock
c. Lapangan permainan bulutangkis
atau lapangan sejenisnya (halaman sekolah).
d. Net/jaring bulutangkis
e. Peluit dan Stopwatch.
G.
Sumber
Pembelajaran
a. Muhajir, Buku Siswa Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi;
Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
b. Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Guru
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013
Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
c. Bahan Ajar Pembelajaran Permainan Bulutangkis,
Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
WAKTU
|
|
Pendahuluan
|
1. Berbaris, memberi salam,
berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2. Guru mempertanyakan
keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan
tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir
lapangan olahraga.
3. Guru menjelaskan
tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : Variasi dan kombinasi pukulan forehand, backhand dan erve dalam
permaianan bulutangkis dengan baik serta
dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4. Guru menyampaikan
kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5. Guru menghubungkan
kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6.
Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak pukulan dan serve permainan bulutangkis
melalui pertanyaan : 1. Bagaimana cara melakukan pukulan forehand dan
backhand ? 2. Jelaskan cara melakukan serve bulutangkis ? 3. Jelaskan teknik
dasar yang ada dalam permaianan buluangkis? ( HOTS)
7. Guru meminta salah
seorang Siswa untuk memimpin melakukan
pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh
tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti
melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat,
untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk
menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8. Melakukan
aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (estaet
shuttlecock).
9.
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi
pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa,
mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
|
20 menit
|
|
Inti
|
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
|
1) Siswa mengamati keterampilan
gerak servis forehand dan backhand,
permainan bulutangkis melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2) Siswa mengamati keterampilan keterampilan gerak memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3) Siswa mengamati keterampilan gerak keterampilan
gerak servis forehand dan backhand,
dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan siswa lain yang
dianggap mampu atau contoh dari guru
4) Siswa saling mengajukan
pertanyaan berkaitan
dengan keterampilan
gerak spesifik memegang raket dan servis dalam permaianan bulutangkis
|
90 menit
|
Tahap 2 Merencanakan
|
1) Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan
eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2) Siswa yang sudah
terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok
menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3) Kelompok pelaku
melakukan tugas keterampilan
gerak keterampilan gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
4) Kelompok pengamat
memegang lembar kerja siswa mengisi segala
informasi yang terjadi selama mengamati
5) Siswa Menentukan
kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki
waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
|
||
Tahap 3 Menggumpulkan dan
menganalisis data
|
1)
Siswa mempraktikkan keterampilan gerak
servis
forehand dan backhand, permainan
bulutangkis secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru
dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak
bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan
temannya.
2)
Siswa mempraktikkan keterampilan gerak
memukul
forehand dan backhand permainan bulutangkis secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru
dengan menunjukkan menunjukkan
nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin, yang
dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
3)
Siswa mempraktikkan keterampilan gerak
servis
forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan menunjukkan
nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin, yang
dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
|
||
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
|
1) Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama
mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak keterampilan gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
2) Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan
kelebihan dari keterampilan
gerak keterampilan gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
3) Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang
akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
|
||
Tahap 5 Penerapan dan tindak
lanjut
|
1)
Siswa mempraktikkan keterampilan gerak keterampilan
gerak servis forehand dan backhand,
permainan bulutangkis
mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama
praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)
Siswa menerapkan keterampilan gerak keterampilan gerak
servis
forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil)
dengan menunjukkan menunjukkan
nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin, dan
guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah
dapat menghubungkan jenis passing yang digunakan dengan sasaran yang akan
dicapai, misalnya jika sasaran jauh siswa
akan keterampilan gerak passing bawah yang
tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan
gerak spesifik memegang raket dan servis dalam permainan bulutangkis
3) Guru mengamati
jalannya permainan, bila ada siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan
tangan dan siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung
diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.
|
||
Penutup
|
1.
Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan
gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.
Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja
dilakukan.
3.
Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang
pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4.
Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik
penampilannya selama melakukan permainan bulutangkis.
