Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Friday, July 13, 2018

Jawaban Soal Sains Untuk Anak Usia Dini

1.      Sains merupakan suatu objek yang berkaitan dengan kenyataan atau fakta dan teori-teori yang membantu menjelaskan dan menggambarkan kerja dari alam semesta.sains bagi anak-anak adalah segala sesuatu yang menakjubkan, seusatu yang di temukan dan di anggap menarik serta memberikan pengetahuan atau merangsangnya untuk mengetahui dan menyelidikinya.

2.      1. Membantu anak usia dini untuk dapat mengenal dan memupuk rasa cinta kepada alam sekitar sehingga menyadari kebesaran dan keagungan Tuhan Yang Maha Esa.
2. Membantu menumbuhkan minat pada anak usia dini untuk mengenal dan mempelajari benda-benda serta kejadian di lingkungan sekitarnya.
3. Membantu melekatkan aspek-aspek yang terkait dengan keterampilan proses sains, sehingga pengetahuan dan gagasan tentang alam sekitar dalam diri anak menjadi berkembang.
4. Menfasilitasi dan mengembangkan sikap ingin tahu, tekun, terbuka, kritis, mawas diri, bertanggung jawab, bekerjasama dan mandiri dalam kehidupannya.
5. Membantu anak agar mampu menggunakan teknologi sederhana & konsep sains yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah yang di temukan dalam kehidupan sehari-hari.
6. Membantu anak agar mampu menerapkan berbagai konsep sains untuk menjelaskan gejala-gejala alam dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
7. Membantu anak dalam pengenalan dan penguasaan fisika dasar/sains seperti melakukan eksplorasi/penyelidikan dan percobaan sederhana dengan berbagai benda (air, angina, api dan magnet).

3.      A. secara sosial
Anak memperoleh kesempatan untuk melakukan kerjasama dengan teman-temannya secara alami.ketika anak melakukan kegiatan  sains,anak memiliki kesempatan untuk bertukar dan berbagi alat,bahan maupun ide dengan teman-temannya.
B. secara emosional
Aktifitas sains menawarkan potensi yang kaya untuk mengembangkan penghargaanya.selain itu penjelajahan dapat memberikan pengalaman yang dapat membuat anak keheranan,takjub dan merasa senang atas kegiatan yang dilakukannya.

4.      Beberapa keterampilan, yang berlaku untuk program ilmu anak usia dini, yaitu :
a. Mengamati
Melihat dan mengamati hal yang tidak sama. Guru perlu memberikan bimbingan dalam teknik observasi. Anak-anak dapat didorong untuk memperhatikan dalam tindakan spesifik atau informasi. Misalnya, anak dapat memberanikan diri untuk mengamati perilaku burung di tanah - apakah itu berjalan atau naik? Pengamatan ini tentu tidak terbatas pada visual, melainkan harus melibatkan semua indera - melihat, mendengar, mencium, mencicipi, dan perasaan.
b. Klasifikasi
Klasifikasi adalah keterampilan proses dasar yang digunakan dalam mengorganisir informasi. Dalam rangka untuk mengklasifikasikan benda-benda atau informasi, anak-anak harus dapat membandingkan dan seimbang dengan sifat benda atau informasi. Anak-anak mulai mengklasifikasikan berdasarkan fungsi, warna, dan bentuk. Anak-anak dapat mengklasifikasikan berdasarkan karakteristik atau sifat-sifat tertentu, tetapi klasifikasi perkalian, di mana objek yang diterima ke dalam beberapa kategori, sulit bagi anak-anak di usia dini.
Anak-anak harus mampu untuk berpikir dalam hal operasional konkret sebelum mereka bisa memikirkan benda sebagai termasuk untuk beberapa kategori sekaligus, dan sebagian besar anak-anak tidak pemikir konkret di tahun-tahun anak usia dini. Guru dapat mendorong anak untuk mengklasifikasikan benda-benda dan untuk menjelaskan bagaimana benda telah dikelompokkan. Anak-anak dapat mengklasifikasikan blok dengan bentuk, kelompok bahan-bahan yang disimpan di area seni, atau tombol semacam daun, kerang, atau koleksi lainnya.
c. Membandingkan
Membandingkan adalah proses pemeriksaan objek dan peristiwa dalam hal kesamaan dan perbedaan. Ini biasanya melibatkan mengukur, menghitung, dan mengamati dengan seksama. Membandingkan penting karena anak-anak mengamati, misalnya, perilaku tikus dan marmut dan kemudian menentukan apa yang sama dan berbeda tentang mereka. Contoh lain anak membandingkan kelopak pada mahkota dengan mawar.

5.      Scientific inquiry
Keterampilan ini berkaitan aktivitas anak dalam melakukan keterampilan inquiri secara ilmiah sederhana, scientific mencakup:
(1).  Menjawab pertanyaan tentang objek,organisme, dan peristiwa yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
(2). Menelaah informasi dari berbagai sumber
(3). Merencanakan, mengeksplorasi dan menginvestigasi hasil
(4). Menggunakan perlengkapan dan alat sederhana untuk mengamati, mengumpulkan data untuk menyusun suatu alasan atau penjelasan yang dapat di terima akal
(5).menggunakan pengamatan dan pengumpulan data untuk menyusun suatu alasan atau penjelasan yang dapat diterima akal
(6). Mengkomuniksikan kegiatan eksplorasi,penjelajahan dan penjelasan ilmiah melalui pembicaraan,gambar atau tulisan    


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts