Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, March 28, 2020

RPP PJOK KELAS 8 Materi Bulutangkis


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                : SMP Negeri 
Mata Pelajaran                      : Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester                     : VIII / 1
Materi Pokok                        : Permainan Bola Kecil (Bulutangkis)
Alokasi Waktu                      : 1 Kali Pertemuan ( 3 JP )


A.      Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
3.
Memahami dan  menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Menunjukkan keterampilan  menalar, mengolah, dan  menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.       Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2.    Memahami konsep variasi dan kombinasi keterampilan gerak spesifik permainan bola kecil.
4.2     Mempraktikkan variasi dan kom-binasi keterampilan gerak spesifik berbagai permainan bola kecil dengan koordinasi yang baik.
3.2.1     Mengidentifikasikan berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang raket dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis.
3.2.2     Menjelaskan berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak dasar memegang raket dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis.
3.2.3     Menjelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang raket dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis.
4.2.1    Melakukan berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak spesifik memegang raket dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis.
4.2.2    Menggunakan berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak dasar memegang raket dan memukul forehand dan backhand dalam bentuk permainan bulutangkis yang dimodifikasi.

Penguatan Pendididkan Karakter :
1.    Reigius, mandiri, toleransi, tanggung jawab, sportif dan kerja keras
2.    Mengaplikasikan pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi
3.    Kreatif, berfikir kritis dan mampu mengkomunikasikan



C.      Tujuan Pembelajaran
1.        Pertemuan Pertama
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a.  Mengidentifikasikan keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang raket dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
b.    Menjelaskan berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang raket dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis.
c.    Melakukan  dan  menggunakan berbagai keterampilan gerak spesifik servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang raket dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis  yang dimodifikasi

D.  Materi Pembelajaran

Tema                    : Olahraga Permainan Bola Kecil
Sub Tema                           : Aktivitas olahraga permainan bulutangkis

1.        Materi Reguler
a.    Pertemuan kesatu
Berbagai macam pukulan servis antara lain:
1)   Servis servis pendek (short service)
2)   Servis panjang (service lob)
3)   Pukulan servis drive
4)   Pukulan servis cambuk (service fkick)
Berbagai macam pukulan antara lain:
1)                   Pukulan lob atau clear
2)                   Pukulan dropshot
3)                   Pukulan smesh
4)                   Pukulan drive atau mendatar
5)                   Pukulan net (netting)
   
b.    Pertemuan kedua
1)     Variasi dan kombinasi servis lob dan underhand lob silang
2)     Variasi dan kombinasi servis, chop silang, dan underhand lob
3)     Variasi dan kombinasi servis, chop, netting, dan underhand lob silang
Materi yang lebih lengkap lihat buku guru hal....dan buku siswa hal.....
.
2.      Materi Remedial
Materi regular yang disederhanakan sedemikan rupa dengan memodifikasi bentuk latihan atau alat / media pembelajaran

3.      Materi Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan perlombaan yang sesungguhnya yang peraturannya sederhana.

E.       Metode Pembelajaran
Pendekatan        : Saintifik
Model                 : Iquiry/Discovery Learning
Metode                              : Demonstrasi, Part and whole, resiprocal dan Penugasan

F.       Media dan Alat / Bahan
1.   Media Pembelajaran :
a.   Gambar keterampilan gerak memegang raket, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang raket dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis.
b.   Model siswa atau guru yang memperagakan keterampilan gerak memegang raket, servis forehand dan backhand, memukul forehand dan backhand, dan variasi gerak memegang raket dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis.

2.   Alat Pembelajaran :
a.   Raket bulutangkis atau raket sejenisnya (terbuat dari kayu, dll).
b.   Shuttlecock
c.   Lapangan permainan bulutangkis atau lapangan sejenisnya (halaman sekolah).
d.   Net/jaring bulutangkis
e.   Peluit dan Stopwatch.