5. Guru menugaskan
Siswa untuk membaca dan membuat catatan
tentang keterampilan gerak pukulan dan serve dalam permainan bulutangkis, otot-otot yang
dominan bekerja saat bermain bulutangkis, manfaat permainan bulutangkis
terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6. Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan
menyampaikan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
WAKTU
|
|
Pendahuluan
|
1.
Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah
satu Siswa, dan absensi.
2. Guru mempertanyakan
keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan
tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir
lapangan olahraga.
3. Guru menjelaskan
tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : Variasi dan kombinasi pukulan forehand, backhand dan erve dalam
permaianan bulutangkis dengan baik serta
dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4. Guru menyampaikan
kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5. Guru menghubungkan
kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6.
Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak pukulan dan serve permainan bulutangkis
melalui pertanyaan : 1. Bagaimana cara melakukan pukulan forehand dan
backhand ? 2. Jelaskan cara melakukan serve bulutangkis ? 3. Jelaskan teknik
dasar yang ada dalam permaianan buluangkis? ( HOTS)
7. Guru meminta salah
seorang Siswa untuk memimpin melakukan
pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh
tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti
melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat,
untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk
menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8. Melakukan
aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (estaet
shuttlecock).
9.
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi
pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa,
mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
|
20 menit
|
|
Inti
|
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
|
1) Siswa mengamati variasi dan
kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan
bulutangkis melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2) Siswa mengamati keterampilan gerak keterampilan variasi dan
kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan
bulutangkis gerak servis forehand
dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan siswa lain yang
dianggap mampu atau contoh dari guru
3) Siswa saling mengajukan
pertanyaan berkaitan
dengan keterampilan
gerak spesifik memegang raket dan servis dalam permaianan bulutangkis
|
90 menit
|
Tahap 2 Merencanakan
|
1) Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan
eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2) Siswa yang sudah
terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok
menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3) Kelompok pelaku
melakukan tugas variasi dan kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan
bulutangkis
4) Kelompok pengamat
memegang lembar kerja siswa mengisi segala
informasi yang terjadi selama mengamati
5) Siswa Menentukan
kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki
waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
|
||
Tahap 3 Menggumpulkan dan
menganalisis data
|
1)
Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi
keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan
bulutangkis secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru
dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak
bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan
temannya.
2)
Siswa mempraktikkan keterampilan gerak
servis
forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang
dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja
sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang
dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
|
||
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
|
1) Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama
mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak variasi dan kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan
bulutangkis
2) Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan
kelebihan dari variasi dan kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan
bulutangkis
3) Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang
akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
|
||
Tahap 5 Penerapan dan tindak
lanjut
|
1)
Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi
keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan
bulutangkis mencari jawaban
yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai
kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti
penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama
praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)
Siswa menerapkan variasi dan kombinasi
keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan
bulutangkis dengan peraturan
dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai
kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain
(yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis passing
yang digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek,
maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik memegang raket dan servis dalam
permainan bulutangkis
3) Guru mengamati
jalannya permainan, bila ada siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan
tangan dan siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung
diperingatkan dan menyampaikan arti penting
sportifitas selama bermain.
|
||
Penutup
|
1. Salah satu Siswa di
bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa
manfaatnya.
2.
Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja
dilakukan.
3.
Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang
pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4.
Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik
penampilannya selama melakukan permainan bulutangkis.
5. Guru menugaskan
Siswa untuk membaca dan membuat catatan
tentang keterampilan gerak pukulan dan serve dalam permainan bulutangkis, otot-otot yang
dominan bekerja saat bermain bulutangkis, manfaat permainan bulutangkis
terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6. Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan
menyampaikan salam.
|
15 menit
|
I.
