RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP Negeri
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga, dan Kesehatan
Kelas/Semester : VIII / 1
Materi Pokok : Atletik (Jalan cepat)
Alokasi Waktu : 1 Kali Pertemuan ( 3 JP
)
A.
Kompetensi Inti
1.
|
Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya.
|
2.
|
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di
lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar,
bangsa, negara, dan kawasan regional.
|
3.
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
4.
|
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang teori.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.3
Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional. *)
4.3 Mempraktikkan gerak spesifik jalan, lari,
lompat, dan lempar dalam berbagai
permainan sederhana dan atau tradisional. *)
|
3.3.1.Mengidentifikasikan
berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish
jalan cepat.
3.3.2.Menjelaskan berbagai
gerak start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan
cepat.
3.3.3.Menjelaskan cara melakukan
berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish
jalan cepat.
4.3.1.Melakukan berbagai gerak
start,langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
4.3.2.Menggunakan berbagai
gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan
cepat dalam bentuk perlombaan dengan peraturan yang modifikasi.
|
Penguatan
Pendididkan Karakter :
1. Reigius,
mandiri, toleransi, tanggung jawab, sportif dan kerja keras
2. Mengaplikasikan
pembelajaran melalui teknologi informasi dan komunikasi
3. Kreatif,
berfikir kritis dan mampu mengkomunikasikan
C.
Tujauan
Pembelajaran
Selama dan setelah mengikuti pembelajaran siswa dapat :
a. Mengidentifikasikan berbagai gerak start, langkah
kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat, dengan baik dan
benar ;
b. Menjelaskan berbagai gerak start, langkah kaki, ayunan
lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat, dengan baik dan benar ;
c. Menggunakan dan melakukan berbagai gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat dalam bentuk
perlombaan dengan peraturan yang modifikasi
D.
Materi
Pembelajaran
Tema : Olahraga permainan
perorangan atau beregu Atletik
Sub Tema : Jalan cepat
1.
Materi
Reguler
1) Gerak
dasar start jalan cepat
2) Gerak
dasar langkah kaki jalan cepat
3) Gerak
dasar ayunan lengan jalan cepat
4) Gerak
dasar memasuki garis finish jalan cepat
5) Gerak
dasar keterampilan gerakan
start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat
(Untuk
lebih jelasnya dapat dilihat dalam buku guru halaman 124-127)
2.
Materi
Remedial
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
1)
Melakukan latihan teknik dasar
lari jarak endek denngan metode pert and whole
3.
Materi
Pengayaan
Materi Reguler yang
dikembangkan dalam bentuk perlombaan yang sesungguhnya dengan peraturan
sederhana.
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model :
Problem Based
Learning
Metode : Demonstrasi, Part and whole,
resiprocal dan Penugasan
F.
Media dan Alat / Bahan
1.
Media Pembelajaran :
a. Gambar teknik dasar keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan,
dan memasuki garis finish jalan cepat.
b. Model
peserta didik atau guru yang memperagakan teknik dasar keterampilan gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat.
2.
Alat Pembelajaran :
a.
Start block atau bola sejenisnya.
b.
Lapangan atletik atau lapangan
sejenisnya (halaman sekolah).
c.
Tali pembatas
d.
Bendera start
e.
Peluit dan Stopwatch.
f.
Lembar Pratikum Siswa (Judul:
Lembar Pratikum Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).
G.
Sumber Pembelajaran
1.
Muhajir, Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan
Kesehatan, SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk
Kemdikbud RI, 2016.
2.
Muhajir
dan Budi Sutrisno, Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan,
SMP/M.Ts Kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi; Jakarta: Puskurbuk Kemdikbud
RI, 2016.
3.
Bahan
Ajar Pembelajaran Permainan Atletik, Bogor: PPPPTK Penjas dan BK, 2012.
H.
Kegiatan Pembelajaran
Langkah/
tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Berbaris, memberi salam, berdoa dipimpin oleh salah
satu Siswa, dan absensi.
2.
Guru mempertanyakan keadaan dan kondisi kesehatan
Siswa, jika ada yang sakit Siswa bersangkutan tidak perlu mengikuti aktivitas
fisik, tapi harus tetap berada di pinggir lapangan olahraga.
3.
Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran yang akan
dilaksanakan, yaitu : keterampilan jalan cepat dengan baik serta dilakukan secara sportif, kerja sama, berbagi tempat dan
toleransi.
4.
Guru menyampaikan kaitan materi minggu lalu dengan
materi hari ini yang akan dilaksanakan.