G.      Sumber Pembelajaran
           a.        Muhajir, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
           b.        Muhajir dan Budi Sutrisno, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud RI, 2016.
           c.        Bahan Ajar Pembelajaran Permainan Bulutangkis, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.


H.      Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Kesatu
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.     Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.     Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : Variasi dan kombinasi pukulan forehand, backhand dan erve dalam permaianan bulutangkis dengan baik serta  dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.     Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.     Guru menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6.     Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak pukulan dan serve permainan bulutangkis melalui pertanyaan : 1. Bagaimana cara melakukan pukulan forehand dan backhand ? 2. Jelaskan cara melakukan serve bulutangkis ? 3. Jelaskan teknik dasar yang ada dalam permaianan buluangkis? ( HOTS)
7.     Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8.     Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (estaet shuttlecock).
9.     Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)   Siswa mengamati keterampilan gerak servis forehand dan backhand, permainan bulutangkis melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)   Siswa mengamati keterampilan keterampilan gerak memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
3)   Siswa mengamati keterampilan gerak keterampilan gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan siswa lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru
4)   Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan gerak spesifik memegang raket dan servis dalam permaianan bulutangkis
90 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku melakukan tugas keterampilan gerak keterampilan gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)     Siswa mempraktikkan keterampilan gerak servis forehand dan backhand, permainan bulutangkis secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)     Siswa mempraktikkan keterampilan gerak memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
3)     Siswa mempraktikkan keterampilan gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)   Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak keterampilan gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
2)   Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan gerak keterampilan gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
3)   Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)   Siswa mempraktikkan keterampilan gerak keterampilan gerak servis forehand dan backhand, permainan bulutangkis mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)   Siswa menerapkan keterampilan gerak keterampilan gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis passing yang digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik memegang raket dan servis dalam permainan bulutangkis
3)   Guru mengamati jalannya permainan, bila ada siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.    Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.    Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3.    Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4.    Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan bulutangkis.
5.    Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak pukulan dan serve  dalam permainan bulutangkis, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain bulutangkis, manfaat permainan bulutangkis terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6.    Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
10 menit


Pertemuan Kedua
KEGIATAN
DESKRIPSI
WAKTU
Pendahuluan
1.        Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah satu Siswa, dan absensi.
2.     Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.     Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan dilaksanakan, yaitu : Variasi dan kombinasi pukulan forehand, backhand dan erve dalam permaianan bulutangkis dengan baik serta  dilakuakan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan toleransi.
4.     Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.     Guru menghubungkan kaitan materi yang akan dilaksanakan dengan kehiupan sehari-hari.
6.     Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan gerak pukulan dan serve permainan bulutangkis melalui pertanyaan : 1. Bagaimana cara melakukan pukulan forehand dan backhand ? 2. Jelaskan cara melakukan serve bulutangkis ? 3. Jelaskan teknik dasar yang ada dalam permaianan buluangkis? ( HOTS)
7.     Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak persendian lebih luas.
8.     Melakukan aktivitas permainan kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (estaet shuttlecock).
9.     Guru menyampaikan tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa, mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
20 menit

