1. Langkah-langkah menyusun
penilaian secara detail adalah
a. Menyiapkan
pedoman atau instrumen penilaian
b. Menyiapkan
format penilaian,
c. Menyiapkan
alat perekam data seperti alat tulis, buku catatan, tape recorder, kamera, handycam,
d. Melakukan
pengamatan secara mendalam,
e. Mencatat
atau merekam semua kejadian,
f. Mengecek
data dari berbagai sumber,
g. Merekapitulasi
data,
h. Menganalisis
dan menafsirkan data,
i. Mengambil
keputusan,
j. Melaporkan
penilaian.
2. Langkah melakukan asesmen
atau penilaian perkembangan anak adalah
a. Langkah
umum terdiri dari review referral
information, memeriksa data yang berkaitan dengan anak; mendapat hasil yang
relevan tentang semua kondisi anak; menggali perilaku yang berhubungan dengan
masalah anak; melakukan observasi terhadap anak dalam berbagai setting;
mempersiapkan standar tes yang sesuai dengan usia anak; menginterprestasi hasil
tes,
b. Langkah
khusus terdiri dari merencanakan asesmen perkembangan dalam lesson plan, melakukan perekaman data
melalui berbagai teknik (proses sama dengan kegiatan belajar mengajar), merekap
semua data berdasarkan hasil perekaman data (proses sama dengan kegiatan
belajar mengajar) menganalisis, menafsirkan, dan menyimpulkan semua data
(proses sama dengan kegiatan belajar mengajar).
3. Bentuk
penilaian yang termasuk dalam teknik observasi adalah Daftar Nama (Class List Log), Jurnal Refleksi (Reflective Journal), Catatan Anekdot (Anecdotal Recording), Ceklist (Checklist), Perhitungan frekuensi (Frekuensi Count), Wawancara atau interview
(Conversations or Interviews),
Pencatatan waktu (Time Sample), Skala
Penilaian (Rating Scale), Hasil Karya
(Work Sample), Teknologi (Technology), Laporan kekerasan pada
anak-anak (Child abuse reporting),
Program Asesmen
4. Tujuan melakukan penilaian adalah
untuk membantu atau mengetahui perkembangan anak secara umum dalam pengasuhan,
berpikir, dan tingkat kepercayaannya. Perencanaan ini dapat berjalan sukses mencapai
tujuan apabila dilakukan atau didukung oleh pengukuran kemajuan, lingkungan
atau kurikulum untuk membantu perkembangan anak secara individual, dokumentasi
perkembangan anak dan berbagi dengan keluarga.
5. Penilaian kegiatan di KB dan TPA
mencakup penilaian atau asesmen perkembangan anak, yaitu aspek kognitif,
bahasa, sosioemosional, dan psikomotorik; dan kegiatan belajar mengajar
mencakup tujuan atau kemampuan, materi, metode, media, kegiatan belajar
mengajar dan evaluasi.
No comments:
Post a Comment