Di dalam proses belajar mengajar, diperlukan alat
pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak dan tujuan pembelajaran. Alat pengajaran
adalah segala alat yang dapat menunjang keefektifan dan efisiensi pengajaran
(Sudirman, 1991:208). Alat pengajaran ini ada yang bersifat umum dan dapat
dipergunakan dalam berbagai bidang studi, ada juga yang bersifat khusus untuk
bidang studi tertentu, bahkan lebih khusus lagi untuk menjelaskan konsep
tertentu.
Alat pengajaran yang bersifat umum misalnya papan
tulis, papan planel, papan magnetic (papan putih), dsb. Adapun alat pengajaran
yang dirancang khusus untuk bidang studi tertentu misalnya balok, kubus,
persegi panjang, jajaran genjang, yang dibuat dari kayu untuk pengajaran
matematika. Sedangkan alat pengajaran yang lebih khusus lagi yang dapat dan
mampu digunakan untuk hal-hal tertentu bagi anak berkelainan termasuk anak
autis, misalnya mobil-mobilan, modifikasi binatang, benda bergerak, benda
berputar, benda meloncat, berwarna mencolok, dsb. Hal ini terjadi pada anak
autis dan tergantung pada mood.
Alat pengajaran apabila dirancang, diatur dan
digunakan secara tepat, maka alat pengajaran dapat mempermudah, mempercepat dan
meningkatkan keefektifan pencapaian tujuan pengajaran, contoh untuk bidang
studi ilmu pengetahuan alam misalnya avometer untuk mengukur arus dan tahanan
listrik, barometer untuk mengukur tekanan udara, thermometer untuk mengukur
suhu badan.
Alat pengajaran ini ada yang bisa dirancang oleh
guru sendiri karena bahan dan alatnya mudah diperoleh serta tidak sulita
membuatnya. Akan tetapi banyak pula alat pengajaran yang pembuatan atau
pengadaannya di luar batas kemampuan guru, sehingga harus didatangkan dari luar
atau dibeli di toko-toko.
No comments:
Post a Comment