Inti
Tahap 1 Merumuskan Pertanyaan
1)   Siswa mengamati variasi dan kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan bulutangkis melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan peseta didik lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2)   Siswa mengamati keterampilan gerak keterampilan variasi dan kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan bulutangkis gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis melalui pengamatan buku teks pelajaran dan peragaan siswa lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru
3)   Siswa saling mengajukan pertanyaan berkaitan  dengan keterampilan gerak spesifik memegang raket dan servis dalam permaianan bulutangkis
90 menit
Tahap 2 Merencanakan
1)   Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan pengamatan dan eksperimen yang mempunyai peran masing-masing
2)  Siswa yang sudah terbagi menjadi beberapa kelompok mempunyai dua peran yaitu : satu kelompok menjadi penggamat dan satu kelompok sebagai pelaku
3)  Kelompok pelaku melakukan tugas variasi dan kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan bulutangkis
4)  Kelompok pengamat memegang lembar kerja siswa mengisi segala informasi yang terjadi selama mengamati
5)  Siswa Menentukan kelompok mana yang menjadi sebagai pelaku pertama dan masing masing memiliki waktu / kesempatan melakukan dengan durasi yang sama.
Tahap 3 Menggumpulkan dan menganalisis data
1)  Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan bulutangkis secara berpasangan mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)  Siswa mempraktikkan keterampilan gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis secara berkelompok (bermain 2 lawan 1) mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
Tahap 4 Menaarik kesimpulan
1)   Siswa mendiskusikan data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak variasi dan kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan bulutangkis
2)   Siswa mencatat hasil temuan baik kelemahan dan kelebihan dari variasi dan kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan bulutangkis
3)   Siswa menarik kesimpulan bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai dengan hasil diskusi mereka
Tahap 5 Penerapan dan tindak lanjut
1)   Siswa mempraktikkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan bulutangkis mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan sambil bergerak. Selama praktik tugas Siswa untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
2)   Siswa menerapkan variasi dan kombinasi keterampilan gerak pukulan forehand dan backhand permainan bulutangkis dengan peraturan dimodifikasi (lapangan kecil) dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin, dan guru mengamati Siswa selama bermain (yang diamati adalah apakah Siswa sudah dapat menghubungkan jenis passing yang digunakan dengan sasaran yang akan dicapai, misalnya jika sasaran jauh  siswa akan keterampilan gerak passing bawah yang tepat, jika sasarannya dalam jarak pendek, maka Siswa akan melakukan keterampilan gerak spesifik memegang raket dan servis dalam permainan bulutangkis
3)   Guru mengamati jalannya permainan, bila ada siswa yang curang (misalnya bola dipegang dengan tangan dan siswa tidak mengakui, melakukan permainan dengan keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas selama bermain.

Penutup

1.      Salah satu Siswa di bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa manfaatnya.
2.    Guru merefleksi pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3.    Guru memfasilitasi siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4.    Guru menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan permainan bulutangkis.
5.    Guru menugaskan Siswa untuk membaca dan membuat catatan tentang keterampilan gerak pukulan dan serve  dalam permainan bulutangkis, otot-otot yang dominan bekerja saat bermain bulutangkis, manfaat permainan bulutangkis terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6.    Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan menyampaikan salam.
15 menit



I.        Penilaian Pembelajaran
1.       Penilaian Sikap Spritual dan social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial

Nama Sekolah                          :
Kelas/Semester                        : VIII/
Tahun Pelajaran       : 2018/2019
No
Waktu
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda Tangan
Tindak Lanjut
1






2






3






4






5






6








2.   Penilaian Pengetahuan
a.    Tes Tertulis
1)       Kisi-kisi
No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator Pencapaian Kompetensi
Bentuk Soal
Jumlah Soal

3. 2. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Bulutangkis
1.    Siswa dapat mengidentifikasi servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
2.    Siswa dapat Menjelaskan konsep gerak speifik da servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis lam permainan Bulutangkis
3.    Siswa dapat Menjelaskan cara melakukan servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
Uraian






Uraian








Uraian
1






1








1







2)     Bentuk Instrumen
Nama                           : ...........................................................
Kelas                           : ...........................................................
No
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
Jawaban
1.
Fakta
a.     Sebutkan berbagai keterampilan gerak servis permainan bulutangkis!
b.     Sebutkan berbagai keterampilan gerak pukulan permainan bulutangkis!

2.
Konsep
a.     Jelaskan berbagai keterampilan gerak servis permainan bulutangkis!
b.     Jelaskan berbagai keterampilan gerak pukulan permainan bulutangkis!

3.
Prosedur
a.     Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak servis permainan bulutangkis!
b.     Jelaskan cara melakukan berbagai keterampilan gerak pukulan permainan bulutangkis!