Penilaian
Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah :
Kelas/Semester : VIII/
Tahun Pelajaran :
2018/2019
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tanda
Tangan
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tertulis
1)
Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
|
3. 2. Memahami konsep
gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau
tradisional.*
|
Permainan
Bulutangkis
|
1. Siswa
dapat mengidentifikasi servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
2. Siswa
dapat Menjelaskan konsep
gerak speifik da servis forehand dan backhand,
dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis lam permainan Bulutangkis
3. Siswa
dapat Menjelaskan cara
melakukan servis forehand dan backhand,
dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
2) Bentuk Instrumen
Nama :
...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a. Sebutkan
berbagai keterampilan gerak servis permainan bulutangkis!
b. Sebutkan
berbagai keterampilan gerak pukulan permainan bulutangkis!
|
|
2.
|
Konsep
a. Jelaskan
berbagai keterampilan gerak servis permainan bulutangkis!
b. Jelaskan
berbagai keterampilan gerak pukulan permainan bulutangkis!
|
|
3.
|
Prosedur
a. Jelaskan
cara melakukan berbagai keterampilan gerak servis permainan bulutangkis!
b. Jelaskan
cara melakukan berbagai keterampilan gerak pukulan permainan bulutangkis!
|
|
3) Pedoman penskoran
a) Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b) Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)
Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d) Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
4) Pengolahan skor
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
b.
Penugasan
1) Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah :
SMPN
Kelas/ Semester : VIII/
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Mata Pelajaran :
PJOK
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3. 2. Memahami konsep
gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau
tradisional.*
|
Permainan
Bulutangkis
|
Siswa dapat menjelaskan keterampilan dasar pukulan
forehand, backhand dan serve pada permainan Bulutangkis
|
Penugasan
|
2) Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar pukulan forehand,
backhand dan serve dalam permainan bulutangkis
sertakan pula gambarnya!
3.
Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir instrument
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas
(Keterampilan)
|
Siswa melakukan
modifikasi permainan bulutangkis
sesuai dengan keterampilan servis forehand
dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilain
Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )
|
2) Bentuk Tes
Lakukan proses variasi dan kombinasi
keterampilan gerak servis forehand dan backhand,
dan memukul forehand
dan backhand permainan bulutangkis.Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan
melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian
Produk/Prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap awal
|
Sikap pelaksanaan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
3) Pedoman penskoran
(1) Sikap
awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a) pandangan
mata ke arah datangnya bola
(b) badan
sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c) lutut
ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar.
(2) Sikap
pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a) pandangan mata ke arah
lajunya bola
(b) badan sedikit
dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara dua kaki.
(c) kedua lengan diayun
kearah depan, sehingga arah gerak shuttlecock
membentuk lintasan lurus.
(d) salah satu kaki
kemudian kedua tungkai diluruskan hingga kaki jingjit bersamaan dengan memukul shuttlecock.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
(3)
Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)badan sedikit dicondongkan ke
depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(b) kedua
telapak tangan beraga di depan menghadap ke bawah dengan lengan diluruskan ke
depan secara rileks.
(c)kedua
tungkai sedikit ditekuk dengan lutut tetap menghadap ke depan dan di buka
selebar bahu.
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan
secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang
dilakukan secara benar.
Kriteria penilaian produk pukulan forehand
dan backhand
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
…… > 30 kali
|
…… > 25 kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
25 – 29 kali
|
20 – 24 kali
|
90%
|
Baik
|
20 – 24 kali
|
15 – 19 kali
|
80%
|
Cukup
|
15 – 19 kali
|
10 – 14 kali
|
70%
|
Kurang
|
…… < 15 kali
|
…… < 10 kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Rentang
nilai pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
4. Program Remedial dan
Pengayaan
a.
Remedial
1. Keterampilan
Mengulang materi regular dengan lebih
disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1) Gerak
dasar backhand dan forehand ke dinding
2) Gerak
dasar long serve ddan short serve
Format Remedial
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
: VIII
|
Tanggal Ulangan Harian
|
:
..................................................................................
|
Tanggal Remidial
|
: ..................................................................................
|
No.
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai sebelum
|
Nilai sesudah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
a. Jelaskan
teknik-teknik dasar dalam permainan bulutangkis !
b. Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam
permainan bulutangkis !
b.
Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang
sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.
No comments:
Post a Comment