5.
Guru menghubungkan kaitan materi yang akan
dilaksanakan dengan kehidupan sehari-hari.
6. Guru menggali
pengetahuan awal siswa tentang materi keterampilan jalan cepat melalui
pertanyaan : 1.
Jelaskan perrbedaan jalan dan lari ?
2. Jelaskan teknik dasar jalan cepat ?
( HOTS)
7.
Guru meminta salah seorang Siswa untuk memimpin melakukan pemanasan. Pemanasan yang dilakukan
antara lain: pemanasan untuk seluruh tubuh dan pemanasan secara spesifik
untuk jenis aktivitas yang akan diikuti melalui permainan. Untuk
mempersiapkan tubuh menerima beban yang lebih berat, untuk mengurangi resiko
cidera dalam melakukan aktivitas fisik, dan untuk menciptakan ruang gerak
persendian lebih luas.
8.
Melakukan aktivitas permainan
kecil untuk pemanasan sebelum ke materi pembelajaran (kucing tikus).
9.
Guru menyampaikan
tahapan kegiatan pembelajaran yang akan dilalui selama pertemuan (membagi
pasangan/ kelompok, pengamat/pelaku, membagikan Lembar Pratikum Siswa,
mengatur giliran peran, melakukan klasifikasi, dan melakukan penilaian).
|
15’
|
|
Inti
|
Tahap 1
Orientasi terhadap masalah
|
1) Peserta didik mengamati keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish jalan cepat melalui pengamatan
buku teks pelajaran dan peragaan peserta didik
lain yang dianggap mampu atau contoh dari guru.
2) Peserta didik mengamati keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan
memasuki garis finish jalan cepat melalui pengamatan Vidio
3) Siswa
diminta menetapkan
satu materi yang dianggap oleh mereka menarik dan cukup sulit
|
90’
|
Tahap 2
Organisasi belajar
|
1) Peserta didik saling
mempertanyakan “bagaimana gerakan start jalan cepat, yang
dimediasi oleh guru?
2) Peserta didik saling
mempertanyakan “bagaimana gerakan langkah kaki jalan cepat, yang
dimediasi oleh guru?
3) Peserta didik saling
mempertanyakan “bagaimana gerakan ayunan lengan jalan cepat, yang
dimediasi oleh guru?
4) Peserta didik saling
mempertanyakan “bagaimana gerakan memasuki garis finish jalan
cepat, yang dimediasi oleh guru?
5)
Siswa dibaagi menjadi 3 kelompok pasangan
6)
Siswa menggembangkan penyelesaian masalah
berdasarkan pengetahuan yang dimiliki dari berbagai sumber
|
||
Tahap
3
Penyelidikan individual maupun kelompok
|
1) Siswa diberi kebebasan
mencari informasi tentang permasalahan yang dipertanyakan dalam
olahraga jalan cepat
2) Siswa mengolah hasil
peyelidikannya bersama denggan kelompoknya
3)Peserta didik
mempraktikkan keterampilan gerak start jalan cepat secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
menunjukkan nilai
kerja sama, sportifitas,
tanggung jawab, dan disiplin, guru menyampaikan arti penting kerja sama, sportifitas, tanggung jawab, dan disiplin yang dilakukan di tempat (tidak bergerak). Selama praktik tugas
peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
4)Peserta didik
mempraktikkan keterampilan gerak langkah kaki jalan cepat secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
menunjukkan nilai
kerja sama, sportifitas,
tanggung jawab, dan disiplin, yang dilakukan sambil bergerak. Selama
praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi kesalahan temannya.
5)Peserta didik
mempraktikkan keterampilan gerak ayunan lengan jalan cepat secara berkelompok mencari jawaban yang dipertanyakan guru dengan
menunjukkan nilai
kerja sama, sportifitas,
tanggung jawab, dan disiplin, Selama praktik tugas peserta didik untuk saling mengoreksi
kesalahan temannya.
|
||
Tahap 4
Pengembangan dan
penyajian hasil penyelesaian masalah
|
1) Siswa menyampaikan
informasi data yang diperoleh selama mencermati dalam pengamatan keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan
cepat
2) Siswa mencatat hasil
temuan baik kelemahan dan kelebihan dari keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan
cepat Siswa menetapkan
solusi penyelesaian masalah dari kelemahan keterampilan gerak gerak melempar dan menangkap bola dari depan dada, atas kepala, samping, dan
memantul ke lantai dalam permaianan Atletik
3) Siswa menarik
kesimpulan dan menyusun bentuk latihan yang akan dilakukan sesuai
dengan solusi mereka tentang keterampilan gerak start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat
|
||
Tahap 5
Analisis dan evaluasi
proses penyelesaian masalah
|
1) Peserta didik menerapkan
keterampilan gerak start, langkah kaki,
ayunan lengan, dan memasuki garis finish dalam perlombaan jalan cepat dengan peraturan dimodifikasi (lapangan
kecil) menggunakan berbagai keterampilan gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat dengan menunjukkan nilai kerja sama, sportifitas, tanggung jawab,
menghargai teman, dan disiplin,
dan guru mengamati peserta didik selama berlomba (yang diamati adalah apakah
peserta didik sudah dapat menghubungkan jenis start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat yang digunakan dengan kecepatan yang
akan dicapai, misalnya jika hendak jalan dengan cepat, maka badan harus
dicondongkan ke depan dan kaki melangkah dengan lebar-lebar.
2) Guru mengamati
jalannya perlombaan, bila ada peserta didik yang curang (misalnya berjalan
berkelok-kelok dan peserta didik tidak mengakui, melakukan perlombaan dengan
keras) langsung diperingatkan dan menyampaikan arti penting sportifitas
selama berlomba.
|
||
Penutup
|
1. Salah satu Siswa di
bawah bimbingan guru melakukan gerakan pendinginan, guru mempertanyakan apa
manfaatnya.
2. Guru merefleksi
pembelajaran yang baru saja dilakukan.
3. Guru memfasilitasi
siswa untuk mengumpulkan dan menyimpulkan
informasi tentang pembelajaran yang selesai dilaksanakan
4. Guru
menginformasikan kepada Siswa yang paling baik penampilannya selama melakukan
olahraga jalan cepat.
5. Guru menugaskan
Siswa untuk membaca dan membuat catatan
tentang keterampilan gerak jalan cepat nomor track Atletitk, otot-otot yang dominan bekerja saat olahraga jalan
cepat, manfaat olahraga jalan cepat terhadap kesehatan. Hasilnya ditugaskan
kepada Siswa dijadikan sebagai tugas portofolio.
6. Berdoa dipimpin oleh salah satu siswa dan
menyampaikan salam.
|
10’
|
I.
Penilaian
Pembelajaran
1.
Penilaian Sikap Spritual dan
social
Jurnal Sikap Spiritual dan Sosial
Nama Sekolah :
Kelas/Semester :
VIII/
Tahun Pelajaran : 2018/2019
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
Tanda
Tangan
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
2.
Penilaian Pengetahuan
a. Tes Tertulis
1)
Kisi-kisi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Bentuk
Soal
|
Jumlah
Soal
|
|
3.3
Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional. *)
|
Permainan Atleik
|
1. Siswa
dapat mengidentifikasi
konsep gerak spesifik dalam permainan Atletik
2. Siswa
dapat Menjelaskan konsep
gerak speifik dalam permainan Atletik
3. Siswa
dapat Menjelaskan cara
melakukan konsep spesifik dalam permainan atletik
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1
1
1
|
2) Bentuk Instrumen
Nama : ...........................................................
Kelas :
...........................................................
No
|
ASPEK DAN SOAL UJI TULIS
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a. Sebutkan
keterampilan gerak start, langkah
kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat!
b. Sebutkan
teknik
dasar keterampilan gerak start,
langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat!
|
|
2.
|
Konsep
a. Jelaskan
keterampilan gerak start, langkah
kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat!
b. Jelaskan
teknik
dasar
keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis
finish jalan
cepat!
|
|
3.
|
Prosedur
a. Jelaskan
cara melakukan keterampilan gerak
start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis finish jalan cepat!
b. Jelaskan
cara melakukan teknik dasar
keterampilan gerak start, langkah kaki, ayunan lengan, dan memasuki garis
finish jalan
cepat!
|
|
3)
Penskoran
a) Soal nomor 1
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
b) Soal nomor 2
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
c)
Soal nomor 3
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
d) Soal nomor 4
Skor 5, jika jawaban disebut
benar secara lengkap
Skor 4, jika jawaban
disebut benar
tapi kurang lengkap
Skor 3, jika jawaban
disebut benar
tapi tidak lengkap
Skor 2, jika jawaban
disebut salah tapi berhubungan
Skor 1, Jika jawaban disebut salah tidak berhubungan
4) Pengolahan skor
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
b.
Penugasan
1) Kisi-kisi Penugasan
Nama Sekolah :
SMPN
Kelas/ Semester : VIII/
Tahun Pelajaran :
2018/2019
Mata Pelajaran :
PJOK
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Indikator
|
Teknik
Penilaian
|
1
|
3.3
Memahami konsep gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam berbagai permainan sederhana
dan atau tradisional. *)
|
Permainan
Atletik
|
Siswa dapat menjelaskan keterampilan start, langkah
kaki, ayunan lengan dan poisi badan saat finish pada permainan Atletik
|
Penugasan
|
2) Soal Penugasan
Deskripsikan prosedur teknik dasar pukulan start, langkah kaki, ayunan
lengan dan poisi badan saat finish dalam permainan atletik sertakan pula gambarnya!
3. Penilaian Keterampilan
a. Tes Kerampilan
1) Kisi – kisi
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Butir instrument
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Praktik
|
Tugas
(Keterampilan)
|
Siswa melakukan
modifikasi permainan lomba larisesuai
dengan keterampilan dasar start, gerakan kaki, ayunan lengan dan gerakan
memasuki finish dalam permainan atletik nomor jalan cepat
|
Setelah
pembelajaran usai
|
Penilain
Pencapaian pembelajaran (Assesment of Learning )
|
2) Bentuk Tes
Lakukan teknik dasar jalan
cepat. Unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan
(Penilaian Proses) dan ketepatan melakukan gerakan (Penilaian Produk/Prestasi)
No
|
Nama Siswa
|
Sikap awal
|
Sikap pelaksanaan
|
Sikap Akhir
|
Jml
|
N. Proses
|
N. Produk
|
N. Akhir
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
1
|
2
|
3
|
4
|
∑
|
||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
3) Pedoman Penskoran
(1) Sikap
gerakan kaki
Skor Baik
jika :
(a) kaki melangkah selebar dan secepat mungkin
(b) kaki belakang saat menolak dari tanah harus
tertendang lurus dengan cepat
(c) lutut ditekuk secara wajar agar paha mudah terayun
ke depan
(d) lutut agak bengkok
Skor
Sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor
Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan secara benar.
(2) Sikap
gerakan lengan
Skor Baik jika :
(a) lengan diayun ke depan atas sebatas hidung
(b) sikut ditekuk kurang lebih membentuk sudut 90 derajat
(c) lengan diayunkan secara bergantian secara konsisten
(d) lengan diayunkan ke depan dan ke belakang
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua
kriteria yang dilakukan secara benar.
(3) Sikap posisi badan
Skor Baik jika :
(a) saat berlari badan rileks
(b) kepala segaris punggung
(c)
pandangan ke depan
(d) badan condong ke depan
Skor Sedang jika : hanya tiga kriteria yang
dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria
yang dilakukan secara benar.
Kriteria penilaian produk jalan cepatwaktu
tempuh dengan skor
Perolehan Nilai
|
Kriteria
Pengskoran
|
Klasifikasi
Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
….. < 17 detik
|
….. < 20 detik
|
100%
|
Sangat Baik
|
17.01 – 18.00 detik
|
20.01 – 21.00 detik
|
90%
|
Baik
|
18.01 – 19.00 detik
|
21.01 – 22.00 detik
|
80%
|
Cukup
|
19.01 – 20.00 detik
|
22.01 – 23.00 detik
|
70%
|
Kurang
|
……
> 20 detik
|
……
> 23 detik
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Rentang nilai
pengetahuan:
No
|
Rentang
|
Predikat
|
Sebutan
|
||
1
|
100
|
-
|
86
|
A
|
Sangat Baik
|
2
|
85
|
-
|
71
|
B
|
Baik
|
3
|
70
|
-
|
56
|
C
|
Cukup
|
4
|
55
|
≤
|
D
|
Kurang
|
4. Program
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
1. Keterampilan
Materi Reguler yang disederhanakan sedemikian rupa dengan cara modifikasi
Format Remedial
Mata Pelajaran
|
: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
Kelas / Semester
|
: VIII
|
Tanggal Ulangan Harian
|
:
..................................................................................
|
Tanggal Remidial
|
:
..................................................................................
|
No.
|
Nama Siswa
|
L/P
|
Nilai sebelum
|
Nilai sesudah
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Ket
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
2. Pengetahuan
a. Jelaskan
teknik dasar dalam jalan cepat!
b. Jelaskan Cara melakukan jalan cepat !
b. Pengayaan
Materi reguler yang dikembangkan dengan permainan yang
sesungguhnya dengan peraturan yang sederhana.
No comments:
Post a Comment