3)     Pedoman penskoran
a)       Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b)       Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)        Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d)       Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban disebut benar tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban disebut benar tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan

4)     Pengolahan skor

No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
 -
86
A
Sangat Baik
2
85
 -
71
B
Baik
3
70
 -
56
C
Cukup
4
55
D
Kurang










b.        Penugasan
1)       Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah                    : SMPN
Kelas/ Semester                 : VIII/
Tahun Pelajaran                 : 2018/2019
Mata Pelajaran                   : PJOK

No
Kompetensi Dasar
Materi
Indikator
Teknik Penilaian
1
3. 2. Memahami konsep  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola kecil sederhana dan/atau tradisional.*
Permainan Bulutangkis
Siswa dapat menjelaskan keterampilan dasar pukulan forehand, backhand dan serve pada permainan Bulutangkis
Penugasan

2)     Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar pukulan forehand, backhand dan serve dalam permainan  bulutangkis sertakan pula gambarnya!
3. Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktik
Tugas (Keterampilan)
Siswa melakukan modifikasi  permainan bulutangkis sesuai dengan keterampilan servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis
Setelah pembelajaran usai
Penilain Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )

2) Bentuk Tes
Lakukan proses variasi dan kombinasi keterampilan gerak servis forehand dan backhand, dan memukul forehand dan backhand permainan bulutangkis.Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)

No
Nama Siswa
Sikap awal
Sikap pelaksanaan
Sikap Akhir
Jml
N. Proses
N. Produk
N. Akhir
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4





















































































                             Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses   =  ----------------------------------------- X 100%
                                       Jumlah skor maksimal


3)   Pedoman penskoran
(1) Sikap awalan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)  pandangan mata ke arah datangnya bola
(b) badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan terletak di antara kedua kaki.
(c)  lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.

(2) Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)  pandangan mata ke arah lajunya bola
(b) badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara dua kaki.
(c)  kedua lengan diayun kearah depan, sehingga arah gerak shuttlecock membentuk lintasan lurus.
(d) salah satu kaki kemudian kedua tungkai diluruskan hingga kaki jingjit bersamaan dengan memukul  shuttlecock.
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.

(3)                  Sikap akhir melakukan gerakan
Skor Baik jika :
(a)badan sedikit dicondongkan ke depan dan beratnya terletak di antara kedua kaki
(b)     kedua telapak tangan beraga di depan menghadap ke bawah dengan lengan diluruskan ke depan secara rileks.
(c)kedua tungkai sedikit ditekuk dengan lutut tetap menghadap ke depan dan di buka selebar bahu.
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.


Kriteria penilaian produk pukulan forehand dan backhand
Perolehan Nilai
Kriteria Pengskoran
Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… > 30 kali
…… > 25 kali
100%
Sangat Baik
25 – 29 kali
20 – 24 kali
90%
Baik
20 – 24 kali
15 – 19 kali
80%
Cukup
15 – 19 kali
10 – 14 kali
70%
Kurang
…… < 15 kali
…… < 10 kali
60%
Kurang Sekali



Rentang nilai pengetahuan:
No
Rentang
Predikat
Sebutan
1
100
-
86
A
Sangat Baik
2
85
-
71
B
Baik
3
70
-
56
C
Cukup
4
55
D
Kurang









4. Program Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
1.    Keterampilan
Mengulang materi regular dengan lebih disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)     Gerak dasar backhand dan forehand ke dinding
2)     Gerak dasar long serve ddan short serve

Format Remedial
Mata Pelajaran
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas / Semester
: VIII
Tanggal Ulangan Harian
: ..................................................................................
Tanggal Remidial
: ..................................................................................

No.
Nama Siswa
L/P
Nilai sebelum
Nilai sesudah
Indikator Pencapaian Kompetensi
Ket
1






2






3






4






5







                                2.        Pengetahuan
a.  Jelaskan teknik-teknik dasar dalam permainan bulutangkis !
b. Jelaskan Cara melakukan teknik-teknik dasar dalam permainan bulutangkis !




b.    Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts